Posted by: afriyanto | January 7, 2008

Status Quo City: Chandigarh

Berbicara tentang Status Quo Pemerintahan Daerah di sebuah provinsi di Indonesia Timur, penulis teringat pada sebuah kota di India, yang sebenarnya merupakan wilayah status quo, Chandigarh. Chandigarh merupakan kota yang berstatus wilayah otonom region dalam Union of India. Kota ini banyak dipublikasikan oleh para arsitektur asing dan orientalis sebagai kota termaju dan terplanning di India, bahkan dunia. (he..he.. padahal hasil adikarya para Moghul India, seperti Taj Mahal, Charminaret, dll. menurut penulis sangat tidak tertandingi oleh para Arsitek manapun di dunia ini).
City Chandigarh’s Campus
STATUS QUO: Chandigarh merupakan kota yang dipersengketakan antara negara bagian Haryana dan Punjab, India. Kedua negara bagian ini mengklaim Chandigarh sebagai bagian dari wilayah teritorialnya. Dan uniknya lagi, kedua negara bagian ini beribukota di Chandigarh. Jadi, ibukota Negara Bagian Haryana adalah Chandigarh, dan negara bagian Punjab sendiri mengambil Chandigarh sebagai ibukotanya. Nah lho………..
WIN-WIN SOLUTION FORMAT INDIA: Sebagai jalan tengah yang diambil oleh India, yaitu: Kedua negara bagian, Haryana State dan Punjab State, boleh beribukota di Chandigarh tapi kedua negara bagian itu tidak berhak atas Chandigarh. Jadi status Chandigarh dimasukkan ke dalam status quo area. Untuk menyesuaikan dengan administrasi pemerintahan India, status Chandigarh dijadikan sebagai wilayah Union Territory of India. Sebagaimana diketahui, sebenarnya Union of Territory di India adalah sebuah daerah atau wilayah yang belum layak atau ditingkatkan statusnya menjadi sebuah negara bagian. Jadi, secara administrasi wilayah, Chandigarh city setara dengan ibukota India, New Delhi. Sama-sama sebagai wilayah Union of Territory.
Catatan: Punjab merupakan salah satu negara bagian terkaya India yang mempunyai kembarannya di Pakistan, Provinsi Punjab. Kedua wilayah Punjab ini terpisah yang diakibatkan oleh Partisi India-Pakistan pada tahun 1947, yaitu (1). provinsi Punjab, Pakistan, dengan Ibukota Lahore, (2) dan Punjab State di India. Orang-orang Non-Muslim Punjab yang eksodus ke India, berupaya untuk membuat tandingan kota bersejarah mereka, Lahore City, yang bercita rasa arsitektur Islam tinggi dengan sebagai pengganti yaitu Kota Chandigarh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: