Posted by: afriyanto | January 17, 2009

Gravitasi

Metode gravitasi tidak hanya dikenal di manajemen transportasi, dimana dua atau lebih wilayah dimana yang satu berperan sebagai origin area (O) dan yang satu lagi sebagai destination area (D). Kedua wilayah zonasi ini melakukan daya tarik-menarik yang menimbulkan terjadinya pergerakan massa menuju dan kembali antar zonasi. Gravitasi merupakan daya tarik menarik antara 2 atau lebih benda dalam suatu sistem medan magnet (kalo ngga salah). Jadi seumpama posisi semua unsur spatial dan hayati diatas muka bumi ini mengalami apa yang namanya gravitasi, kalo nggak yah jatuh atau melayang…….. he he..Demikian juga jika dikaitkan dengan area, sebuah area memiliki tingkat gravitasi yang berbeda-beda., (untuk yang hal beginian, mungkin orang-orang geo-fisik lebih canggih pemahamannya).

PUNCAK JAYA: Puncak Jaya dulunya merupakan bagian dari Kab. Nabire. Wilayah ini merupakan inland area dengan karakteristik ketinggian topografisnya yang sangat ekstrim dan selalu ditutupi awan. Keterisolasian daerah ini mungkin dimaklumi, disamping kondisi medannya yang sangat berat juga susahnya untuk melakukan transportasi (udara) yang merupakan wahana satu-satunya membuka akses keterisolasian wilayah. (Kalo jalan kaki sih, mungkin dunia sudah kiamat baru bisa nyampe kesini, he he… dari Jakarta maksudnya).

GUNUNG GERGAJI: Berdasarkan pengalaman team yang kesana, banyak kendala alam yang mesti dihadapi dan itu tidak bisa dirubah dengan fisik. Misalnya: Banyak penerbangan perintis dan helikopter yang jadwalnya tertunda menuju lokasi tertentu, Beoga, Mulia, dll dikarenakan cuaca buruk dan kondisi ekstrim alam. Disamping itu, di wilayah pedalaman Puncak Jaya, ada yang dikenal area medan grafitasi magnet yang tinggi, karena medan grafitasi tinggi ini, banyak pesawat yang susah untuk take-off dan ketika pesawat lagi on air (kayak radio aja), medan magnet gravitasi ini mempengerahui stability pesawat dan ketinggian terbang pesawat perintis terbatas. Dan akibatnya fatal, pesawat bisa jatuh ke darat atau berguncang di udara (ngga bisa jelasin formulasinya, he he). Kalo pesawat berguncang di udara dan kondisi alamnya relatif datar sih no problem, ini bergelombang dan curam, yang menyebabkan banyaknya kecelakan pesawat dan helikopter disini. Gunung Gergaji di wilayah ini merupakan lokasi yang sangat ditakutkan para pilot, medan magnet yang besar, tinggi terbang pesawat yang rendah dan kondisi alam yang ekstrim.

MINERAL INSIDE: Terlepas dari itu semua, kondisi medan magnet yang besar ini dikarenakan adanya unsur-unsur mineral tertentu yang terkandung di dalamnya. Untuk wilayah Puncak Jaya, prediksi sementara, kandungan uranium yang besar menyebabkan terjadinya medan magnet yang besar ini. Mungkin wilayah sekitar perariran Majene juga diprediksikan memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga setiap kapal dan pesawat yang lewat diatasnya tertarik ke bawah..wallahualam..


Responses

  1. Tentang Gravitasi,nih gw Baca dan eksperimen.
    Inget ga teori Kiamat di mana satu-per satu planet dimulai dari merkurius akan “ditelan” matahari?
    Ini mungkin terjadi 4-5 milyar tahun lagi di mana steven Hawking dah kaga ada buat nolongin orang2 yg kebingungan.

    Dari teori tersebut,disebutkan Bumi akan hancur lama kelamaan karena “Di sedot” matahari,Akan tambah parah lg soalnya Gravitasi matahari makin gede pas Udah Jadi “Big Red”.

    Yaaa menurut steven cacat,tata surya kita seperti:

    Panci penggorengan raksasa yg ditengahnya ada bola,trus lu coba nggelindingin koin dari ujung atas Plg pinggir panci.

    Si koin bakal muter ngelilingin panci ampe nyampe di tngh2 panci,tepatnya ampe nyentuh bola dan si koin bakal koit dan berenti gelinding.

    Kata Seven cacat,”Bintang and blackhole dapat membengkokan “alam semesta (kayak Lembaran aluminium datar yang lu tekuk jadi Panci) sehingga planet2 menggelinding di “PAnci alam semesta” tersebut sebagaimana halnya Si KOin.

    Dan Tahu gak lu?
    Makin lama kita makin deket ke matahari ky si koin.
    bedanya si Bola adalah Bola Kuning panas Silo yang kita sebut Matahari.
    tp teneng aja,ntu bkl trjadi 4-5 milyr tahun lg.
    Kalo lu masih idup 5 milyar tahun lagi,lu cpt2 gali kuburan gw and kasih liat gw proses trjadinya Kiamat.
    ^_^ gw bru kls 6


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: