Posted by: afriyanto | June 25, 2009

Sekulerisme Baru

Menarik memang mengamati perkembangan politik terakhir di negeri ini. Konon, salah seorang Cawapres 2009-2014, dalam orasinya menganggap sangat tinggi nilai-nilai Agama sehingga sebaiknya Agama itu terpisah dari politik praktis.. He he.. Kalo menurut saya pribadi… Itu mah bukanlah omongan yang pantas dari seorang yang berkapsitas Intelektual Muslim.. Orang plintat plintut seperti itu ngga pantas memimpin negara NKRI ini.. dan Pak Habibie sebagai pendiri ICMI mestilah mengkonfrontisir ungkapan petinggi negara yang salah kaprah itu. Yang bener Islam itu tidaklah hanya sebuah Agama tetapi sebuah sistem nilai Tatanan Sosial dan Budaya. Kan, Nabi Muhammad saw pernah mencontohkan sebuah konsep bernegara dalam Islam yaitu Madinah. Walaupun posisinya Agama lebih tinggi atau sama tinggi dengan politik, Islam itu tidak bisa dipisahkan dari konsep sebuah sistem ketatanegaraan.

ISLAM DAN IMPLEMENTASI ISLAM DI INDONESIA: Budayawan dan Cendikiawan muslim terkenal. Alm. Nurcholis Majid pernah menyatakan bahwa tingkat ke-Islaman masyarakat Indonesia itu dapat dilihat dari budaya yang melekat di masyarakat itu sendiri. Misalnya yang paling praktis adalah cara berpakaian masyarakat.

Dari barat Indonesia, dimulai dari ujung Sumatera, Aceh, masyarakatnya berpakaian tertutup (terutama para wanita-nya) rapat, sampai ke ujung selatan Sumatera. Lalu perjalanan budaya ini terus turun ke pulau Jawa, dari Jawa Barat, masyarakatnya mulai berpakaian tertutup tapi agak ketat, lalu Jawa Tengah dan Timur yang pakaian atas wanita-nya agak terbuka (kayak mau mandi.. he he). Lalu lompat ke pulau Bali, dimana para wanitat-nya tidak menggunakan penutup bagian atas alias Top-Naked.. he he..

Sampai ke Indonesia Timur, Papua, masyarakat tradisionalnya berpakaian semakin terbuka. Ini semua menunjukkan bahwa setiap wilayah di Indonesia pengaruh budaya lokal sangat kuat dan Islam-lah yang menjembatani peradaban masyarakat tersebut.

ISLAM ABANGAN: Banyak versi yang menyatakan Islam-nya masyarakat Indonesia itu masih abangan dan tidak sekuat ke-Islaman masyarakat India. Memang betul, kenyataan ini dapat dilihat di pulau Jawa dimana satu sisi mereka mengambil Islam sebagai agama namun disisi lain mereka masih mempraktekkan ritual-ritual Hindu dalam kesehariannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: