Posted by: afriyanto | December 30, 2007

TANAH GENTING HALMAHERA

Tanah genting Halmahera merupakan daratan tersempit yang menghubungkan antara pantai barat dan timur Halmahera. Daratan tersempit Halmahera ini terletak tepat di tengah-tengah pulau Halmahera yang berbentuk huruf K dan secara administrasi berada di kecamatan Jailolo Timur dan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat. Lebar celah sempit ini dari ujung ke ujung diukur dengan citra satelit google earth lebih kurang 3,160 meter, menghubungkan antara teluk Kao (menuju lautan Pasifik) dan teluk Dodinga (laut Maluku).

Sebagai perbandingan Tanah-tanah genting yang ada di Indonesia, yaitu: (1.) Tanah genting Kepala Burung Papua, yang menghubungkan teluk Bintuni dan teluk Cenderawasih sepanjang, lk; 11,484 (sebelas ribu empat ratus delapan puluh empat) meter. (2.) Tanah genting Sulawesi Tengah, yang menghubungkan teluk Tomini dan selat Makassar, sepanjang lk: 17,782 (tujuh belas ribu tujuh ratus delapan puluh dua) meter. (3.) Tanah genting Benoa, Bali. Sepanjang 1,058 (seribu lima puluh delapan) meter. (4.) Tanah genting Ujung Kulon, Banten, sepanjang 1,303 (seribu tiga ratus tiga puluh tiga) meter. (Hasil pengukuran dilakukan dengan citra satelit google Earth, jadi baru berupa prediksi panjang on screen).

IF…

1. Seandainya ada kanal penghubung teluk Dodinga dan teluk Kao, mungkin jarak tempuh pelayaran kapal-kapal dari Ternate, Jailolo, Tidore, ke pantai Timur Halmahera, (Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Timur) akan relatif lebih singkat tanpa mesti menyisir pantai utara pulau Halmahera.

2. Kanal penghubung ini akan mengurangi resiko pelayaran jalur tradisional diatas, karena dengan kanal ini, jalur laut yang ditempuh hanya menyisir perairan dalam Halmahera dan tidak langsung berhadapan dengan laut lepas yang notabene ombaknya besar. Terutama kapal-kapal berukuran kecil-kecil.

3. Dengan adanya kanal, maka akan terbuka isolasi wilayah-wilayah pedalaman, karena rentang jarak dan waktu tempuh dengan pusat perekonomian, Ternate dan Tidore relatif singkat.

4. Membuka kesempatan lapangan pekerjaan baru di sektor transportasi air (sungai, danau dan laut) dan publik.

5. Sebagai contoh, terlepas dari kondisi topografi daerahnya yang relatif datar, pulau Siberut, kepulauan Mentawai, provinsi Sumatera Barat, mempunyai kanal buatan yang menghubungkan antara pantai Selatan pulau ini dengan pantai Timurnya. Kanal ini diprakarsai oleh seorang Pastor Italia bernama Mizzuno. Kanal ini merupakan kelanjutan sungai yang diperpanjang sampai ke pantai, dan hanya memperpendek jarak tempuh yang tidak terlalu lama antara pantai selatan ke timur pulau Siberut. Disamping itu kanal ini mengurangi alur yang mesti ditempuh yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia.

Catatan: Sub judul IF berarti seandainya.


Responses

  1. Saya sanagt setuju, jika dibuat kanal yang menghubungan teluk dodinga dengan teluk kao. Oleh karena itu Pemda Maluku Utara bisa mersepon ide ini, demi mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat Mauluku Utara, terutama bagi mereka yang tinggal di Halmahera Timur dan sekitarnya.

  2. Saya sangat setuju, jika dibuat kanal yang menghubungan teluk dodinga dengan teluk kao. Oleh karena itu Pemda Maluku Utara bisa mersepon ide ini, demi mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat Maluku Utara, terutama bagi mereka yang tinggal di Halmahera Timur dan sekitarnya. Masa panjangnya hanya 3160 meter saja tidak mampu?
    Sekali lagi saya sebagai salah seorang warga Halbar yang berdomisili di Garut sangat setuju./

  3. Terimakasih Pak. H.M Abduh, saya senang sekali atas komentar-komentar dari bapak. Yap, pembangunan sebuah sarana dan prasarana infrastruktur di sebuah wilayah/daerah pada dasarnya untuk peningkatan kesejahteraan wilayah sekitar tersebut dan wilayah lainnya yang ter-connected dengan pembangunan tsb. Sebuah rencana pembangunan haruslah digodok terlebih dahulu studi kelayakan-nya dan tingkat kemanfataannya dan skala prioritas pembangunan di sebuah daerah/wilayah. He he, Terimakasih pak..

    • Terima kasih juga, mudah-mudahan, ide bapak yang saya anggap sebagai ide yang cemerlang ini bisa didukung oleh Pemda Provinsi Maluku Utara.
      Terima kasih, syukur dofu-dofu foloi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: