Posted by: afriyanto | July 12, 2009

Xin Jiang

Xinjiang atau Sin Kiang (Xin Qiang) atau dahulu lebih terkenal dengan nama Turkistan Timur dahulunya dikenal sebagai salah satu wilayah yang dilewati oleh para Saudagar-saudagar Silk Roads berniaga dari daratan Tiongkok menuju daratan benua Eropah. Seperti halnya anugerah buat wilayah-wilayah muslim lainnya yang kaya raya akan hasil migasnya (terutama di dataran Tarim Basin dan Gurun Taklamakhan), negeri ini dihadapkan pada permasalahan keinginan separate from China. Isu ketimpangan, diskriminisasi, dan dominasi mayoritas etnis China di provinsi-provinsi Bagian Barat China, (Thibet, Xin Jiang, dll) merupakan tema utama separasi.

TURKISTAN: Jika kita membaca sejarah kebesaran Asia Tengah di masa lalu, maka nama Turkistan sering disebut dan selalu dikaitkan dengan Turki. Turkistan pada dasarnya merupakan wilayah-wilayah yang pernah diekspansi oleh para Invader Mongol dari China sampai ke selatan Europea dengan ras Mongoloid . Dinasti Moghul yang masuk ke India dmelalui Afghanistan, Mamluk di Egypt, dan Tartar (Crimea Peninsula, Black Sea) di Rusia Selatan hanyalah merupakan sebagian dari tanda-tanda kejayaan invader Mongol pada masa lalu. Turki sendiri pada dasarnya merujuk pada pengertian sempalan/cabang dari suku bangsa Mongol dan sering menjadi kata ejekan masyarakat Barat sebagai chicken/kalkun atau orang yang lagi sakit.

XinjiangXinjiang Tanpa China

BUT..: Dengan keajaiban pertumbuhan ekonomi China selama 3 dekade belakangan dan masuknya China ke dalam daftar negara-negara yang sangat maju di Dunia, membuat isu-isu separatisme di China menjadi mentah lagi. Dengan tingkat kesejahteraan China yang tergolong tinggi saat ini, tema separatisme apa yang sesuai untuk mendirikan sebuah negara yang terpisah dari negara Induk-nya yang sudah maju secara ekonomi dan Industri? HongKong, seaport (pelabuhan) terbesar dan terkaya di Asia dan Macau pusat perjudian terbesar dan terkaya di Asia, toh akhirnya bergabung ke China setelah malang melintang dalam protektorat semu British dan Portugis. Belum lagi ditambah dengan isu unifikasi China Taipei (Taiwan) yang tergolong negara maju ke dalam China… Quo Vadis Xinjiang..? Wallahu alam..

NB: FACTS ABOUT CHINA: China mempunyai sejarah sengketa tapal batas negara yang panjang dengan India, di Kashmir (Ladakh) dan di Arunachal Pradesh, North West Territory, India, yang mayoritas penduduknya beragama Buddha. Demikian jugahalnya dengan Spartley Island, yang merupakan rencana ekspansi China ke South East Asia yang dipersengketakan oleh beberapa negara, Malaysia, Vietnam, Philipphines, China Taipei, Brunei. Dan beberapa konflik bilateral dengan China Taipei dan Japan. Maybe in the future, China not only made expansion in Economics but also in Land territory.. he he…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: