Posted by: afriyanto | April 7, 2010

Simeulue Island

Simeulue secara administratif merupakan sebuah Dati II kabupaten yang terletak di bahagian selatan provinsi NAD dan terletak di bagian paling utara dari gugusan pulau-pulau di sepanjang pantai barat pulau Sumatera. Jika penulis berandai-andai tentang Simeulue, alangkah sebaik-nya jika Simuelue disulap menjadi Bermuda, atau Bahamas-nya Sumatera dengan akses ke perairan dalam dan ke samudera lepas atau merupakan replika dari Maldives Island buat destinasi alternative touris yang berkunjung dengan nuansa remotely Samudera Hindia.

SIMEULUE TYPOLOGI: Tidak hanya posisinya yang strategis, Simeulue juga memiliki beberapa pulau-pulau terluar Nusantara yang mesti dijaga demi ketahanan dan keutuhan NKRI dari ancaman dan klaim pihak asing. Dan menurut tiplogi wilayahnya, gugusan pulau-pulau di Simeulue mencakup pulau Simeulue sebagai pulau terbesar dan kepulauan Banyak di wilayah Aceh Singkil yang memanjang dari barat ke timur menyentuh pantai Sumatera di Aceh Singkil. Dan etnis yang berdiam di Simeulue yang diprediksikan berjumlah lk.50.000 jiwa beragam dari etnis Aceh, Tapanuli, Aceh Jameek, Simeulue, dll. Sementara akses menuju ke Pulau ini dapat ditempuh melalui udara dan laut. Dari Polonia Medan, pulau Simeulu dapat ditempuh dengan perjalanan udara menuju bandar udara Lasikin yang terletak di selatan Sinabang. Sementara untuk akses laut menuju pulau ini,  dapat dilakukan dari kota Melulaboh (Aceh Barat) atau Labuhanaji di Aceh Selatan dengan menggunakan kapal feri atau mungkin dapat ditempuh dari Singkil.

LABIL AREA: Gempa yang terjadi pada hari Rabu, 7 April 2010 dengan kekuatan pada skala 7.2 SR melanda pulau Simeulue dan beberapa gempa sebelumnya di sepanjang pantai barat Sumatera, menunjukkan bahwa wilayah ini dan semua wilayah di bagian barat Sumatera merupakan wilayah yang labil dan rawan bencana dan dengan tingkat dinamika geologi wilayah yang tinggi. Sehingga semua aspek program-program perencanaan pembangunan di Simeulue dan wilayah sekitarnya terutama di bidang fisik mestilah bisa mengantisipasi kondisi medan dan geologis wilayah yang seperti ini.

REDEVELOPMENT OF SIMEULUE: Sementara itu mungkin kita sudah mafhum dan tahu bahwa secara umum Simeulue merupakan salah  satu wilayah kabupaten yang tertinggal dan terisolasi di NAD. Simeulue selalu berada pada posisi list terakhir dalam program-program pembangunan baik di level pusat maupun daerah.  Pengalaman dari rekonstruksi NAD & NIAS menunjukkan hal tersebut, Simeulue always in steps behind position. Dan ironisnya, akses tercepat ke pulau ini mestilah dilakukan dari kota Medan yang notabene diluar administrasi provinsi wilayah ini. Hal ini merupakan salah satu kendala dalam pembangunan dan pengembangan wilayah Simeulue.

INFRASTRUKTUR: Terlepas dari dampak gempa Simeulue yang menyebabkan terganggunya banyak fasilitas umum di wilayah Sumatera Utara dan menimbulkan kerusakan yang besar dan parah di pulau Simeulue tapi nilai kerugian materi yang diderita terutama di pulau Simeulue sendiri tidaklah seberapa jika dibandingkan gempa dengan kekuatan yang sama terjadi di wilayah-wilayah lain, misalnya perbandingan dengan kerugian materi yang diakibatkan Gempa Padang, dllsbg. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana infrastruktur di pulau ini sangatlah minim dan terbatas serta masih terkesan sangat-sangat tradisional..

SO WHAT?: Pengembangan dan Pembangunan Simuelue hanya ada satu solusi, yaitu terbukanya akses ke wilayahan di Simeulue. Tipikal wilayah di Simeulue adalah sama dengan wilayah-wilayah pulau lainnya di barat Sumatera, seperti Nias, dan Sibeureut. Kendala utama dalam pembangunan wilayah-wilayah seperti ini adalah terbukanya minimal akses masuk kewilayah tersebut. Baik sarana dan prasarana jalan penghubung dari wilayah yang lebih maju terutama dari wilayah pantai timur ke pantai Barat yang biasanya terisolasi. Tanpa ini pembangunan sebesar apapun di Simeulue akan sia-sia………

0000000000000000000000000000

New Release Single Takkan Terganti: by Marcell (kayaknya.. lagu apkiran-nya Kahitna tapi dilantunkan kembali dan diperform dengan sangat apik by Marcell). Comment; makin kurus si Batak Siahaan ini.. he he..


Download file MP3 Marcell – Takkan Terganti (3.8 MB).

0000000000000000000000000000000000000

McD: Dimana tempat si Afri suka nangkring pagi-pagi selama sebulanan ini..kalo mo dicari? He he.. yap, The answer is the McD. So what..? With less than twenty thousand rupiahs, we can have  a beefy breakfast and fried potatoes and the cola…what a nice meal… he he..


Responses

  1. Thanks bang lagunya… keren.

  2. Yap, cool..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: