Posted by: afriyanto | November 16, 2008

Sabang

Pasca Tsunami 2004 lalu, ada sepenggal cerita menarik versi tradisional tentang Sabang saat itu. Pulau Weh dengan Kota Sabang, yang salah satunya dilewati oleh gelombang Tsunami. Pulau Weh yang ibarat gunung yang mencuat keatas laut, telah digerus oleh gelombang Tsunami dari atas dan bawah laut. Sehingga Pulau Weh yang tersisa itu ibarat payung, atas besar bawahnya tipis. Entah benar entah tidak, wallahu alam…

OPTION: Sabang sangatlah berpotensi menjadi salah satu Hub-Port di Indonesia. Cuman orang gila saja yang meragukan potensi Sabang sebagai bakal pelabuhan besar International hanya karena alasan jumlah penduduk dan mesti dibuatkan jembatan penghubung antara pulau Weh dan p. Sumatera, jika Sabang mau maju. Letak pulau Weh dimana Kota Sabang berada, yang terletak bersisian dengan Samudera Hindia sangatlah baik untuk setiap pendaratan kapal-kapal berukuran besar, karena dasar laut di pantai barat Sumatera dalam. Belum lagi, jika diketahui Sabang mempunyai beberapa teluk yang besar, sangatlah baik untuk tempat bersembunyi kapal pada saat musim ombak dan gelombang besar di samudera Hindia.

Pak Kun, pernah meminta tim kita untuk menghitung luas pulau Sabang yang sebenarnya serta mengkaji perbandingan luasan dan potensinya dengan pulau Singapura. Dari data lab, luas pulau Weh sekitar 190 km2 lebih kurang sepertiga pulau Singapura. Dengan status penduduk yang hanya berjumlah 25 ribu jiwa tersebar di 2 kecamatan, Sukakarya dan Sukajaya yang membentuk Kota Sabang, mungkin Sabang tidak ada apa-apanya di bandingkan pulau Penang, pulau Phuket, bahkan pulau Langkawi yang berdekatan dengan Sabang.

IRELAND: Irlandia, negara agraris Eropah yang pendapatan perkapitanya salah satu tertinggi di dunia (menembus angka 40.000 US Dollar peryear mendekati perkapita Switzerland) dan pertumbuhan ekonominya bahkan melampui Inggris, kala itu sangat interest dalam pembangunan dan pengembangan Sabang…Menularkan pengalaman prestasi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi Irlandia ke Aceh, maksudnya…nggak tahu kelanjutannya sekarang,… he he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: