Posted by: afriyanto | January 19, 2009

Hussein

Jika ada yang bertanya dari semua jenis music, aliran music apa yang paling Islami? The answer is Jazz. Yap, asal usul Jazz merupakan bawaan dari para slave yang diperdagangkan dari Senegal ke Benua Amrik. Sebagai hiburan pada kondisi slavery, mereka para budak-budak negro memainkan irama-irama musik yang berasal dari kampung halaman mereka di Afrika Utara sana, yaitu akarnya Jazz (The roots of Jazz). Dan sekarang, Jazz dimasukkan sebagai salah satu aliran dari blues music..(The roots of Jazz can be explored from Nina Simone Discography LP).

SUDAN & CONGO: Afrika yang sangat luas dan banyak negara, secara simple wilayah pedalamannya dibagi menjadi dua wilayah besar yaitu Sudan dan Congo. Sudan merupakan wilayah pedalaman Afrika Utara yang memiliki gurun Sahara yang terbesar di dunia, sementara Congo merupakan wilayah pedalaman Afrika yang dimulai dari equatorial Afrika sampai menyentuh Afrika Selatan dengan ditandai gurun besar Kalahari.

Islam merupakan agama besar di Afrika, terutama Afrika Utara. Islam tidak hanya mempesona masyarakat Afrika yang berkulit putih, yaitu Kaum Berber yang menempati area dari kawasan pantai Libya bagian utara sampai dengan Morocco utara, tetapi juga masyarakat negro yang berdiam di bagian selatan Afrika Utara. Sebelum terbentuknya negara-negara Afrika yang dijajah oleh Eropah, semua area yang terletak di Selatan Afrika Utara, dari Libya bagian Selatan sd Morocco Selatan dan Nigeria bagian Utara sd Afrika tengah, semua area yang sangat luas tersebut dikenal dengan nama SUDAN. Negara Sudan yang sekarang merupakan wilayah Sudan bagian timur yang dibawah Inggris yang merupakan ekstension dari Jajahan Inggris, Mesir (Egypt).

SWAHILI: Salah satu bahasa pedalaman Afrika bagian tengah yang banyak digunakan adalah bahasa Swahili, dari Bangui, Chad, di Central Africa, Kenya, sampai ke Mozambique. Bahasa ini juga berkembang dari wilayah pantai, seiring banyaknya saudagar Arab yang berniaga ke pantai Timur Africa dan membuat kesatuan dengan bahasa pedalaman Africa yang sudah dipengaruhi dari masyarakat kawasan pedalaman Sudan di utaranya. Bahasa Swahili yang terkenal sebagai bahasa tinggi bagi pedalaman Afrika banyak mengadopt bahasa Arab dalam kosa katanya, termasuk dalam pemberian nama-nama. Meskipun background keagamaan mereka bukan muslim, masyarakat berbahasa swahili masih memakai nama-nama Islam buat anak-anaknya, salah satunya Barrack Hussain Obama.

NB: Tulisan ini terinspirasi dari musisi dan movie actor Amrik yang namanya berbau Arab, Ahmad Jamal, Omar Shariff, Aaliyah (alm). Aaliyah dalam bahasa Swahili (Central Africa) berarti yang tertinggi merupakan adaptasi dari bahasa Arab Waliyah.

If I Could Turn Back Times, I Had Three wishes of mine: I was born as A Negro, from Jewish mother, and conversion to be moslem. he he……just kidding…Pada ngga nyambung semua….he he..kayak orang-orang DEPHUB, yang penting semuanya dihubung2kann…terhubunglah…he he..


Responses

  1. Jazz bukan merupakan salah satu aliran dari Blues Music deh kayanya, tapi memang blues sangat banyak memperngaruhi perkembangan musik jazz.
    Musik jazz pada dasarnya dibentuk dari perpaduan antara black American music, African rhythms, American band traditions and instruments, dan European harmonies and forms.
    Pada perkembangannya unsur-unsur dari musik lain, terutama blues, banyak mempengaruhi musik jazz.
    Mau tahu tentang sejarah musik jazz?
    Check this out :
    http://jjlifeblog.wordpress.com/2007/12/30/jazz-music/

    Nama-nama musisi jazz yang berbau muslim selain Ahmad Jamal misalnya Yusef Lateef dan Idris Muhammad.

    Dan tahukah bahwa ada beberapa musisi jazz yang namanya sangat “barat” tetapi beragama Islam? Contohnya adalah (yang lumayan terkenal) : McCoy Tyner, Kenny Clarke, dan Art Blakey.

    Bahkan sang legendaris John Coltrane sampai sekarang masih diperdebatan apakah dia seorang muslim atau bukan, dkarenakan beberapa catatan dan karya-karyanya yang berbau muslim. Juga karena istrinya bernama seperti muslim : Naima.

    Keep posting man…

  2. tepat sekali setuja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: