Posted by: afriyanto | January 29, 2008

DIMEKARKAN JADI TERKENAL

Masih berkaitan dengan topik hangat di sekitar pemerintahan, yaitu pemekaran wilayah yang berkaitan dengan dampak positif dari pemekaran suatu wilayah. Dari penuturan beberapa warga lokal dan pejabat setempat, pemekaran wilayah akan berdampak positif pada wilayah yang dimekarkan. Wilayah yang baru dimekarkan itu bakal lebih terkenal dari sebelumnya. Contohnya, Mulia sebagai ibukota kabupaten Puncak Jaya. Pada saat masih bergabung dengan kabupaten Nabire, kota kecil Mulia di pegunungan Jayawijaya ini, nyaris tak terdengar sama sekali. Setelah adanya wacana pemekaran wilayah Kabupaten Nabire, yang salah satunya adalah Puncak Jaya dan kota Mulia dijadikan ibukota kabupaten yang baru dimekarkan tersebut, kota kecil Mulia secara tak langsung ter-record dalam UU, dan lantas terkenal luas. He he……
KABUPATEN PUNCAK: Terlepas dari permasalahan OTDA dan segalanya, berkaitan dengan uraian diatas, pemekaran kabupaten Puncak dari kabupaten Induknya Puncak Jaya, (UU No. 7 Tahun 2008), akan berdampak positif terhadap keterkenalan wilayah ini pasca pemekaran dan kota Illaga sebagai pusat pemerintahan bakal lebih sering diberitakan baik secara formal maupun non-formal, lokal dan regional.
STANDAR KETERKENALAN: Pada dasarnya sebuah daerah tidaklah mesti dimekarkan atau ditingkatkan statusnya, barulah wilayah atau kota itu lebih dikenal atau terkenal. Keterkenalan sebuah wilayah atau kota salah satu parameternya adalah sangat tergantung akan produktivitas dan mobilitas dari wilayah atau kota itu sendiri, (di luar potensi kekayaan wilayah tersebut dan sejarah wilayah tersebut). Semakin produktif warga di wilayah tersebut, maka akan terjadi aksi dan reaksi baik dari luar maupun dari dalam wilayah itu sendiri. Dengan perkataan lain, faktor dinamika yang tinggi dari wilayah itu akan mempengaruhi performance dan mobilitas wilayah bersangkutan. Parameter inilah sebenarnya merupakan salah satu cikal bakal dari keterkenalan sebuah wilayah atau kota (ibukota).
SAMPLE PERBANDINGAN: Kota Vancouver yang terletak di provinsi British Columbia, Canada, lebih terkenal dari pada ibukotanya British Columbia sendiri, Victoria. Toh, Vancouver tidak minta dimekarkan wilayahnya, misalnya menjadi Province of Vancouver atau British Columbia Vancouver.
New York City lebih terkenal dibandingkan Albany yang merupakan ibukota Negara Bagian New York.
San Francisco, Los Angeles, San Diego lebih terkenal dibandingkan Sacramento yang merupakan ibukota negara bagian California. Dari sample diatas, terlihatlah faktor bakal keterkenalan sebuah daerah atau kota itu, tidaklah dengan mesti dimekarkan dan dikodifikasi alias di undang-undangkan, melainkan produktivitas warga dan wilayah itu sendiri.
Catatan: Sumber Peta KPU Kabupaten Puncak Jaya

Responses

  1. bagaimana caranya untuk mendapatkan peta versi digital atu cetak dari kabupaten baru hasil pemekaran maupun kabupaten induk khususnya untuk papua?seperti pada kasus diatas…thanks

  2. Mungkin Bpk Octa bisa menghubungi TAPEM Pemda/Pemkot setempat. Diblog ini saya edit dan update peta cuma dengan bantuan Microsoft Paint dan ngesave dengan manual print scroll di keyboard. Thx.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: