Posted by: afriyanto | January 4, 2008

INDONESIAN AIRPORTS LIST Using Excel

Microsoft Excel dapat digunakan sebagai database sederhana untuk menampilkan, menyimpan data-data dan membuat link antara satu worksheet dengan worksheet dalam satu file atau antar file lainnya. Pada Tampilan Muka Excel ini, ditampilkan ke 3 (tiga) linkdatabase; yaitu, (1). link ke Database semua Bandara-bandara per provinsi (2). link ke Database Bandara-bandara International di Indonesia (3). link ke Database Bandara-bandara Domestik di Indonesia.

PROSEDUR TEKNIS:

Pada dasarnya database ini memiliki 3 (tiga) tampilan muka, seperti yang diuraikan diatas. Ketiga tampilan muka bandara-bandara ini saling link (dengan pointer) baik digambar dan nama bandara nya sendiri. Agar memudahkan link, 3 (tiga) tampilan muka ini masing-masing berupa file excel tersendiri. Link ke worksheetnya berupa list di tampilkan muka dapat dibuat lebih mudah.

Yang perlu diperhatikan adalah peta-peta yang diperlukan dan sedikit pengetahuan berkaitan dengan posisi geografis provinsi, kabupaten dan kota-kota di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan penempatan pointer/simbol link di peta-peta.

Agar kelihatan lebih professional, perlu ditambahkan program first auto launcher. Program ini bertujuan jika data-data dalam format excel ini dibuka dengan CD, bisa langsung menampilkan tampilan depan muka judul.

Database bandara-bandara setiap provinsi di Indonesia:

Database Bandara-bandara per provinsi di Indonesia. Pada database ini ditampilkan seluruh kategori bandara-bandara di tiap Provinsi, meliputi: nama nama Bandara Domestik, Internasional dan Perintis di setiap provinsi beserta informasi berkaitan dengan posisi, panjang runway, kapasitas, foto-foto (atau gambar-gambar) Bandara, dll. Bandara-bandara perintis dan milik Pemda atau kontraktor swasta/asing dimasukkan ke file tampilan muka ini

Database bandara-bandara International di Indonesia:

Pada Tampilan muka dipresentasikan letak bandara-bandara Internasional di peta Indonesia beserta nama-nama Bandaranya.

 

 

Gambar peta diatas menunjukkan sebaran Bandara-bandara Internasional di Indonesia dan detail dari Bandara tersebut.

 Database Bandara Domestik Indonesia:

Catatan: Data diperoleh dari Bidang Dirgantara dan DepHub dan Google Earth.

 


Responses

  1. Yth. Pak Afriyanto,

    Saya sangat tertarik dengan data2 yang Anda jadikan contoh dalam artikel Anda. Yang ingin saya tanyakan, apakah Anda masih mempunyai data2 tersebut dalam bentuk soft copy? Saya telah mencoba mencari data2 tsb di website Dephub namun sepertinya website ybs sedang tidak dapat diakses minggu ini. Mohon kirimkan data2 di atas (denah bandara2 internasional dan domestik Indonesia, dsb) ke alamat email saya di atas. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

    Regards,

    talithafc

  2. Yth. Pak Afriyanto,

    Saya sangat tertarik dengan data2 yang Anda jadikan contoh dalam artikel Anda. Yang ingin saya tanyakan, apakah Anda masih mempunyai data2 tersebut dalam bentuk soft copy? Saya telah mencoba mencari data2 tsb di website Dephub namun sepertinya website ybs sedang tidak dapat diakses minggu ini. Mohon kirimkan data2, talithafc@gmail.com (denah bandara2 internasional dan domestik Indonesia, dsb) ke alamat email saya di atas. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

    Regards,

    talithafc

  3. Pak Talitha FC yth: Data-data yang bisa diperoleh dari Dephub pada dasarnya klasifikasi bandara dan berisi list Bandara Domestik, International dan Perintis dengan point koordinat sentral posisi Bandara. Untuk bandara-bandara Domestik dan Internasional di Indonesia informasi Bandara dan point koordinat sentral Bandara mudah di lacak di Google earth. Informasi berkaitan dengan bandara dan koordinat Bandara ini sangat penting terutama jika dikaitkan dengan keberadaan bandara-bandara Perintis jika kita travelling ke wilayah-wilayah Indonesia Timur yang notabene remotely area dan wide and wild area, seperti Kalimantan, Maluku, Irian Jaya Barat, Papua, dan pulau-pulau terluar dan terpencil, informasi ini sangat terasa berguna sekali. Thx.

  4. tks atas informasinya pak Afriyanto, jika tidak merepotkan Bapak, mungkin Bapak dpt mengirimkan gambar yang telah jadi ke email saya.

    sekali lagi tks.

  5. Dear Pak Afriyanto,
    waaaah bagus bgt databasenya….. saya sedang mengerjakan untuk hal yang serupa, namun ada kendala untuk link nya…. boleh tidak saya minta dikirimkan file tersebut sebagai acuan? mohon bantuannya yah… untuk mengirimkan file tersebut ke friesia.alfera@gmail.com

    thanks a lot!

  6. Pak Afriyanto Yth,

    Saya tertarik dengan data nama-nama Bandara yang ada di indonesia. Kalo tidak keberatan mohon informasinya untuk memperoleh data tersebut.
    Saya tunggu informasinya. Mohon di email ke email saya

    Salam,

    tunjung_artha@yahoo.com

  7. Saya lagi nyari data tentang klasifikasi bandara, boleh dong pak kirim datanya ke email saya. saya sedang perlu sekali….

    Trima kasih.

  8. P’Afriyanto,

    Menarik sekali tulisan anda, terlebih mengenai bandara-bandara yang ada di Indonesia.
    Tetapi setelah buka-buka website yang anda sebutkan tadi, ternyata data-data terlebih harus kita olah terlebih dahulu baru jadi data yang sebaik anda bikin atau emang ada url yang bisa anda berikan sehingga saya bisa download sendiri . Saya ingin melihat lebih lanjut mengenai bandara2 di Indonesia untuk menambah pengetahuan saya.
    Terima kasih dan salam kenal,

    marvin

  9. Selamat sore,

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk data diatas, jikalau diperkenankan bolehkah dikirimkan softcopynya ke email address saya : jksetia_one@yahoo.com
    Karena saat ini saya SANGAT membutuhkan data-data tersebut diatas.
    Atas perhatian serta bantuannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Salam Hangat & sukses selalu. Amen

  10. bolehkah saya meminta daftar nama bandara2 tersebut.. saya teramat sangat tertarik dengan hal seperti ini. bisa di emailkan saja ke blue_emerald252@yahoo.com bila anda berkenan

    terima kasih

  11. Selamat pagi Pak Afriyanto..
    sama seperti yang lain.. saya tertarik dengan data2 bandara di indonesia saat ini. dan jalur pergerakan penerbangan jika ada. mohon bantuannya untuk mengirimkan data2 melalui email saya.
    exelior_id@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya pak.
    Tuhan Berkati.

  12. Siang pak Afrianto..
    saya sangat tertarik dengan data2 bandara kebetulan saya sdg mendalami ilmu utk itu saya sangat btuh sekali kalo bisa kirim ke e-mail saya pak sweet_lupchu@yahoo.com
    segera ya pak
    mkasih….

  13. Bu Marisa, Data yang ada pada saya cuman posisi spasial-nya saja buk. Untuk lebih detail bisa dilihat di google earth atau data di dep. perhubungan, buk.

  14. Siang Pak Afrianto,

    Bolehkan saya memperoleh data posisi spasial bandara se Indonesia tersebut? Jika berkenan, mohon kiranya dikirim via email irasna@rumahteh.com

    Terimakasih.

  15. blhkah minta daftar nama bandara perintis/khusus di indonesia…..plisssss

  16. klu bisa tlg kirim ke emailq ya pak,,thanks

  17. Siang Pak Afrianto,

    Saya sangat tertarik sekali dengan data2 bandara Anda Pak, kalo Pak Afrianto tdk keberatan bisa kirim ke e-mail saya siviss_ad@yahoo.com.
    Makasih seblmnya Pak

  18. Yth. Pak Afriyanto,

    Saya sangat tertarik dengan data2 yang Anda jadikan contoh dalam artikel Anda. Yang ingin saya tanyakan, apakah Anda masih mempunyai data2 tersebut dalam bentuk soft copy? Saya kebetulan minggu depan selama satu bulan ada perjalanan keliling propinsi maluku, sulawesi dan irian. saya sedang browsing mencari data penerbangan perintis menuju wilayah terpencil. Mohon kirimkan data2, ibrahimrac@gmail.com (denah bandara2 internasional dan domestik Indonesia, dsb) ke alamat email saya di atas. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih.

  19. Dear pa Afrianto,

    Bolehkah bapak share excel file database bandaranya? mohon dikirimkan ke er_feb@yahoo.com

    Terima kasih sebelumnya.

    Rgrds,
    e

  20. DImana bisa didownload?
    Kalau berkenan mohon dikirim ke harpri[at]gmail[dot]com
    Terima kasih

  21. Selamat pagi Pak Afriyanto..
    sama seperti yang lain.. saya tertarik dengan data2 bandara di indonesia saat ini(domestik/imternasional). dan jalur pergerakan penerbangan jika ada. dan segala sesuatu yg menyangkut info penerbangan mohon bantuannya untuk mengirimkan data2 melalui email saya.
    hadipermana14@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya pak.

  22. Dear Pak. Afriyanto,

    Mohon bantuannya untuk dapat memberikan informasi mengenai daftar / data bandara2 yang terdapat di Indonesia terutama penerbangan perintis karena akan sangat membantu dalam pekerjaan kami sebagai assistance company. Mohon dapat mengirimkannya ke alamat email saya di: kanaya119@gmail.com

  23. Wow.. bisakah saya mendapatkan nama bandara2 di Indonesia tersebut? krn guna menunjang usaha sy. Mohon dapat mengirimkannya via email saya chynt_yd@yahoo.co.id. terimakasih


Leave a Reply

Categories

