Posted by: afriyanto | February 5, 2009

Maut

SUMUT=MAUT: Sumut itu provinsi maut, bagaimana malaikat maut banyak bergentayangan di sana.. he he…Mungkin masih segar di ingatan kita, cuman Sumut yang mengalami peristiwa tragis dalam sejarah kepala daerah-an dimana 2 orang no. 1 nya sekaligus (yang eksisting dan mantan) wafat dalam flight accident hanya karena buah durian... he he..lagi..Dan sekarang orang no.1 di legislatif SUMUT ikut jadi korban akibat demonstrasi ngga jelas yang berbuntut dan mengarah ke tindak kriminal hanya karena sebuah aspirasi sekelompok orang tertentu dan berbau nuansa politis dan kepentingan sekelompok golongan, yaitu untuk satu kata yang sudah basi: Pemekaran.

SUMATERA: Mungkin mereka-mereka yang berasal dari Sumatera boleh berbangga hati, karena banyak pengandaian untuk pulau ini yang melebihi wilayah lain di Indonesia. Ketika Jawa hanya dijuluki sebagai pulau padi, Sumatera mendapat julukan lebih tinggi sebagai pulau Emas, pulau Harapan, dan replika Al-Andalusia di selatan, pulau Andalas. Julukan ini tidak hanya bullshit doang, tetapi kenyataannya bagaimana sektor Migas dan Non Migas dari pulau ini memberikan kontribusi yang sangat besar buat Indonesia. Sebagai salah satu propinsi yang luas arealnya terbesar di Sumatera (setelah Riau dan Sumatera Selatan), SUMUT merupakan provinsi yang fondasi ekonominya paling kuat diantara propinsi lainnya. Dengan perkataan lain, SUMUT lebih maju beberapa langkah dibandingkan provinsi lainnya di pulau ini…

DISPARASI WILAYAH: Sudah jadi rahasia umum bahwa kawasan pantai Timur Sumatera merupakan daerah yang lebih makmur dibandingkan kawasan lainnya di Sumatera. Di wilayah timur Sumatera, banyak di ketemukan ladang Migas dan perkebunan-perkebunan besar disamping posisinya yang sangat strategis di jalur lintas perdagangan dunia. Tanpa maksud mendiskreditkan etnis tertentu di Sumatera, mungkin ada istilah turun gunung atau merantau bagi masyarakat pedalaman Sumatera (kawasan barat) menuju kawasan Timur Sumatera. Dalam konteks Sumatera Utara, mungkin alangkah baiknya jika semua pihak berjiwa besar untuk menerima kekurangan dan kelebihan dari sebuah wilayah. Janganlah kita memperbesar nya dengan tindakan yang separative, salah satunya pemekaran wilayah. Toh, Medan itu meski negerinya orang Melayu tetapi ciri khas Tapanuli sangat kental dari kota tersebut dan menjadi trademark buat kota tersebut.

KERESIDENAN: Dan Jika alasan keresidenan yang pernah ada dahulu dijadikan alasan untuk pemekaran wilayah, mungkin pulau Jawa yang dulunya terdiri banyak keresidenan, penuh dengan provinsi-provinsi baru yang ingin dimekarkan. Kemajemukan itu terasa lebih indah tanpa mesti mengorbankan kesatuan…..meski sudah memakan korban….Sumatera Utara, is the exist area from Besitang in The North and Muara Sipongi in The South…My Homeland..He he..

SKENARIO PROTAP:

ProTap yang merupakan singkatan dari Provinsi Tapanuli (rencana pemekaran awal) pada mulanya mengambil lokasi bekas keresidenan Tapanuli yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera bagian Utara; yang terdiri dari Aceh, Sumatera Timur, dan Tapanuli. Keresidenan Aceh membentuk provinsi Aceh (NAD), dan keresidenan Sumatera Timur dan Tapian Nauli (Taapanuli) menjadi provinsi Sumatera Utara. Seiring bergulirnya waktu; wilayah-wilayah yang awalnya masuk ke rencana ProTap mengundurkan diri dari ProTap, seperti: Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Nias. Hal ini seiring dengan skenario baru dengan rencana pemekaran SUMUT menjadi 5 wilayah provinsi baru.


Responses

  1. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: