Posted by: afriyanto | November 23, 2008

Parpol

Sebenarnya kejadiannya yang dialami tidaklah disengaja. Jika kita berjalan sepanjang jalan Ir. H. Juanda Depok, akan terasa sekali sepanjang jalan, kiri kanan dan pulau di tengah jalan tengah jalan seperti etalase tempat pemasangan spanduk partai-partai politik. Bermacam-macam partai-politik wara wiri menghiasi sepanjang Jalan Juanda Depok. Celakanya, spanduk-spanduk parpol yang dipasangi dari tombak kayu atau bambu itu suka jatuh atau miring menghadang mereka-mereka yang berkenderaan. Jika kita tidak hati-hati mungkin berakibat fatal jika spanduk-dpanduk yang menghalangi kendaraan itu tidak dibenahi.

Lembaga Masyarakat: Parpol sendiri sebenarnya dikategorikan sebagai lembaga masyarakat yang berasal dari masyarakat dengan dikuatkan oleh UU Parpol. Yang membedakan parpol dengan lembaga masyarakat lainnya adalah kepengurusannya yang berjenjang dari Pusat sampai Desa ditambah back-up legislatif dan eksekutif dimana beliau-beliau dari parpol mana berasal.

Begitu banyaknya parpol yang meramaikan arena pemilu tahun depan (37-an parpol mungkin ya) dirasakan membuat puyeng para pemilih. Kondisi seperti ini, diibaratkan seperti obral program kerja dan bulshit promise ke khalayak ramai. Mungkin tidak salah, jika Gusdur mengibaratkan, golput in the next pemilu persentasenya akan bertambah, karena masyarakat yang sudah dipusingkan dengan kondisi ekonomi kesehariannya, terkadang males pusing-pusing milih gambar mana yang mau ditusuk.

KERAN UU: Mungkin sebaiknya Pemerintah atau DPR membuat semacam PP atau UU yang membatasi jumlah Parpol di Indonesia. Angka 5 atau 3 merupakan jumlah yang dirasakan cukup untuk kondisi masyarakat Indonesia yang mayoritas masih melek sama pembelajaran politik. Efisiensi mungkin diperlukan baik dalam ekonomis maupun daya pikir masyarakat perlu dipertimbangkan. Karena dengan situasi yang berkembang seperti sekarang ini, parpol itu buat kandidatnya yang terpilih kelak ibarat kunci dari lembaga masyarakat untuk menuju lembaga pemasyarakatan alias LP. He he……(nggak jelas nih temanya…).. Contoh lambang sebuah partai milik teman….



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: