Posted by: afriyanto | January 9, 2009

TRIP

Trip adalah sebuah istilah dalam Manajemen Transportasi, terutama Perkotaan, yang dikaitkan dengan pergerakan massa dalam satuan waktu tertentu. Massa yang dikenal dalam transportasi, bisa berarti barang, orang atau kombinasi keduanya, orang berkendaraan, misalnya. Trip merupakan bagian terpenting dalam kajian Infrastruktur sebuah perkotaan. Dengan diketahuinya besaran trip perjam atau persekon di sebuah zonasi perkotaan, kita dapat mengestimasi perencanaan seperti apa yang akan diterapkan di zonasi tersebut yang dikaitkan dengan sarana dan prasarana transportasi.

MAN MADE SYSTEM: Penerapan jam lebih awal masuk sekolah bagi dunia pendidikan, (SD, SMP, SMA) untuk mengurangi kemacetan merupakan ide yang relatif bagus. Tapi, penerapan ini berarti kepentingan manusia dinomorduakan dibandingkan penerapan perbaikan sistem sarana transportasi. Dengan perkataan lain kepentingan esensi manusia dikalahkan oleh man made system, ya traffic itu. Bagaimana sekali-sekali kita melihat ulang kembali masterplan Jakarta. Apakah ada yang salah disana? Pengaturan Trip, penambahan Infrastruktur? Bukankan selama ini masalah transportasi di Jakarta lebih berbau unsur bisnis dari ketimbang kepentingan publik. Busway, contohnya. Busway adalah masterplan transportasi terburuk yang pernah ada dan diterapkan di Indonesia.

TRIP & BUSWAY: Busway itu sebenarnya memperparah pertransportasian di Jakarta. Ruas jalan yang ada bukannya ditambah malah dikurangi dan diambil untuk moda transportasi lain. Hal ini membuat perbedaan trip yang menyolok dalam satu jalan, jalur biasa dan jalur busway, terutama pada saat-saat waktu puncak, peak hours. Jalur yang satu lancar banget, jalur yang satu lagi macet total. Yang ada masalah kemacetan bukannya teratasi malah bertambah parah. Dan ujung-ujungnya, masyarakat awam yang jadi “korban”…Salah satu korbannya adalah para pelajar, dengan policy memajukan jam masuk sekolah SD, SMP, SMA, setengah jam lebih awal. He he…seharusnya Pemda lebih arif…tidak hanya melihat sisi benefitnya yang sangat besar dalam penerapan sebuah sistem transportasi……….. he he lagi…..Sudah basi ya..?

Trip: Riding a Car or bike car (Chrysler-nya lumayan juga tuh.. he he)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: