Posted by: afriyanto | March 26, 2008

DABO DAIK

Mungkin cukup menyedihkan, ketika Harian Media Indonesia memberitakan pemekaran Kabupaten Lingga dari kabupaten induknya kabupaten Kepulauan Riau menjadi masalah interent yang berlarut-larut di kabupaten baru tersebut. Terutama dalam masalah heartquarter. Mungkin jika pemerintahan cukup arif bisa mengkoreksi kesalahan redaksional yang kelihatan dalam UU No. 31 Tahun 2003 tentang penamaan kabupaten baru tersebut.
1. Penamaan Kabupaten.
2. Heartquarter Dabo atau Daik
LINGGA SULTANATE: Pembentukan Kabupaten Lingga merupakan salah satu dari realisasi untuk memajukan kembali wilayah bekas kesulatanan Melayu Lingga yang berpusat di Daik Lingga. Penunjukkan Daik Lingga sebagai ibukota kabupaten Lingga dikarenakan historical site Daik Lingga, (terutama Daik merupakan bekas ibukota kerajaan Melayu Lingga), sangat erat kaitannya dengan Kesultanan Melayu Lingga.
SINGKEP: Mungkin pemerintah lupa, bahwa Kabupaten Lingga terdominasi atas dua pulau yg besar, yaitu pulau Lingga dan pulau Singkep. Mungkin kita sudah maklum, pulau Singkep lebih dikenal dibandingkan pulau Lingga, dikarenakan di wilayah ini terdapat kegitan explorasi tambang timah. Dan kota Dabo yang terletak di pulau Singkep merupakan pusat kegiatan tambang timah yang besar. Sebagai daerah bekas pusat pertambangan timah, otomatis infrastruktur di kota ini lebih lengkap dibandingkan daerah daerah lain di kabupaten Lingga, termasuk Daik Lingga sendiri.
ELIMINATION OF PROBLEM: Mungkin langkah yang arif bagi pemerintah untuk permasalahan Kabupaten Lingga adalah: 1. Merevisi kembali UU No.31 Tahun 2003 dengan menambahkan kembali kata-kata Kabupaten Lingga dengan redaksi kata yang baru yaitu: Kabupaten Lingga Singkep. Mungkin dengan solusi sederhana ini, masyarakat pulau Singkep terutama kota kecamatan Dabo sebagai penyumbang PAD terbesar di Kabupaten ini, merasa tidak terabaikan. 2. Sosialisasi Program pemerintah daerah bahwa penunjukkan Daik Lingga merupakan salah satu alternatif pemerataan dan percepatan pembangunan wilayah.
SIMPLE WORD: Masyarakat Melayu yang terkenal sebagai masyarakat pantai mungkin bisa berbesar hati menerima keputusan penetapan suatu wilayah yang bukan teritorialnya menjadi pusat pemerintahan daerah. Karena tanpa mesti ada turut campur pemerintah, orang Melayu dikenal paling ulung membuat kota-kota ramai di Kawasan Asia Tenggara; seperti Bandar Tumasik (sekarang Singapore), Medan, Penang, mungkin Jakarta, merupakan kota kota besar yang secara tak langsung diilhami dan dibesarkan oleh orang-orang Melayu.

Responses

  1. Semasa hayat datuk saya dia pernah pergi ke Daik, saya pernah melihat pas perjalanannya, datuk saya telah meninggal dunia pada tahun 1967. Diceritakan datuk saya telah disambut dengan kain … keturunan … Daik ini ramai di Kelantan kerana moyang saya sahaja yang berhijrah ke negeri saya, yang lain-lain masih di sana.
    Saya ada bertanyakan kepada rakyat Indonesia (Sumatera) di manakah Daik ini, (ye lah kita harus mencari susur galur kita) tetapi mereka tidak tahu. Saya ingatkan Daik telah hilang dari peta Indonesia dan dunia, tapi masih ada ya!

  2. Saye merupekan generasi ke keempat keturunan melayu daek dar ibu dan ayah. Saye ade menyimpan catatan susur kalur dari keluarge kami di daek. Saye berharap akan bertemu dengan kaum keluarge disane dan mengziarahi kampung saye yang masih wujud dan dapat membantu kaum keluarga disane. Insyallah.

  3. kabupatem lingga adalah sangat luas dan memiliki 5 kecamatan,yaitu : singkep,singkep barat,lingga,lingga utara dan Senayang. tapi saya orang senayang merasa kecewa sitiap penampilan kabupaten lingga di internet tidak di masukkan propil senayangnya apakah senayang bukan bagian dari kab.lingga?……………………………………….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: