Posted by: afriyanto | January 30, 2008

DANAU TOBA

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara, mungkin belum lengkaplah perjalanan anda jika tidak mengunjungi daerah wisata terkenal di dunia yaitu Danau Toba. Danau Toba secara geografis berada tepat di tengah-tengah wilayah provinsi Sumatera Utara, terletak di dataran Tinggi Toba dengan dipunggungi oleh pegunungan Bukit Barisan di kedua sisinya.
TOBA LAKE: Danau Toba merupakan danau air tawar terbesar di Indonesia. Keunikan danau ini adalah memiliki pulau besar yang terletak persis di tengah Danau, yaitu pulau Samosir. Pulau Samosir sendiri sebenarnya merupakan semenanjung yang menjorok ke tengah danau Toba. Pulau ini dipisahkan oleh alur kanal sempit di daerah Pangururan dengan daratan induknya pulau Sumatera. Makanya tak salah juga jika semenanjung yang menjorok ke tengah danau ini disebut sebagai pulau.
PERMASALAHAN TATA RUANG DANAU TOBA: Secara batas administrasi, kawasan danau Toba dimiliki oleh beberapa kabupaten di Sumatera Utara yaitu; Kab. Simalungun, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Toba Samosir, Kab. Samosir, Kab. Karo, dan Kab. Dairi. Jadi permasalaham Penataan Ruang Kawasan Danau Toba, mestilah mengikutsertakan semua Pemda yang memiliki kawasan danau ini. Secara umum permasalahan keruangan Danau Toba dapat dibagi ke dalam 3 (tiga) kategori, yaitu; Badan Danau, Tepian Danau, dan Kawasan Sekitar Danau.
BADAN DANAU: Fenomena utama dari permasalahan badan danau Toba adalah turunnya permukaan air Danau setiap tahunnya. Turunnya permukaan air danau menyebabkan pasokan listrik untuk pembangkit listrik tenaga air Asahan juga berkurang. Banyaknya diketemukan tumbuhan air enceng gondok yang mengganggu kualitas air. Pengaturan keramba, tempat pemeliharaan ikan yang semrawut.
TEPIAN DANAU: Jumlah penduduk yang semakin meningkat menyebabkan pertumbuhan areal permukiman baru yang dibarengi dengan tidak terpolanya pemukiman dan bangunan yang ada di sekitar Danau. Tidak terpolanya bangunan dan pemukiman ini dapat dilihat di beberapa tempat banyak bangunan-bangunan dan fasilitas umum yang mengambil sebagian areal badan danau, seperti Hotel-hotel, tempat parkir, dll.
KAWASAN SEKITAR DANAU: Mungkin kita sering melihat di pemandangan Danau Toba di tayangan TV yang kawasan perbukitaannya mayoritas gundul. Hal ini di sebabkan oleh aksi penebangan hutan secara liar yang berlarut-larut di sekitar kawasan danau baik oleh pihak swasta maupun penduduk lokal, yang berakibat pada turunnya aktifitas water surface run off. Dan yang lebih penting lagi, belum adanya kebijakan taupun peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pengaturan pola penggunaan lahan di sekitar pinggiran Danau.
Ketiga permasalahan ketataruangan Kawasan Danau Toba di atas sebaiknya dikoordinasikan secara bersama-sama dengan pemda-pemda dan institusi yang terkait. Serta peran serta masyarakat, adat dan pemuka adat, dalam masalah ketataruangan Danau Toba mestilah ditingkatkan. Tanpa adanya sinergis pihak-pihak yang berkompeten penanganan masalah keruangan di Danau Toba, mungkin dalam beberapa tahun mendatang kita tidak akan bisa melihat lagi pemandangan Danau Toba yang indah. Berubah dan berganti fungsi menjadi Kolam atau Kubangan Toba.

Responses

  1. Ayo dukung Danau Toba, Gunung Krakatau, dan Pulau Komodo sebagai Tujuh Keajaiban Dunia versi New Seven Wonders of Nature. Voting di http://www.new7wonders.com

  2. Perkenalkan saya renzy dari PT Wijaya Bina Cipta Karya yang ingin mempromosikan wisata belanja nusantara baik secara perkenalan akan budaya maupun berinvestasi dalam sektor riil yang sedang di kembangkan di indonesia dalam rangka mensukseskan program penanggulangan pemberantasan kemiskinan di Indonesia.Jika ada yang berminat tolong hub di no 021-92902757…ayo sukseskan budaya dan wisata di negara kita…

    salam, Renzy

  3. Ingin lebih tau tentang tata cara adat dan budaya batak toba…dan tarombo-tarombo batak yg sudah mulai hilang di telan jaman …salamm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: