Posted by: afriyanto | September 21, 2010

GNP per capita (tanpa referensi literatur)

Sebuah SMS masuk ke HP penulis, “Yan, Negara apa yang paling kaya (GNP perkapita tertinggi) di Dunia per September 2010?” Jawaban penulis, “Switzerland ato Ireland”. Berdasarkan sepengingatan penulis, negara-negara yang selalu wara wiri di puncak  Top negara-negara yang ber-GNP per-kapita tertinggi di Dunia akhir-akhir ini. “Salah, yang bener; Qatar, dengan angka US Dollar 96.000 per September 2010). “Ohh..masak sih..” comment penulis sebagai balasan SMS. Soalnya negara-negara penghasil minyak di Gulf Persian (Teluk Persia) sudah lama tak terdengar lagi sebagai negara-negara dengan GNP per-kapita tertinggi di Dunia.

GNP Per Kapita: Salah satu parameter sebuah negara dikategorikan sebagai negara terkaya di Dunia adalah GNP perkapita-nya tertinggi di Dunia. GNP merupakan singkatan dari Gross National Product ato dalam bahasa Indonesia-nya Produktivitas bersih sebuah negara dalam kurun waktu tertentu (biasanya per-tahun). Jadi jika GNP sebuah negara dibagi rata terhadap total populasi penduduk negara tersebut, mengeluarkan angka yang dinamakan dinamakan GNP per-kapita. Jadi sebuah negara dengan GNP terbesar di dunia, seperti Amerika Serikat yang menguasai seperempat (25%) perekonomian dunia, belum tentu sebagai negara dengan GNP per kapita tertinggi di dunia. Karena GNP Amerika Serikat yang super dahsyat itu mestilah dibagi dengan 300 juta jiwa populasi penduduk-nya. Sementara Qatar, sebuah negara penghasil minyak di teluk Persia dengan penduduk dibawah 1 juta jiwa dan GNP-nya pada posisi menengah di dunia akan memiliki angka GNP per kapita tertinggi, di Dunia, karena  angka pembaginya jumlah penduduk-nya yang kecil (dibawah 1 juta jiwa).

INDIKATOR: GNP per kapita ato sekarang lebih dikenal dengan GDP perkapita, adalah semacam indikator kemajuan perekonomian sebuah negara dan bagaimana sebuah negara dapat memakmurkan kesejahteraan penduduknya. Qatar, Luxembourg, Brunei; 3 negara yang berpenduduk sedikit; 400.000 sd 1.2 juta jiwa dengan luas wilayah yang kecil (dibawah 10.000 km2). Singapore, Hongkong, adalah  contoh sebuah Metropolitant City state yang berhasil memajukan perekonomiannya dalam format kota. Sementara Switzerland, Norway (biasanya Norway selalu dibarengi teman-temannya sesama negara kaya Scandinavia; Denmark dan Sweden). adalah contoh negara-negara kaya Eropah lama yang masih mampu mempertahankan tingkat kemakmuran perekonomian dan kesejahteraannya. Dan untuk Netherlands, adalah pemain baru yang masuk dalam daftar 10 negara-negara kaya dunia.

AMRIK: Amerika Serikat merupakan negara yang menguasai total seperempat perekonomian dunia. Negara yang serba maha ini, maha luas, maha populasinya (308 juta jiwa) merupakan impian para pencari kerja di dunia dan to stay on. Dengan penduduk yang begitu besar dan wilayah yang sangat luas, Amrik merupakan contoh yang  sangat ideal bagaimana sebuah negara yang berpenduduk sangat besar dan multi ras memakmurkan rakyat-nya. Terlepas dari kasus Amrik, dari daftar 10 negara-negara makmur dunia, dapat dilihat bagaimana negara-negara yang area yang kecil dan penduduk yang tidak terlalu banyak ternyata dapat memakmurkan dan mensejahterakan penduduknya. Asal dengan satu syarat yaitu komitment sungguh-sungguh Pemerintahannya untuk memakmurkan rakyat-nya tanpa embel-embel korupsi. Quo vadis, big populated country like Indonesia?


Responses

  1. sedikit ralat,
    “GNP per kapita ato sekarang lebih dikenal dengan GDP perkapita”

    Ralat, GNP dan GDP berbeda..GNP adalah Gross national product, sementara GDP adalah gross domestic product…

    • ANSWER: To Mr. Tob
      Thx for the comments on the GNP and GDP. GNP is the older form of GDP, GNP is term used for in region of National context, meanwhile GDP can be used to the national and local context too, and it can be translated as PDRB.. We know in Indonesia form in OTDA context, like: PDRB Province, PDRB Kabupaten/Kota..

      Thx for the comments and confirmations…
      Afriyanto

  2. tau gak laporan data GNP dan GDP di Indonesia? soalnya saya cari di GOOGLE ga ada! tolong bantuannya~
    kalo dapat kirim ke e-mail saya saja

    adventuseleazer_asmin@ymail.com

    • ANSWER:
      To Mr. Advent , Thx for the comments on the GNP and GDP.

      GDP or GNP can be search from Google from the websites of UNDP, just click the key word GNP or GDP, UNDP.

      Thx for the comments and confirmations…
      Afriyanto

  3. ini pakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

  4. kenapa ga disertakan besar GNP-nya jg? Lebih lengkap lebih baik kan? Kalau bs tolong dikirim ke email saya novy_cendian@yahoo.com

  5. ooooooooooooooooooooooooo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: