Posted by: afriyanto | December 18, 2007

BEDA INDIA DAN INDONESIA

Perbedaan besar antara Indonesia dan India dalam masalah teritorial adalah: India berhasil tetap mempertahankan beberapa wilayahnya yang bukan bekas koloni Inggris tetap bernaung dalam negara kesatuan Union of India, bahkan menambah areanya dengan memasukkan Sikkim ke dalam wilayah teritorialnya. Sementara Indonesia, dalam satu dasa warsa terakhir ini, telah kehilangan Timor Timur (eks koloni Portugal) atau Timor Leste, pulau Sipadan & pulau Ligitan (dokumen peta lama ke 2 pulau ini masuk kolonial Belanda). Ironis sekali….

Secara administrasi Pemerintahan, Union of India terdiri atas beberapa negara bagian dan daerah otonomy. India memiliki enam belas (16) bahasa resmi nasional yang diakui undang-undang. Dan bahasa resmi yang dipakai secara jamak di perkantoran dan di dunia perfilman India yakni bahasa Inggris dan Bahasa Hindi (Urdu, red).

Beberapa negara bagian di India yang bukan bekas jajahan Inggris;
1. State of Goa: Negara bagian India ini bekas koloni Portugis. Ibukota Negara bagian Goa; Panaji.

2. Puducherry (Pondicherry): Daerah Otonomi India ini letaknya secara geografis terpencar seperti enclave area di beberapa negara bagian di India Selatan. Pondicherry merupakan bekas koloni Perancis. Empat daerah enclave Pondicherry, yaitu: 1. Puducherry, 2. Karaikal, (terletak di Tamil Nadu State) 3. Yanam, (terletak di Andra Pradesh State) 4. Mahe (terletak di Kerala State).

Yanam enclave

Karaikal, Puducherry enclave

Mahe enclave

3. Sikkim: Sikkim merupakan bekas kerajaan dengan penduduk mayoritas beragama Buddha terletak di kaki Pegunungan Himalaya. Kemiskinan dan ketidakadaan sumber daya alam menyebabkan pemberontakan dalam kerajaan mini ini. Pasukan India memasuki negeri ini pada tahun 1975, dan sejak itu menjadi bagian teritorial India. Ibukota Sikkim; Gangtok.

Catatan:
1. Bahasa Hindi sebenarnya identik dengan bahasa Urdu. Bahasa Urdu kebanyakan dipakai oleh para moslem India dan memakai penulisan Arab. Bahasa urdu merupakan bahasa tingginya Hindi, karena dahulu banyak dipakai oleh bangsawan Muslim India dan para Khan, Raja-raja Moghul yang memerintah India. Bahasa urdu banyak dipakai dalam perfilman Bollywood India karena sastra bahasanya yang tinggi.
2. Penulis pernah berdiam di kaki pegunugan Himalaya India bagian utara, tepatnya di negara bagian Uttar pradesh yang sekarang dimekarkan menjadi Uttarachand.


Responses

  1. tinggal di India ya pak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: