Posted by: afriyanto | November 30, 2010

Monarchy

Monarchy adalah sistem kenegaraan yang tertua di dunia dan masih berlangsung atau diselenggarakan sampai saat ini dimana sang penguasa adalah seorang Raja/Ratu/Sultan dan biasanya diselenggarakan secara turun temurun.  Dan berdasarkan sifatnya, sistem monarchy ada yang dikenal sebagai Monarchy Absolut dimana kekuasaan negara dan pemerintahan mutlak dibawah kendali Raja/Ratu atau Sultan. Sementara Monarchy Bukan Absolut, dimana kekuasaan dan pemerintahan negara/kerajaan berbagi antara Raja/Ratu/Sultan dan Kepala Pemerintahan, dalam hal ini bisa Perdana Menteri atau Menteri Besar dalam format Monarchy Parlementer dan  pada sistem monarchy ini, kekuasaan Raja/Ratu/Sultan terbatas dan dibatasi dan hanyalah sebagai simbol kenegaraan belaka.

Pada lingkup kawasan  regional Asia Tenggara, 4 dari 10 negara ASEAN memilih bentuk Monarchy atau kerajaan sebagai bentuk kenegaraannya, seperti Thailand, Laos, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Jika lebih dirinci lagi, Malaysia misalnya, yang merupakan negara serikat adalah gabungan dari 9 kerajaan/kesultanan ((1). Perlis, (2). Kedah, (3). Trengganu, (4). Johore, (5). Negeri Sembilan, (6). Perak, (7). Kelantan, (8). Selangor, (9). Pahang) dimana Yang Dipertuan Agung Diraja Malaysia, sebagai kepala negara Malaysia, digilir dari 9 sultan yang ada di Malaysia.

Wilayah DI Jogjakarta dan Wilayah Lama Kesultanan Jogjakarta + Paku Alaman + Enclave Kotagedhe, Imogiri, Ngawen

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA: Dalam format kota, Yogyakarta itu adalah kota pelajar dan kota Perjuangan dan tempat (heartquater) dimana Sang Sultan sebagai penguasa kesultanan Yogyakarta bertahta. Dalam format kewilayahan, Yogyakarta itu merupakan gabungan dari 2 wilayah kesultanan dan diberi keistimewaannya sebagai Daerah Istimewa oleh Presiden Soekarno. Pada konteks Nasional NKRI, DI Yogyakarta adalah satu dari 2 (dua) daerah Istimewa yang diakui secara legal (DKI Jakarta merupakan daerah khusus) dan satu-satunya daerah setingkat provinsi di Indonesia dalam format kesultanan. (Tolong koreksi yah.. he he)..

Exclisiveness of Yogyakarta (sources: Kompas)

HEROICSM OF JOGJAKARTA: Tak dapat dipungkiri Jogja sangat berperanan penting dalam sejarah perjalanan perjuangan kemerdekaan NKRI dimana pada saat transisi kemerdekaan RI, Jogja “mengambil alih” peran NKRI sebagai wilayah yang masih berdaulat di pengasingan. Disamping itu banyak jasa-jasa lainnya yang telah diberikan Jogja kepada NKRI demi kestabilan perjuangan presiden pertama NKRI, Soekarno. Dengan sebagian alasan itulah pemerintah menganugerahkan keistimewaan kepada Jogja.

DAMPAK KEISTIMEWAAN JOGJA PADA ASPEK PENGEMBANGAN WILAYAH: Tak dapat dipungkiri dengan terbentuknya Jogja sebagai wilayah istimewa setara Provinsi, membuat dampak yang luar biasa pada kemajuan wilayah di bagian selatan pulau Jawa. Sebagaimana kita ketahui, wilayah bagian selatan pulau Jawa, sangatlah sulit berkembang dan selalu tertinggal jauh dibandingkat wilayah di pantura Jawa. Hadirnya Jogja, merupakan wakil dari kemajuan wilayah-wilayah selatan Jawa yang sulit dikembangkan. Cilacap yang memiliki pelabuhan alam  laut terbaik dan memiliki pulau pelindung di depannya, Nusakambangan, misalnya, yang dulu direncanakan dikembangkan sebagai wilayah pelabuhan internasional, gagal dikembangkan dan malah statusnya turun dari kota setara tingkat II menjadi wilayah-wilayah kecil kecamatan dalam format kabupaten Cilacap.

SOUTHERN PARTS OF JAVA:

000000000000000000

Kota Gedhe – The Ex Mataram Surakarta at Yogyakarta Enclave (Sources: internet)

0000000000000

Imogiri – The Ex Mataram Surakarta at Yogya Enclave (Sources: internet)

000000000000000000

Ngawen – Another Ex Mataram Surakarta at Yogya Enclave at Gunung Kidul County (Sources: internet)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: