Posted by: afriyanto | May 9, 2009

TPB

Ribut-ribut tentang adanya skenario konspirasi tingkat tinggi, penulis teringat akan film bagus dan sangat kuat, The Pelican Brief, disingkat TPB. Film dengan tema konspirasi tanpa mesti menuliskan judul conspiracy di filmnya ini, sangat kuat, karena dibintangi oleh bintang-bintang papan atas kelas Oscar Hollywood, Julia Robert dan Denzel Washington.

JULIA ROBERT; Peran sebagai mahasiswi hukum yang cerdas dilakoni oleh Julia Robert. Sang mahasiswi yang pernah membuat brief script skenario sebuah kasus pembunuhan orang penting di Amrik dengan aura politis ke dosen pembimbingnya, akhirnya menjadi buronan paling cantik yang paling dicari. Sang mahasiswi semakin gamang dan super ketakutan, terlebih lagi sejak dosen pembimbingnya tewas dalam sebuah ledakan mobil. Sang mahasiswi akhirnya mencari seorang pengacara berkulit hitam yang terkenal dari Washington, DC, yang sebenarnya tidak dikenal si mahasiswi. Sang pengacara yang diperankan oleh Denzel Washington, awalnya tidak mengacuhkan case yang dialami sang mahasiswi. Namun waktu dan moment-moment kebersamaan (dalam masa buronan) dengan sang mahasiswi, akhirnya membuka mata sang Pengacara bahwa kasus yang sedang ditangani tersebut sangatlah besar dan mengarah ke sebuah titik yang sangat penting di Amrik, Washington, DC, yaitu White House.

PELICAN: Pelican adalah sejenis burung, mirip burung dara kali bukan dara Rani, he he.., yang banyak tinggal di kawasan pantai. Dalam konteks TPB, pelican adalah sebuah kawasan pantai di teluk Mexico yang banyak dihuni oleh burung-burung pelican. Isu kerusakan lingkungan dikaitkan dengan eksplorasi dan eksploitasi migas, kebijakan nasional, dana kampanye politik, White House, senate, dan tentu saja tema yang abadi, korupsi, mewarnai tema film ini dan menyeret nama-nama penting dari elite politik. Ending Film TPB ini mungkin bisa ditebak siapa dalang dari semua konspirasi tersebut meski muter-muter kemana-mana dulu.

MACHIAVELLI: Menurut filosofi manajemen ala mafia versi Machiavelli tentang sebuah konspirasi yaitu dimana pembunuhan atau penghilangan hak hidup seseorang adalah sesuatu proses dan prosedur yang kategori halal dan dihalalkan. Masih dalam format Mafia ala Machiavelli, wanita adalah sebuah benda atau alat yang siap pakai, abis dipakai langsung dicampakkan, maksudnya. Jadi, jika ada subyek wanita yang terlibat dalam sebuah perkara besar yang mengarah ke sebuah konspirasi, hal itu hanya dibuat sebagai rekayasa atau pembuat kabur atau pengalih perhatian orang dari sebuah kasus yang lebih besar lagi di belakangnya. Mungkinkah seperti ini, kasus pak pemberantas korupsi tersebut? Wallahu alam bissawab, semoga kejujuran dan kebenaran akan membuktikannya seiring waktu……..yang pasti I like Julia Robert very much..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: