Posted by: afriyanto | June 21, 2009

Wamena; Quotes

Yth: Pak Jefri di Wamena. (tanggapan bisa dilihat di blog..)

Dengan Hormat. Berkenaan dengan email bapak di blog saya, saya cukup prihatin dan bersimpati dengan kondisi terkini dan pelayanan publik di Kab. Jayawijaya, Wamena. Mudah2an pihak yang berwenang dan berkompeten berkaitan dalam pelayanan fasilitas publik dan kebijakan publik, baik di level Kabupaten, Provinsi dan Pusat ikut memecahkan solusi yang kini sedang terjadi di Wamena. Attn: Mungkin rekan saya di Wamena Pak Petrus (Ka. Tapem Kab. Induk Jayawijaya) mungkin bisa memperpanjang, menanggapi dan mengaspirasi ”usulan/saran” dari pihak tetua/adat masyarakat Wamena ke pihak yang berkompeten. Terimakasih Pak…bukan maksud menggurui dan mendahului..

ISU PEMBANGUNAN DI JAYAWIJAYA DAN SEKITAR-NYA

Menurut pengalaman saya ke Wamena: Jayawijaya dan kabupaten2 disekitarnya, Terdapat dua isu yang terpenting dalam pembangunan dan pengembangan wilayah2-nya, kedua isu tsb terpisah tapi saling terkait dan saling mendukung satu dengan yang lainnya: yaitu isu pembangunan yang dikaitkan dengan faktor eksternal dan faktor internal kewilayahan.

EKSTERNAL: Mayoritas masyarakat asli pedalaman Papua pada dasarnya habitat aslinya merupakan orang daratan dan terkonsentrasi bermukim di sepanjang wilayah pegunungan Tengah Papua. Mempercepat perkembangan dan pembangunan wilayah Jayawijaya dsk yang telah terbuka salah satu-nya adalah dengan memperkecil keterisolasian wilayah-wilayahnya dengan peningkatan dan pembuatan sistem transportasi baru. 1. Peningkatan mutu dan kualitas Bandara-bandara udara dan lintas track yang ada, 2. Menambah jumlah sarana dan prasarana infrastruktur trasnportasi darat (prasarana jalan), 3. Mungkin kedepannya yang perlu dipikirkan adalah pembangunan sistem transportasi massal yang murah efisien dan low cost untuk extreme topographical mountainous area, seperti Kereta Api yang menghubungkan Jayapura – Wamena yang sekarang ini hanya bisa ditempuh melalui transportasi udara.

Sistem Perkereta apian dirasakan cukup tepat untuk kondisi Pegunungan Tengah yang bergunung-gunung dan kondisi alam-nya yang cukup ekstrim. Selain biaya investasi yang tidak semahal pembuatan jalan raya ber-aspal/beton, perawatan dan pengawasan-nya cukup simple dibandingkan moda transportasi lainnya, juga kapasitas penumpang dan barang yang bisa diangkut oleh mass transportasi tersebut dalam jumlah yang besar/massal.

INTERNAL: Pengalaman saya di Papua, masyarakat Papua pada dasar-nya sangat welcome dengan para pendatang dari luar Papua. Pengembangan dan pembangunan wilayah papua dari faktor Internal adalah mengembangkan dan menumbuhkan potensi ekonomi lokal wilayah. Wilayah Jayawijaya yang subur dan kaya akan sumber mineral mestilah ditangani dengan tepat terutama oleh pihak masyarakat setempat. Salah satu realisasinya adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan dan pemberantasan illeteracy dalam jangka waktu panjang masarakat lokal. Sebagai pioner atau langkah awal adalah mungkin bisa mendatangkan tenaga sukarelawan yang ahli dan terampil dengan kondisi pedalaman dari luar Papua atau dengan membekali pengetahuan/keterampilan pada tetua/pemuka adat setempat.


Responses

  1. hay ni bagus saya tinggal d ponorogo yang dulunya lahir d wamena, q anaknya pak sudjono ppl pertanian dulu . . . . . . pa kabar semua


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: