Posted by: afriyanto | September 28, 2009

G-20

Indonesia berada pada urutan ke-16 dari 19 negara-negara anggota G-20 (included EU, European Union, become 20) jika dilihat dari GNP (Gross National Products) yang direlease pada tahun 2008 oleh UN. Dan berada pada urutan 19 jika 3 negara yang tidak termasuk G-20, Spain, Netherlands dan Poland, diikut sertakan berdasarkan GNP. (dalam billion US Dollar). Jika asumsi penduduk Indonesia pada tahun 2008 berjumlah lk.220 juta jiwa, maka GNP per kapita Indonesia pada tahun 2008 adalah sekitar 2.326 US Dollar. It is a quite big number for such a developing countries. He he, itu termasuk besarnya beban hutang luar negeri yang mesti ditanggung oleh masyarakat Indonesia perjiwa.

Dari tabel terlihat bahwa, China merupakan raksasa ekonomi terbesar no.3 di dunia setelah US dan Jepang. Dengan tingkat pertumbuhan ekonomi China yang rata-rata 2 (dua) digit per-tahunnya, diprediksikan 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun mendatang, China bakalan menggeser Jepang sebagai runner-up kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

G20


Responses

  1. utk indonesia sgt mungkin jika tata negaranya solid dlm mengembalikan kekayaan negara ke NKRI dan pemerintah memobilisasi masyarakat bawah(miskin)memberdayakan seluas2nya lapangan kerja hingga tarap mandiri/berkecukupan dlm mengatasi kebutuhan hidup sehari2nya_maka dlm waktu yg kurang 10thn indonesia akan mengeser kekutan ekonomi dunia_dan indonesia menjadi negara pengexpor bahkan indonesia di masa yg akan datang bisa melakukan embargo pangan kepada negara2 adikuasa_sumber pangan dunia ni.1


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: