Posted by: afriyanto | December 24, 2007

Cibubur Extended

BAKAL KOTA SATELIT LAPISAN KEDUA DKI: CIBUBUR (Extended)

Citra Satelit Cibubur Extended

Cibubur Extended merupakan kawasan yang dimulai dari sekitar pintu tol Cibubur terus melalui sepanjang jalan Alternatif Cibubur sampai menuju ke arah Cileungsi.

Cibubur pada awalnya hanya merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Pertumbuhan pusat-pusat bisnis yang pesat di kawasan ini (terutama di perbatasan DKI dan provinsi Jawa Barat) dan permukiman-permukiman baru berkelas, menyebabkan penamaan Cibubur melampui batas wilayah administratif resminya. Ditambah lagi dengan penamaan jalan raya Cibubur-Cileungsi dengan nama Jalan Alternatif Cibubur, membuat daerah-daerah di sekitar sepanjang jalan tersebut memilih nama Cibubur yang lebih prestisius sebagai trademark nama wilayah mereka. Walaupun secara administrasi pemerintahan wilayah-wilayah yang dilalui jalan Alternatif Cibubur itu masuk ke berbagai daerah administrasi pemerintahan. Seperti Kelurahan Harjamukti, Kec. Cimanggis Depok, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi dan Kec. Ciracas, Jakarta Timur.

Cibubur Jakarta Timur, Jakarta

Cibubur Depok

 

 

 

 

 

Cibubur Bekasi, The Gate: Infront of my residential

KOTA SATELIT LAPISAN KEDUA

Untuk menghindari keruwetan birokrasi pemerintahan, pengembangan bakal kota Satelit Cibubur sebaiknya di arahkan ke daerah-daerah sepanjang koridor jalan Alternatif Cibubur yang masuk ke dalam wilayah administrasi kabupaten Bogor. Kecamatan Cileungsi dan Gunung Puteri, kabupaten Bogor merupakan daerah terdekat dengan Cibubur dextended yang mungkin dikembangkan menjadi perpanjangan dari sentra Cibubur sekarang dan sebagai pusat pengembangan cikal bakal Kota Satelit lapisan kedua DKI, Kota Cibubur. Sebagaimana diketahui, kota satelit lapisan pertama yang membentuk sabuk mengelilingi Jakarta, yaitu; Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Tangerang, dan bakal Kota Tangerang Selatan.

Apalagi dengan adanya rencana pembangunan jalan tol Cinere-Cileungsi, Depok, sebagai bagian dari jalur lingkar luar DKI, yang pada saat ini pada tahap pembebasan lahan, kelak potensi kawasan Cibubur extended sebagai pusat kawasan bisnis baru di tenggara Jakarta tak dapat dielakkan lagi. Dan peningkatan status Cibubur extended dari kawasan milik bersama beberapa Pemda menjadi sebuah kota, sangatlah dinantikan oleh segenap lapisan masyarakat Cibubur (extended).

Dengan status kota yang bakal disandang Cibubur extended kelak, insya Allah, dalam skala kecil, kemacetan parah yang sering terjadi pada pagi hari dan sore hari pada hari-hari kerja di sepanjang jalan dari dan menuju tol Cibubur dapat teratasi.

Cibubur Extended meliputi beberapa wilayah di dua propinsi

Catatan: Citra Satelit Cibubur dari Google Earth


Responses

  1. Yap, sebagai warga Cibubur Jakarta Timur, saya mendukung dengan adanya wacana kota Cibubur sebagai buffer DKI Jakarta. Semoga kehadiran kota yang baru ini memiliki penataan kota yang lebih teratur dan terencana sehingga meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik.

  2. salam kenal, saya ivan

    tulisan yang menarik kawan. saya beserta teman sedang membuat riset kecil2an ttg Cibubur. dan kalau boleh kita mengutip beberapa hal/foto dari tulisan ini. kita ga lupa bakal kasi kredit/ referensi kalau mas yg nulis..

  3. Saya setuju dibentuknya Kawasan Cibubur sebagai Kota Satelit. Saya tinggal di Kawasan Cibubur Kecamatan Cileungsi. Dengan Kode Wilayah Telepon masih 021.

  4. Saya bantu sundul lagi.
    Artikel bagus. Saya sangat setuju dengan usulan Cibubur Extended. Berada di daerah irisan, wilayah ini rentan dilupakan oleh masing-masing Pemda. Akibatnya semrawut, kotor, dan macet luar biasa. Kalau perlu diusulkan saja pemekaran ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: