Posted by: afriyanto | July 16, 2009

TOURISM

Tourism merupakan sebuah istilah yang berkaitan dengan hal-hal pariwisata dan kepariwisataan. Dari pengertiannya, tourism memuat kata kerja tour yang berarti perjalanan atau pergerakan. Jadi, pariwisata itu sendiri mengandung sebuah aktivitas atau moda operasi yang berkaitan dengan sebuah perjalanan atau sebuah trip.

UNIQIUELY POSITION: Tourism atau Kepariwisataan merupakan sebuah aktivitas atau bidang yang unik. Kenapa dan dimana-nya yang unik? Jika kita mengambil istilah yang sederajat dengan tourism yang mengandung pengertian yang setara, yaitu perjalanan,. Misal: kata membesuk atau menjenguk orang sakit, dimana pada kata membesuk terdapat aktivitas perjalanan. Kata belanja atau shopping yang mengandung pengertian sebuah perjalanan/pergerakan untuk berbelanja. Dan uniknya kedua aktivitas diatas, besuk dan shopping dapat menjadi tema sebuah tourism atau wisata, yaitu wisata orang sakit (besuk ke pesantren abah anom, misalnya) dan wisata belanja (wisata kuliner).

Belum lagi jika dikaitkan dengan pariwisata yang bisa menjadi sebuah ilmu atau kajian tersendiri, bahkan ada departemen atau kedinasan-nya. Toh, ngga ada departemen atau dinas shopping atau dinas besuk di Indonesia, yang adakan dan banyak itu, misalnya bagian atau divisi marketing dalam konteks kata belanja (shpping) atau institusi rumah sakit dalam konteks kata besuk. He He.. bingung and ruwet ya….(ruwet kayak penulis)..

Pola Berpariwisata

Pola Berpariwisata

WISATA DOMESTIK: Indonesia merupakan sebuah negara yang besar dan terluas di Asia Tenggara. Jumlah penduduknya yang diatas 200 juta jiwa (no.4 di dunia) ditambah dengan keragaman tempat/lokasi/destiny dan budaya adat istiadat di tiap lokasi merupakan potensi dan sekaligus menjadi supply terbesar bagi pengembangan pariwisata Indonesia, terutama dalam konteks wisata domestik atau wisata lokal.

Mungkin timbul pertanyaan, kenapa mesti wisata domestik, bukan wisatawan mancanegara yang potensi pasarnya sangat besar dan menjanjikan? Jawabannya, pengembangan/pembangunan wisata domestik mempunya dasar, arahan dan tujuan yang jelas dan kuat, serta tersirat dan tersurat dalam tujuan pembangunan Indonesia baik di UU Dasar atau rencana-rencana pembangunan nasional yang memuat; menumbuhkan rasa cinta tanah air, memperkuat kesatuan dan persatuan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (Myra PG).

PESAN-PESAN MORAL WISATA DOMESTIK: Praktisnya penjabaran paragraf diatas dalam konteks tourism/pariwisata adalah: bagaimana kita bisa menimbulkan rasa cinta tanah air jika kita tidak melihat/mengunjungi/menyaksikan wilayah-wilayah lain di Indonesia, bagaimana kita bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan jika kita tidak memahami wilayah-wilayah lainnya di Indonesia (budaya, adat istiadat setempat, dll). Yap, pariwisata-lah dan ber-pariwisatalah salah satu aspek yang dapat menjawab sekaligus menjadi solusi dari hakikat tujuan pembangunan nasional tersebut.

Meski bukan suatu ukuran, namun dengan meningkatnya wisata domestik dari segi kuantitas, akan menunjukkan meningkatnya nilai-nilai moral nasionalisme diatas yang berimbas pada meningkatnya harkat dan martabat bangsa di dunia Internasional. Bangsa-bangsa lain di dunia akan menghargai, menghormati sekaligus kagum yang menimbulkan rasa keinginan tahu yang lebih/besar terhadap Indonesia. Nah, dari sisi inilah pengembangan wisata mancanegara secara tidak langsung akan masuk dan sekaligus terfasilitasi dengan telah berkembang dan meningkatnya wisata domestik di Indonesia.

Segitu aja bahasan tentang nilai moral yang tinggi dari sebuah aspek (ilmu, sektor pembangunan) pariwisata yang terkadang sering disalah-fungsikan dan disalah-artikan… he he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: