Posted by: afriyanto | December 11, 2007

Ngomong Ngalur Ngidul (SEA GAMES Topics)

IRONI SEBUAH BANGSA YANG (PERNAH) BESAR

PASCA SEA GAMES KE-24 2007 di Nakhon Ratchashima, Thailand, Presiden SBY mesti langsung melalukan evaluasi kilat terhadap prestasi atlit-atlit Indonesia yang sangat minim mendulang perolehan medali. Melihat dari kumlah perolehan medali (emas, perak, perunggu) sementara tertanggal 11 Desember 2007, astagfirullah… Indonesia berada di posisi ke 6 dari 10 negara peserta.

Langkah utama yang mesti dilakukan Pemerintah adalah:

NON AKTIFKAN SECEPATNYA MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA YANG SEKARANG

Parameter terukur menonaktifkan beliau adalah minimnya perolehan medali Indonesia di SEA GAMES ke 24 Tahun 2007 dan Peringkat Indonesia yang terpuruk di antara negara-negara peserta.

Sebagai bangsa yang pernah besar di Asia Tenggara, apalagi yang dapat kita banggakan sekarang? Di berbagai forum internasional, kita terkadang miris menyaksikan bangsa Indonesia jadi bulan-bulanan negara yang dulunya tidak ada apa-apanya, seperti Malaysia, Singapura. Ironisnya, kita tertinggal jauh dari negara Viet Nam yang sementara ini di posisi runner up SEA GAMES.

Viet Nam yang sebagaimana kita ketahui, negara ini baru relatif stabil dari perang saudara setelah tahun 1975. Dan dari fakta kewilayahan dan demografi, Indonesia menduduki peringkat 1 di Asia Tenggara. Kenapa kita tidak mengikuti jejak China? Negara yang berpenduduk terbesar di dunia ini, prestasinya sangat luar biasa seimbang dengan jumlah penduduknya. Dan China meguasai semua hajat hidup di pelbagai sektor, apalagi bidang OLAH RAGA. Atau kalau kita tidak terlalu malu, Viet Nam? He he… Hanya satu kata kelemahan dari bangsa kita, menurut orang asing, yaitu MANAGEMENT. Quo Vadis Olah Raga Indonesia??

HASIL SEA GAMES TERAKHIR:

1. INDONESIA Pada urutan ke 4 (empat), masih dibawah Thailand, Malaysia dan Vietnam, ………….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: