Posted by: afriyanto | December 26, 2007

PASCA TSUNAMI

PASCA TSUNAMI 2004

Monumen” hilangnya garis pantai barat Nanggroe Aceh Darussalam pasca Tsunami 26 Desember 2004. Tampak di kejauhan sisa pondasi jembatan berada di tengah laut, yang semula berada di daratan. Garis-garis pantai Aceh telah banyak berubah dan bergeser jauh ke dalam daratan pasca Tsunami 2004. Di beberapa tempat di pantai Barat Aceh, misalnya di lepas pantai Calang; malah ada beberapa pulau yang hilang dan pulau yang terbelah menjadi dua.

Gelombang Tsunami 26 Desember 2004 tidak hanya menimbulkan korban jiwa yang meninggal dan hilang tak tentu jasadnya dalam jumlah yang sangat besar, diprediksi mencapai 200.000 (dua ratus ribu) jiwa, rusaknya prasarana dan sarana infrastruktur, tetapi juga merubah fisik daratan, biota serta struktur lautan yang hanya bisa terjadi oleh kejadian bencana yang maha dahsyat.

Para pakar Tata Ruang dan para Birokrat sampai membuat Cetak Biru masterplan Aceh Pasca Tsunami, mengingat dampak yang ditimbulkan Pasca Tsunami terhadap lingkungan dan masyarakat sangat lah super dahsat dan level emergency darurat. Meski realitasnya cetak biru Masterplan Aceh Pasca Tsunami tidak berjalan di lapangan, minimal kita menghargai usaha pemerintah dan pakar Tata Ruang dalam mengantisipasi dan mensikapi bencana yang terbesar sepanjang masa ini. Dan terakhir, semoga Insya Allah jasad para Syuhada korban Tsunami 2004 dterima Allah di surga. Dan yang ditinggalkan bisa merintis kehidupan baru seperti biasanya. Life must go on……… Amin ya Rabbal Alamin……..

Catatan: Ketidakefisiensian Cetak Biru di lapangan karena tidak mengambil manusia sebagai parameter dinamik terpenting dalam perancangan sebuah Masterplan. Dengan tidak sempurnanya kerangka referensi dasar yang disepakati bersama dalam pelaksanaan pembangunan kembali NAD, maka janganlah terlalu berharap banyak terhadap hasil-hasil dari yang telah, sedang dan akan dilaksanakan di Aceh sekarang. Gambar diambil pada bulan November 2006, di antara jalan Raya Calang-Banda Aceh dengan Kamera HP Sony Ericsson K600.


Responses

  1. keren….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: