Posted by: afriyanto | May 10, 2009

KOMBINASI

Kombinasi yang bagus dan ideal untuk calon presiden dan calon wakil presiden adalah dari Pulau Jawa dan luar pulau Jawa. Dengan performance pemerintahan sekarang yang cenderung buruk dan tidak aspiratif terhadap daerah maka pilihan kombinasi diatas merupakan yang terbaik.

PERFORMANCE: Performance Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif yang cenderung buruk dapat dilihat dari ekses hasil pemilu Legislatif 2009 kemaren, dimana Golput meraih prosentase suara terbesar dari lk. 170 juta warga hak pilih Indonesia. Sebenarnya hal ini pertanda sangat buruk buat kelangsungan eksisting NKRI, terutama dikaitkan dengan semangat nasionalisme yang akhir-akhir ini cenderung memudar. Terutama jika diimplementasikan di lapangan atau daerah-daerah di luar Jawa. Provinsi Riau, misalnya, yang kaya akan hasil bumi, migas dan produk lautnya, sangat dirugikan dengan sistem bagi hasil antara Pusat dan Daerah yang cenderung menguntungkan pusat dan sangat merugikan daerah yang bersangkutan.

SEPARATISM; Mungkin pemerintah seharusnya banyak belajar dari kondisi yang ada dan telah ada selama ini, bagaimana ketidakadilan dan ketidakbenaran berbuntut pada ketidakbersamaan.. he he…Cukuplah cuman Aceh dan Papua lah yang menjadi ladang pengalaman politik dan konflik selama ini dengan semua konsekuensinya. Ketidakadilan mungkin bisa diralat dengan asumsi teori pertumbuhan dan perkembangan wilayah yang diadopt dari ekonom berkebangsaan Perancis, Pierrox dan Boudeville yang menyatakan sebuah pusat pertumbuhan sebuah wilayah itu hanya satu lalu menyebar ke wilayah-wilayah lainnya. Tapi ketidakbenaran yang mencakup sepak terjang pemerintah yang cenderung bias, bagaimana konsekuensinya dengan nilai moral nasionalism? Ngomong terburuknya adalah, buat apa kita-kita (daerah) gabung dan tunduk pada pemerintahan yang bias?.. he he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: