Posted by: afriyanto | October 10, 2010

Jonggol

Jika ada pertanyaan sebuah quiz di TV tentang ibukota NKRI pada masa mendatang dan jawabannya adalah Jonggol., mungkin kita yang mendengarnya agak tertawa. Mendengar kata-kata Jonggol mungkin kita agak tersenyum pahit dikit, kayak orang Jawa aja suka senyum pahit, karena kesan namanya agak lucu. Jonggol…..Mungkin someday kita akan terbiasa dan familiar dengan penyebutan kata-kata Jonggol.

JONGGOL: Pemilihan wilayah Jonggol sebagai alternatif pemindahan ibukota negara Indonesia, Jakarta, ke wilayah yang baru mungkin membuat kita-kita para masyarakat awam surprise alias terkejut. Terkejut, Pertama, kok wacana yang sudah basi dan pernah di lontarkan pada era Pak Harto dimunculkan kembali dan malahan menjadi solusi alternatif terakhir pemindahan ibukota NKRI. Kedua, Jonggol mematahkan ide dan usulan Presiden pertama NKRI, Ir. Soekarno, tentang selayaknya ibukota negara berada di luar Jawa, ke Palangkaraya, misalnya. Ketiga, Jonggol itu mengalahkan usulan 2 wilayah lainnya yang terletak di provinsi Banten dan kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang telah dipersiapkan matang oleh para Pemda-nya.

IBUKOTA NEGARA BARU: Pemindahan sebuah ibukota negara ke lokasi yang baru dari lokasi yang lama bukanlah hal yang mudah. Selain perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana fisik sekelas ibukota negara, pemindahan ibukota negara juga mempertimbang aspek sosial, yaitu manusia yang bakalan dipindahi, menempati dan mengisi ibukota negara yang baru tersebut.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: