Posted by: afriyanto | August 30, 2008

Comutter

Kompas Sabtu tanggal 30 Agustus 2008, menyinggung masalah komuter yang mulai menjamur di Jakarta – Bandung dengan adanya Jalan Tol Baru Cipularang. Komuter sebenarnya istilah lain dari penduduk atau pendatang musiman di sebuah kota. Pola hidup ala Komuter sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, Biasanya banyak penduduk didaerah Jawa Barat atau Jawa yang pada saat musim tidak ke sawah, mereka berangkat ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Jawa untuk bekerja menambah penghasilan. Mereka hanya tinggal di Jakarta untuk sementara waktu dan kembali ke kampung halamannya setelah mendapat uang.

KOMUTER INTELEK (Ngakunya he he..): Penulis pernah mengalami hidup sebagai Komuter selama setahun di Aceh. Kalo para Komuter Jakarta Bandung menggunakan jasa transportasi biro travel yang mulai menjamur, para komuter Jakarta Banda Aceh menggunakan modus pesawat sebagai alat transportasi. Dan pola staying alive nya komuter Jakarta Banda Aceh relatif lebih lama di bandingkan komuter Jakarta Bandung yang harian. Kalo Hari kerja itu dihitung dari Senin sampai dengan Jumat, maka para komuter Jakarta Banda Aceh memanfaatkan waktu Jumat malam sampai dengan Senin pagi untuk beristirahat di Jakarta. Untungnya kondisi seperti ini ditunjang oleh fasilitas diskon ongkos pesawat yang diterapkan oleh Garuda, misalnya, yang menetapkan tarif promo setiap Jumat malam.

Untuk sampai ke tahap pola komuter seperti ini, seorang komuter mestilah berpikir uang bukanlah segala-galanya. Naik pesawat seperti naik angkot atau taksi saja. Tarif ongkos pesawat Jakarta Banda Aceh pp lebih tinggi dari gaji pokok sebulan seorang PNS gol IVa, Jika satu bulan minggunya ada 4, bisa dibayangkan berapa cost pesawat yang mesti di bayar untuk pulang-pergi Jakarta Banda Aceh oleh seorang komuter. Belum lagi, jika berpapasan dengan libur tanggal merah, semua pesawat penuh, mesti pake cara alternatif untuk naik pesawat dari Medan yang ditempuh selama 10 jam dari Banda Aceh.

Jadwal Kereta Api Argo Gede Jakarta-Bandung

Jadwal Keberangkatan KA. Argo Gede Jkt-Bandung (2008-09) (Sumber Dephub)


Responses

  1. saya puya batu bacan, yang bagus

  2. jika ada yang berminat dengan bacan saya ada persediaan bacan rough 1 kg hub 082143289771 batu tembus dengan kualitas super>


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: