Posted by: afriyanto | March 22, 2009

The Reader

The Reader adalah sebuah film bagus dengan tokoh sentral yang sangat kuat diperani oleh Kate Winslet sebagai Hanna Smith, The guard of Auscwich Camp. Tema utama dari fim kelas oscar ini adalah ketidakberdayaan seorang mahasiswa college Hukum dalam membela seorang pesakitan, Hanna Smith, yang dituduh menandatangani perintah penguncian sebuah gereja yang dibakar (terbakar) yang didalamnya terdapat ratusan tawanan Yahudi, padahal sosok Hanna merupakan illeterate. Si mahasiswa yang terlarut dalam hubungan emosional masa lalu dengan si pesakitan, hanya memantau keberadaan si pesakitan dan bersimpati dengan mengirimkan rekaman-rekaman cerita pada saat si pesakitan sudah divonis selama 20 tahun penjara. Mental mahasiswa dan manusia yang lemah dan labil dalam mengambil decision.

THE OSCAR GOES TO..: The death in the movie..Seperti halnya, Denzel Washington dalam Training Day yang sebagai tokoh utama dengan death ending, The reader juga mempunyai kemiripan dimana tokoh utamanya, Hanna Smith bernasib tragis. Dan jika dianalisa lebih lanjut, beberapa peraih Oscar adalah bintang-bintang yang memerankan tokoh utamanya dengan death ending. American Beauty, Training Days, dan terakhir The Reader termasuk film-film yang berakhir dengan death ending.

the-reader-movieeditthe-reader-movieface

Hanna Smith menjalani hukuman penjara selama 20 tahunan atas dakwaan yang tidak pernah dilakukannya. Selama dalam masa tahanan Hanna Smith banyak belajar membaca dan menulis yang diawali dari rekaman-rekaman cerita yang dikirim si mahasiswa yang telah menjadi pengacara. Masalah timbul setelah masa tahanan berakhir, Hanna yang tidak punya kerabat sesiapapun, rencananya dititipkan ke sipengecara dengan alasan hanya si pengecara satu-satunya orang yang mengontak Hanna. Rumah dan aktivitas sosial pasca tahanan telah dipersiapkan si pengacara buat seorang Hanna. Tetapi,….The death is the dead..Hanna menampik dan mencampakkan semua kemurahan hati si pengacara. Hanna memilih untuk mengakhiri hidupnya yang merupakan cara terhormat untuk solusi hidupnya. Finished, there is nothing left from Hanna…it was finito..

NB; Pictures of Kate Winslet taken from many sources from internet..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: