Posted by: afriyanto | April 30, 2008

Portugal, Sang Imperialis Gagal dari IBERIA

Jatuhnya benteng pertahanan terakhir Kesultanan Al Andalusia di Cordoba pada tahun 1492, menyebabkan mulainya semangat imperialisme baru di Kawasan Semenanjung Iberia. Portugal sebagai salah satu bangsa besar diIberia, selain Bangsa Catalan, Espanol, Basque, dan bangsa paling pesisir di Iberia mempelopori dimulainya penjelajahan dunia. Maka mulailah dari era itu kita mengenal nama-nama Vasco de Gama, Magellan, Amrigo Vespucii yang berasal dari Iberia sebagai penjelajah ulung di dunia.

FRENCH COLONY: Penjelajahan mengelilingi dunia ini selain untuk menemui dunia baru sebagai tanah rampasan, terbentur oleh kuatnya pengaruh Farnces yang sudah terlebih dahulu menguasai Afrika Utara sebagai kawasan tradisionil dan Historis terdekat masyarakat Iberia. Maka Portugal, mencari tanah jajahan yang lebih jauh dari Afrika Utara sang penjajah mereka terdahulu. penjelajahan pencarian dunia baru ini tidak hanya diilhami oleh Portugal, tetapi juga bangsa lainnya di Iberia, Spanyol. Dari benua Amerika Selatan, Portugal hanya kebagian wilayah Brazil, sisanya dikuasai oleh Bangsa Spanyol. Afrika Utara, Bangsa Portugal tidak berhasil mendapatkan wilayah jajahan, sementara Spanyol berhasil menduduki beberapa wilayah seperti Cueta, Mailili, Marocco Sahara (El Aiyun) dan Kepulauan Madeira dan Cave Verde dari Bangsa Perancis.

Sementara di selatan Afrika, Mozambique, Tananarivo (Madagascar) berhasil direbut Portugal. Di Asia, Portugal juga menduduki wilayah kecil seperti Goa, Ceylon, Malacca, Macau, Timor Oost,

Kegagalan Portugal sebagai negara Imperialisme dapat dilihat dari tingkat Kemakmuran negara-negara bekas Jajahan Portugal yang nyaris tidak ada yang berkembang kecuali Brazil.

PRODUK GAGAL: Mungkin salah satu produk gagal imperialisme Portugal adalah Timor Timur. Klimaks kegagalan Portugal ini adalah dengan integrasinya Timor Timur ke Indonesia. Dunia merevisi kegagalan ini dengan usaha Independency Referendum Timor Timur keluar dari NKRI. Dan sampai kini kegagalan demi kegagalan masih menaungi sebuah negara yang dalam bahasa Tetum menjadi Timor Leste. Quo Vadiz Timor Leste..


Responses

  1. Portugal memang imperialis yang sangat rakus alias tamak, baru mau pergi dari daerah jajahannya setelah penduduk daerah jajahan memberontak seperti Brazil, Guinea Bissau, Angola, Mozambik, Dan Goa(kalau yang ini karena diserbu sama India) tapi ada juga yang pergi dengan damai seperti Macau


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: