Posted by: afriyanto | September 4, 2008

Empat Mata

Ketika akan meninggalkan tugasnya balik ke Jakarta, seorang petinggi Tata Ruang NAD memanggil dan diskusi dengan penulis secara empat mata. Satu statement retorik dari beliau yang selalu pasti diingat adalah “Apakah Ada Penataan Ruang yang benar di negeri ini?”……

PENDEKATAN: Menyambung omongan petinggi NAD diatas, mungkin model pendekatan yang kita pakai selama ini dalam Penataan Ruang tidaklah touching dan involve ke masyarakat yang bakal kita jadikan model. Mungkin kita mengenal apa yang namanya Planning Participatory atau planning secara komprehensif, tapi pendekatan yang dipakai ke masyarakat sebatas sosiologi bukan pendekatan secara culture.

BANGLADESH: Pendekatan Tata Ruang secara culture mungkin lebih banyak dipakai oleh para Arsitek. Mungkin dikarenakan mereka berangkat dari komponen fisik masyarakat yang sangat kuat dan dominan yaitu budaya. Jika anda suka memperhatikan warung-warung Mie Aceh di Jabodetabek, mungkin sesekali ada kata-kata Bangladesh. Mungkin kita bingung, kok di Aceh ada Bangladesh nya? Seperti kita ketahui, Bangladesh merupakan 2 kata, yaitu Bangla dan Desh. Bangla (Urdhu, Hindi) merupakan nama etnis di timur India, Bengal atau Bengali. Sementara Desh itu secara formal berarti state, tetapi umumnya lebih identik ke freedom… Posisi geografis NAD yang strategis menyebabkan wilayah ini jadi sentra pelayaran dari barat ke timur. Jalur antara pulau Weh (Sabang) dan Sumatera merupakan jalur kapal-kapal tradisionil yang ramai dan banyak dikunjungi oleh para saudagar (pedagang dari Bengali salah satunya). Makanya sampai sekarang jalur selat ini dikenal sebagai Lintasan Bangladesh.

Tanpa mesti dijelaskan lagi, mungkin dari uraian diatas kita maklum pendekatan budaya seperti apa yang cocok untuk ktiteria wilayah dengan karakteristik masyarakat yang demikian. He he……..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: