Posted by: afriyanto | December 16, 2007

TATARUANG ACEH SINGKIL

MENATA KEMBALI KABUPATEN ACEH SINGKIL

Salah satu advise yang kita lakukan ke bidang Pekerjaan Umum Kabupaten pada saat bertugas di Aceh adalah pembuatan konsep dasar perencanaan tata ruang wilayah di Kabupaten Aceh Singkil. Sekilas nukilan tersebut. (underconstruction)

SEKILAS KABUPATEN ACEH SINGKIL

Kabupaten Aceh Singkil adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat daya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Indonesia. Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian besar wilayahnya berada di kawasan berawa-rawa dan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini secara fisik terdiri dari dua wilayah, yakni wilayah daratan dan wilayah kepulauan. Kepulauan yang menjadi bagian dari kabupaten Aceh Singkil adalah Kecamatan Kepulauan Banyak yang terletak di pantai barat kabupaten ini. Ibu kota kabupaten Aceh Singkil terletak di kecamatan Singkil dan aktifitas keseharian Pemda kabupaten dipusatkan di kawasan Pulau Sarok, Singkil.

Singkil berada di jalur barat pantai pulau Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh-Meulaboh-Tapaktuan-Medan dan dari Medan dapat dicapai dengan transportasi darat menuju ke arah barat selatan Sumatera Utara, Sibolga. Namun demikian ironisnya, jalur transportasi darat menuju kabupaten tidak dapat dilalui langsung ditempuh dari Banda Aceh melalui Meulaboh. Karna kondisi jalan darat pantai barat Aceh yang masih rusak parah dan belum baik. Pada umumnya untuk menuju kabupaten ini kita mesti melewati terlebih dahulu provinsi Sumatera Utara, kota Medan, lalu masuk kembali ke provinsi Aceh melewati perbatasan Aceh Sumut di kabupaten Phakpak Bharat. Sehingga perjalanan yang ditempuh dari Banda Aceh relatif lebih lama karena mesti memutar terlebih dahulu ke arah pantai timur Sumatera.

Kondisi jalan darat di perparah karena mesti melewati kawasan pegunungan Bukit Barisan sehingga perlu dilakukan banyak perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di sana sini. Perbaikan transportasi darat diharapkan agar keterisolasian wilayah ini dapat diatasi, terutama mempersingkat waktu tempuh kabupaten ini ke ibukota provinsi, Banda Aceh.

Disamping itu untuk trasportasi laut, diharapkan dalam waktu dekat Pelabuhan Singkil dapat dipergunakan sebagai pelabuhan transit untuk jalur barat Sumatera dan penyeberangan menuju ke pulau-pulau Banyak dan pulau Sinabang.

Transportasi udara terletak disebelah barat timur kecamatan Singkil dan tidak berfungsi sama sekali.

LUAS WILAYAH BERKURANG AKIBAT PEMEKARAN

Akibat pemekaran Kota Subulussalam pada tahun 2006 yang mengambil lima (5) kecamatan di kabupaten Aceh Singkil, luas wilayah kabupaten ini otomatis berkurang secara signifikan sekaligus mengurangi pendapat asli daerah. Kota Subulussalam yang pusat keramaiannya terletak di kecamatan Simpang Kanan merupakan kota transit yang cukup ramai di perbatasan Aceh Sumatera Utara.

 


Responses

  1. menarik. tapi apakah pemekaran ini berguna bagi masyarakat atau justru menguntungkan elit. by the way, semoga masyarakat singkil makin sejahtera.

  2. pemekaran sangat berguna bagi masyarakat, sebelum pemekaran dari aceh selatan sekolah adalah barang mewah di aceh singkil, untuk melanjutkan pendidikan ke sma kami harus ke sibolga dan medan atau ke tapaktuan. setelah pemekaran semua kecamatan telah tersentuh sma. Bravo pemekaran

  3. dengan adanya pemekaran dari kab aceh selatan menjadi kab aceh singkil pendidikan di singkil menjadi lebih maju, dimana warganya tidak akan lg buta hurup,terutama muda dan mudinya, dan terjanggkaunya fasilitas pendidikannya,,,,,,

    dengan adanya pemekaran mengurangi pengangguran, kesempatan kerja makin banyak, apalagi lulusan sarjana yang banyak dan berpotensi bisa membangun kab aceh singkil lebih maju lagi bukan karna faktor usia kab itu sendiri.

    ayoooo pemda singkil lihat pendidikan singkil udah layak belum jangan sampai warganya buta hurup..

    jaya selalu singkil

  4. masuk mods..humm,,ngeralat dikit nih..

    Subulussalam bukan berada di Kecamatan Simpang Kanan..tetapi di Kecamatan SImpang Kiri..Kecamatan Simpang Kanan ibukotanya Gunung Meriah..Namun,,yang lebih ramai dan terkenal adalah Rimo..

    sekian dan terima kasih..

  5. Saya rasa memang tata ruang dari Kabupaten Aceh Singkil sangat diperlukan mengigat sangat sembrawutnya daerah Aceh Singkil terutama Jalan menuju ibu kota kabupaten.
    Seharusnya jalan yang berada disekitaran daerah anak laut jangan dibangun lagi gedung-gedung karena sangat mengganggu pemandangan keindahan

    terutama yang paling saya tidak suka adalah pembangunan hotel anak laut yang posisinya tepat menutupi pemandangan, bupati selaku pemilik seharusnya memperhatikan hal ini….
    SAYA MENDUKUNG AGAR TATA RUANG ACEH SINGKIL DITINJAU KEMBALI.
    Putra daerah yang merasa terzhalimi dengan sikap para pemimpin yang ingin untung saja dari semua proyek-proyek yang ada.
    afar_usu@yahoo.co.id

  6. dear admin
    saya sangat snang bisa liat peta subulussalam. terlebih bagian tata ruang. kebetulan saya sekarang lagi menggeluti seputaran tata wilayah dan pemetaan. saya sudah ada peta sekolah di pemko, namun, banyak hal yang masih kurang, seperti pto sekolah dan lainnya. bagi para pengambil keputusan di kota subulussalam, saya sangat senang jika peta pendidikan ini bisa lebih kita tingkatkan, dan juga tidak menutup kemungkinan, kita jg bsa semacam hosting nantinya. dan walaupun tidak sama dengan webgis, namun ini sudah mendekati bentuk dan fungsinya. jika tertari, enda hub no ku. 0852 6077 6958
    by oedin

  7. aceh singkil merupakan kaya akan alamnya, terdiri dari bepuluh-puluh pulau yang mempunyai nilai saing yang sangat tinggi di provinsi lain. salah satu yang sangat menojon adlah pulau Banyak.

  8. petanya ada dalam bentuk non-JPG??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: