Posted by: afriyanto | October 13, 2010

BATAM

Batam itu sering diplesetin dengan singkatan dari Begitu Anda Tiba Anda Menyesal…he he. Batam sendiri merupakan sebuah pulau dari ribuan pulau di gugusan Kepulauan Riau yang luasnya lebih kecil dibandingkan pulau Singapore. Sementara itu yang namanya Kota Batam merupakan sebuah wilayah administrasi Dati II yang terdiri dari gugusan pulau Batam, p. Rempang, p. Galang (p. Galang Besar dan p. Galang Baru/Kecil).

Kota Batam

SERVICE CITY: Sentuhan Mr. Habiebie di Batam masih sangat terasa di pulau tersebut. Jika dilihat  dari sarana dan infrastruktur yang dibangun pada jamannya dengan standar International. Perencanaan kota dan keseimbangan antara built-up area dan kawasan lingkungan hijau dapat dirasakan dari Bandara Hang Nadim sampai ke pusat kota, Nagoya dengan dibangunnya 2 track jalan yang lebar dengan pepohonan di tengah dan kiri kanan jalan. Namun ada yang terasa kurang dari sarana dan infrastruktur yang megah tersebut. Apa yah? He he… Suasana Kota Batam yang tak ubahnya sama dengan kota-kota menegah lainnya di Indonesia. Aura kekumuhan dan in-profesionalisme sepertinya sudah merasuki kota Batam. Memang sudah banyak bangunan megah berdiri di Batam, seperti Jembatan Balerang, yang menghubungkan 4 pulau besar dan 2 pulau kecil di Batam, namun penanganan Batam terasa masih jauh dari yang diharapkan untuk menjadi sebuah kota yang berbasis jasa, perdagangan dan pariwisata.


GUANGZHOU AS EXAMPLES: Guangzhou atau yang dahulunya dikenal sebagai Canton, yang terletak  di provinsi  Guang Dong, China bagian Selatan, merupakan sebuah kota besar yang sukses yang mana pada awal-awal perkembangannya kota tersebut memanfaatkan keberhasilan kesuksesan  sebuah wilayah di dekatnya, yaitu Hong Kong.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: