Posted by: afriyanto | January 13, 2008

CIGAKBARUAK

CIGAKBARUAK: CigakBaruak atau cigakbarok sebenarnya sama saja. Cigakbaruak merupakan kendaraan transportasi darat yang bisa dimanfaatkan jika kita mau berkeliling pulau Siberut, Kepulauan Mentawai selain kendaraan motor atau ojek. Cigakbaruak biasanya merupakan bekas angkutan kota Padang yang sudah tidak beroperasi lagi, lalu dibuang..eh dikirim ke pulau Siberut. Mobil yang biasanya digunakan sebagai cigakbaruak adalah kijang Rover lama. Untuk merental cigakbaruak ini, mestilah pinter-pinter nawar harganya. Soalnya harga BBM di pulau Siberut, lumayan selangit. Kenapa kendaraan yang dilihat dari luar biasa-biasa aja, kok disebut Cigakbaruak? …. he he….

Catatan: Dalam bahasa Minangkabau, Cigak artinya (maap) anjing, dan baruak adalah monyet atau beruk. Jadi Cigakbaruak adalah anjing dan monyet. Kok????.. Karena kalo naik cigakbaruak, penumpangnya mesti menggelantung di belakang seperti anjing dan beruk. Kok lagi..??? Karena jalanan di pulau Siberut masih jalan tanah belum diaspal, jadi tidak nyaman jika penumpangnya duduk, enaknya menggelantung……..


Responses

  1. Sekedar masukan, cigak tu artinya bukan anjing, tapi kera yang berekor panjang. Sedangkan Baruak artinya kera yang dipakai untuk memanjat pohon kelapa/untuk mengambil buah kelapa. Kenapa namanya cigak baruak? benar, karena penumpangnya banyak yang bergantungan seperti cigak atau baruak.
    Kalau anjing bukan cigak, tapi GACIK, dan istilah ini biasanya dipakai di daerah Payakumbuh, atau di daerah2 lain oleh orang-2 yg sudah tua2…
    salam kenal…
    -rudi-


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: