Posted by: afriyanto | August 18, 2010

Flood In Pakistan

Awal-nya penulis mengganggap banjir bah (flood) yang terjadi Pakistan, China, India adalah sesuatu yang biasa sepertihalnya bencana alam yang kerap terjadi di tanah air, Indonesia. Demi melihat korban yang diakibatkan oleh banjir di Pakistan yang merenggut sampai ribuan jiwa orang dan menyengsarakan sampai puluhan juta orang, maka banjir bah Pakistan itu merupakan bencana yang sangat luar biasa yang terjadi akibat kerusakan alam yang luar biasa.

THE RIVER IN HILLY HIMALAYA: Jika kita menelusuri lereng selatan Himalaya dengan kendaraan darat, dimulai dari Nepal, Uttarakhan, Himachal Pradesh, Kashmir, (India), Northern of Pakistan terdapat banyak kesamaan typology sungai-sungai-nya, yaitu Continental Rivers. Sungai-sungai yang berada di wilayah ini merupakan hulu dari sungai-sungai besar yang mengalir ke wilayah selatan Himalaya, seperti Indus River yang bermuara ke Arabian Sea, Ganges and Yamuna River ke Bay of Bengal. Jadi, logika-nya kebayang, sungai sebesar dan sepanjang Ganges River itu hulu sungai-nya pasti lebih besar dan lebih luas dari hulu sungai-sungai terbesar yang ada di Indonesia.

Kenapa kita mesti berkendaraan darat? Jawabnya; Jalur transportasi darat di wilayah India bagian Utara, dan Pakistan Utara sangat sederhana. Sederhananya yaitu; kita tidak akan menemukan jembatan-jembatan besar yang melalui hulu-hulu sungai tersebut. Lho? Hulu-hulu sungai di wilayah India utara, Pakistan Utara sangat-lah landai dan tak bertebing tak seperti sungai-sungai yang ada di Indonesia. Nah gimana caranya mau ngebangun Jembatan dengan struktur topografi wilayah seperti itu? he he..

(Pending dulu yee.. cerita yang berdasarkan pengalaman nyata)…….

ooooooooooooooooooooooooooooooo



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: