Posted by: afriyanto | October 1, 2010

Hamparan Perak

Tiba-tiba sebuah kota kecamatan kecil bernama Hamparan Perak,  di utara provinsi Sumatera Utara menjadi terkenal ke seantero nasional karena aksi penyerangan “oknum terduga teroris” ke markas Polsek wilayah tersebut. Ada apa sih dengan Hamparan Perak?

HAMPARAN PERAK, KAB. DELI SERDANG: Hamparan Perak itu lokasinya sangat strategis sekaligus terkucil. Lho? Strategis, karena lokasinya berada terletak di perlintasan jalan Nasional, Banda Aceh-Medan sehingga membuat wilayah tersebut dapat menjadi wilayah dengan mobilitas tinggi. Selain dekat dengan seaport Belawan, Hamparan Perak tidak terlalu jauh dari kota Metropolitan Medan sekitaran 20 sd 30 km. Nah terkucil, karena meski kota ini lebih dekat kota Stabat, Binjai dan Medan, kota ini jauh dari pusat pemerintahan kabupaten Deli Serdang, Lubukpakam. Untuk mengurus “macam-macam” ke kabupaten kita mestilah melewati beberapa wilayah. Diawali masuk ke Langkat dulu, lalu kota Binjai, masuk ke Deli Serdang, masuk kembali ke Kota Medan. Setelah dari Medan barulah masuk kembali ke wilayah kabupaten Deli Serdang, kota Lubukpakam.

PENGACAUAN PROFESI KRIMINAL: Jika benar praduga yang beredar selama ini, aksi beberapa perampokan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Padang, Hamparan Perak, dll didalangi oleh para teorisme, maka terjadinya pergeseran profesi di bidang kriminalitas. Lahan penghidupan para perampok tergeser sekaligus terdesak oleh ulah para teroris “miskin” tersebut karena profesi kriminal rampok beneran diambil alih oleh para teroris.Atau mungkin para donatur penyandang dana aksi teroris menaikkan standard untuk pengucuran dana dimana dana akan diturunkan jika telah berhasil melakukan sebuah aksi teroris.

PENGABURAN: Pemilihan Sumatera bagian utara sebagai basis baru teroris bukanlah tanpa alasan. Wilayah Sumbagut yang terletak di persimpangan jalur transportasi laut teramai dunia, ditambah  banyak terdapat pantai dan  pelabuhan-pelabuhan nelayan kecil di sepanjang pantai Timur Sumatera bagian Utara merupakan nilai plus untuk pemasukan bahan-bahan illegal dari luar negeri. Disampingp itu, wilayah Aceh yang merupakan mantan wilayah konflik separatisme GAM, dll merupakan kondisi yang nyaman untuk berlindung dari semua tudingan bagi  para teroris.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: