Posted by: afriyanto | September 24, 2010

Brunei Darussalam

Masuknya Brunei Darussalam ke daftar 5 besar negara-negara ber GNP per kapita tertinggi di Dunia per September 2010, terkadang membuat miris. Kenapa mesti miris? Negeri yang cuman sepenggal kecil  dan tidak lebih luas dari pulau Bali ini, yang terletak di Kalimantan Utara tersebut , tidak jauh beda dengan wilayah Indonesia lainnya  dan karakteristik wilayahnya temasuk sumber daya alam dan penduduknya, berhasil ber”optimalisasi” menjadi salah satu negeri yang terkaya dengan GNP per-kapita yang super wah di Dunia.

Sources: Internet

UU: Brunei Darussalam itu pada dasarnya merupakan 2 wilayah yang terpisah daratan Serawak Malaysia dan berbentuk kantung hurup UU. Lepas dari protektorat British, Brunei Darussalam bergabung dengan persekutuan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang saat itu beranggotakan 5 negara menjadi 6 negara. Negara  mungil yang mayoritas penduduk-nya ber-etnis Melayu dan beragama Islam ini merupakan penghasil minyak dan gas bumi yang cukup besar. Devisa yang sangat besar dihasilkan dari Migas ini dipergunakan untuk kemakmuran masyarakat Brunei sehingga banyak fasilitas umum yang digratiskan di negara tersebut, seperti; pendidikan, kesehatan, dll. Terlepas dari semua hal-hal yang baik tentang Brunei, hanya satu hal yang masih dirasakan kurang di Brunei, yaitu sistem Monarchi Kesultanan Absolut-nya yang sangat kental.

CREATIONS OF ANOTHER “BRUNEI” IN INDONESIA’S KALIMANTAN: Wilayah Kalimantan Indonesia yang mirip dengan Brunei cukuplah banyak diketemukan, terutama di bagian timur Kalimantan yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang kaya dan melimpah ruah.  Dimulai dari (1). Kotabaru dan (2). Tanjung di Kalimantan Selatan, terus ke utara (3). Balikpapan plus Pasir Penajam, (4). Kutai Pantai (Muara Badak, Muara Jawa, dll), (5). Bontang plus Sangatta, (6). Tarakan plus Bunyu di Kalimantan Timur. Yap, Eastern area of Borneo Indonesia is famous of his rich natural resources.

TRIGGER: Meskipun teori-teori pusat-pusat pertumbuhan (kutub-kutub pertumbuhan) sudah lama ditinggalkan dan dipertentangkan dengan alasan tidak meratanya penyebaran pembangunan dan banyak yang tidak berhasil ketika diterapkan di lapangan (red; Indonesia) (misal; kasus per-KAPET-an, dll), namun membangun dan memajukan sebuah wilayah yang relatif kecil dan penduduk yang terbatas dan didukung potensi sumber daya alam yang luar biasa dirasakan cukup efektif. Wilayah-wilayah ini dipacu pembangunannya dan dibiarkan berkembang pesat sehingga menjadi trigger bagi wilayah-wilayah disekitarnya dalam kemajuan ekonomi. Dengan dukungan sistem dan manajemen yang professional (tanpa korupsi pastinya), wilayah-wilayah yang karakteristiknya mirip Brunei di Kalimantan Indonesia itu dapat tumbuh pesat.

Toh..meskipun wilayah-wilayah tersebut hanyalah secakup area kecil bagai setitik  nila di daratan Kalimantan, jika terjadi dibanyak titik kemajuan, akan membentuk sebuah garis dan area yang cukup luas..(Basi.. he he)..


About these ads

Responses

  1. Harap baca sapai tuntas
    Dan resapi
    Mungkin anda tertawa membaca ini. Dan mungkin anda meremehkan opini sya. Tp ada baik nya, anda ingat, resapi dan khayati…
    Anda ingat
    Parapahlawan kita memerdeka kan kita dengan 1 tujuan.yaitu : MENSEJAH TERAHKAN HIDUP KITA.
    Tpi apa?. Apa kah kita sudah se sejah tera Impian pahlawan kita?
    Banyak ketidak adilan yng kita dapati dari negara kita
    Dan apa kita juga mengikuti jejak nenek moyang kita Ɣªⁿğ di jajah 3,5 abad + 3,5 tahun… ?
    Pembukaan UUD 45 “bhwa penjajahan di atas dunia harus di hapuskan, karna tidak sesuai dengan pri kemanusian dan keadilan …. DST”
    Tp apa?. Apa… Apakah penjajahan di atas bumi indo nesia sudah terhapus?
    Apa hidup kita sesuai dengan keadilan?..
    Jawaban nya BELUM.
    Penjajah di indonesia belum terhapus,siapa dia? Di lah pejabad negara,dia lh penjajah
    hidup kita tidak adil. Kita orng kecil selalu tersiksa oleh para petinggi negara. kita.
    Kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan kita.
    Kalau bukan di jajah, terus apa kata yang tepat untuk ketidak adilan di indonesia ini
    Percuma setiap hari senin dan 17 agustus, melakukan upacara bendera.. Melagukan lagu kebangsaan. mengibarkan bendera merah putih di setiap kntor dan rumah kita.. Begitu penghargaan kita ke negara dan bendera kita.
    Tp mengapa kita membiarkan segelintir orng merusak NKRI
    Siapa perusak NKRI kita?.. Koruptor.. Dy lah perusak NKRI, dy lah Ɣªⁿğ menyebabkan ada nya pemberontak di negara kita.. Sprti GAM, RMS, dan papua merdeka..
    Anda liaht reputasi negara kita di bangsa lain.. Sngat terlalu hina. Semuanya menyebut kita dengan NEGARA PEMBANTU.
    Negara kita mengirimkan pembantu (TKI) ke negara tetangga .
    dengan alasan(pemerintah) “minim nya lapangan kerja di negara kita”
    tp apa kah mereka membangun lapangan kerja semaximal mungkin di negara kita?.. Jwaban nya TENTU TIDAK.
    Kita berjuang welawan kehidupan sendiri sendiri.dan hak kita di ambil oleh nya

    Para TKI kita diperlakukan dengan tidak senonoh. Banyak para TKI yang teraniyaya. Tp apa? Mereka hanya melihat. Dan mereka hnya membntu SEDIKIT. Dengan perasan penjajah. Mereka menyebut nya dngan PAHLAWAN DEfISA.para TKI berjuang di negara lain, dan mereka hanya mengambil pajak nya. Utuk apa uang itu?.. Utuk mereka hamburkan bersama anak dan istri nya
    DASAR MANUSIA TAK PUNYA OTAK

    Kapan kita sadar, kalau kita ini di jajh?
    apa kah kita sama pemikiran nya dengan nenek moyang kita, Ɣªⁿğ di jajah 3,5 abad + dijah 3,5 tahun…
    Waktu itu sangat lama. Itu krna apa?.. Krna nenek moyang kita tak punya rasa MEMILIKI. Dy sibuk mengrus diri nya sendiri.dan baru merdeka setelah mereka merasa tertindas
    Bukan kah para pahlawan kita memerdekakan kita dngan harapan agar kita bebas meng expresikan diri.dan berpendidikan tinggi.
    Tapi mengapa kita berfikirin seperti nenek moyang kita terdahulu. Yang ngusrusi dri nya sendiri
    Sadar lah.kita ini D JAJAH.tp bukan oleh bangsa lain. Tp oleh pemerintah kita
    Banyak yang mereka lakukan untuk menindas kita
    Bangun lah rasa MEMILIKI di diri anda

    PAJAK
    Mereka memaksa kita untuk membyar pajak. Dengan alasan untuk membangun srana umum.(Jalan, rumah skit sekolh dll)
    Tp bukti nya apa?
    Jalan Ɣªⁿğ mereka buat dengan pengerjan asal-asalan saja. Ɣªⁿğ tahan 3 bualan/ kurang.. Dan berlobang bergelombang. Akhirnya. Kita Ɣªⁿğ sering celaka.dan banyak saudara kita yang meninggal krna kecelakan
    Sekolah Ɣªⁿğ mereka bangun dengan dana yang sekian ratus juta.bukti nya apa?… Dalam wktu yang pendek sekolah yang bru mereka bangun pada rusak
    Rumah sakit yang mereka bangun pun begitu juga
    Banyak sarana umum yang tidak mereka bangun
    Dengan alasan DANA yng kurang.
    Sebenar nya bukan dana yang kurang, tp mereka korupsi dana pembangunan kita. Harus kah kita membayar pajak. Toh hasil nya seperti itu?
    Banyak penghasil pajak di indonesia ini.
    Dari mobil dan kendaraan lain nya. Pajak tanah anda. Dan pajak PERTMBANGAN serta pajak penghasilan anda.
    Tp utuk apa uang pajak itu. Hanya 10% Ɣªⁿğ kita nikmati. Al hasil.. Sarana umum seperti yang kita lihat sekaran

    MINYAK BUMI
    Kita harus membeli mahal minyak ut kendaraan kita.sedangkan kita memiliki bumi yang menghasil kan minyak. Tp apa? Mereka jual kenegara asing semua ladang minyak kita.
    Dan kita membeli dengan harga mahal.
    Bukan nya kita tak mampu mengolh SDA kita sendiri. Tp kita tak diberikan kesempatan oleh pemerintah kita untuk mengexploitasi SDA. Agar apa?.. Agar pemerintah kita itu bisa mengambil uang nya dan dy lenyapkan.
    Perlu anda ketahui, ada 176 pertambangan minyak di bumi kita. Tapi hanya 35 tambang minyak yang di kelolah pertamina. Dan 141 di kuasai pihak asing.
    Minyak Ɣªⁿğ di kelolah pertamina hanya meng hasilkan minyak mentah. pertamina menjual minyak mentah ke perusahan asing di indonesia.dengan alasan ” kita belum bisa mengelolah minyak sendiri”.
    Dan akhir nya. Kita harus membli mahal. semua harga barang melambung naik karna minyak mahal .
    Bukan nya kita tidak bisa mengelolah minyak kita. Tapi pejabad kita melarang kita untuk pintar.
    Bukti nya banyak orng pintar kita bekerja di luar negri
    Perlu juga anda ketahui diret pertamina menerima suap dari perusahan asing. Agar pertamina hanya sedikit menyedot minyak bumi, dan pertamina terus menjual minyak mentah k pihak asing.
    Dan kita harus membeli minyak mahal. sedangkan minyak itu adalh hasil dari bumi pertiwi kita.
    Anda perlu bukti. Perhatikan saja berapa harga minyak?
    Sering nya kelangkahan minyak di tempat kita
    Mahal nya harga barang di pasaran akibat minyak naik..
    Pemerintah berkilah ” harga minyak dunia naik. Dan negara tidak mampu mensubsidinya.serta pertambahan kendaraan meningkat tiap tahun nya”
    Tapi, jika kita sendiri yang mengolah nya. Mungkin harga minyak dan kelangkahan minyak akan terkendali.
    Apa beda nya kita dengan orang2 luar negri itu?..
    Dia punya otak. Kita juga punya. Dia punya UANG kita juga punya. Apa yang kurang?.
    Seorang anak manusia baru lahir kebumi. Apakah dy langsung bisa berjaln, bisa bicara… Tentu tidak. Ibu nya menyusui nya, membesarkan nya, mengajar anak nya berjalan.. Mengajar anak nya berbicara.
    Begitu juga kita. Kita bisa mengelolah SDA karna ada nya seorng pengayom(pengajar/ pembina).
    Tp nyatanya tidak. Secara tak langsung pejbad kita melarang kita untuk itu. Kita
    di batasi utk mengelolah SDA kita. siapa yang membatasi?
    Dy lah PEJABAD( penjajah)
    Kalau bukan di larang. Mengapa sampai saat ini kita masih bergantung ke pihak asing. Bukan kah kita ini orng yang berpendidikan. Bukan kah kita orang indonesia asli.
    Perhatikan banyak pertambangan yang di kuasai pihak asing.
    Orang bisa masuk kerumah kita. Karana ada orng dalam rumah kita yang membukakan pintu
    Nah begitu juga dengan pihak asing. Mereka bisa masuk kenegara kita, karna ada orng lokal yang memberi izin mereka masuk.mereka (pihak asing) bukan lah penjajah. Mereka mengelolah SDA kita dan mengambil ke untungan. Dan ke untungan itu di bagi 2. Untuk pihak asing dan untuk kita. Nah untuk kita mana?. Mereka korupsi pemaksukan negara kita.
    Jadi penjah itu siapa? . Dia lah koruptor
    Dan bnyak lagi hasil bumi kita yang di kuras utuk keuntungan para pejabad negara

    LOWONGAN KERJA
    Anda yang di kuliah kan oleh orng tua anda. Ɣªⁿğ mengecap pendidikan perguruan tinggi dan memiliki IP tinggi. Serta mempunyai skil Ɣªⁿğ tinggi.. Tp apa? Bnyak Ɣªⁿğ bergelar sarjan yang menjadi pengangguran..
    Itu krna apa?. Karna anda tidak dapat MENYOGOK.
    Ingat indonesia ini TIDAK BUTUH ORANG PINTAR.PEJABAD NEGAR BUTUH yang TUKANG SOGOK agar mereka bisa membiayai kehidupan nya
    Ini bukan sekedar hasutan semata, ini bukan fitnah semata, tapi ini bukti lapangan.

    PUPUK
    Pupuk Ɣªⁿğ seharus kita beli murah karna telah di subsidi. Tp dengan terpaksa kita beli mahal. Perlu anda ketahui pupuk bersubsidi.yang seharus nya milik rakyat sepenuh nya.mereka korupsi.mereka cairakan pupuk k masyrakat sebagian kecil nya.dan selebih nya Mereka jual ke orng Ɣªⁿğ mebutuhkan.. Hingga apa?. Hingga hasil tani dan perkebunan harus di jual mahal. Akhir nya.. Orng Ɣªⁿğ lebih melarat dari kita, dy tak bisa membeli beras dengan kwalitas baik.. Bahkan ada Ɣªⁿğ hanya memakan nasi SISA…

    PENDIDIKAN
    Banyak orng di indonesia yang tidak mengenyam pendidikan. karna mereka tidak mampu utuk membayar SPP. Bukan kah pendidikan itu hak setiap warga negara.
    Tp bukti nya apa.. Masih bnyak yang tidak bersekolah.
    Jangan kan untuk sekolah. Utuk makan nya saja sudah susah. Krna kemiskinan.
    Pejabad berusaha memberantasi kemiskinan. Tp bukti nya mereka hnya mengambil hak2 orng miskin. Mereka korupsi sekian meliyar rupiah..
    Anda ingin men jadi apa? Polisi. Tentara, PNS/ guru.. Apakah anda punya uang untuk menyogok para atasan anda untuk meloloskan diri anda k jenjang karir yang anda inginkan?
    Memang ada Ɣªⁿğ lulus tes scara murni. Tp itu hnya sebagian kecil. Selebih nya lulus dengan sogokan.
    Akibad nya banyak banyak instalasi negara kita yang jalan di tempat. Yang memikirkan perut nya sendiri.contoh:polisi Ɣªⁿğ kerja nya memeras para pelanggar hukum. Setelah mereka mendaptkan uang dari pelanggar hukum. Lalu mereka biarkan…
    Anda perlu contoh..
    Pengen dara bersepeda motor yang tidak punya helem.” Anda mau di tilang di sini / di kantor?.. Kalu di kantor anda kena 500000.kalau disini hanya 150000″
    Uanga yang seharus nya masuk ke kas negara rp500000. Jadi hilang. Asal anda ketahui uang Ɣªⁿğ 150000 tadi masuk kedalam saku nya.
    Itu krna apa. Karna dy lulus kerena di sogok. Oto matis dy harus mengmbalikan uang yang di keluarkan untuk menyogok
    NEGARA INI NEGARA UANG BUKAN NEGARA HUKUM. Anda punya uang. Anda benar, anda lolos, anda memiliki kesempatan.
    Jika anda tak punya uang… Anda tetap salah. Anda harus di hukum..
    Ini bukan hnya cuma fitnah semata. Tp ini FAKTA YANG REALITAS.DAN BUKTI YANG NYATA

    Mereka(pejabad) berusaha memberantasi korupsi.mereka mendirikan 1 gagasan yaitu KPK.. Tp setelah KPK berhasil membekuk para koruptor, jaksa dan instalsi yang mengadili para koruptor, hanya memberikan hukuman yang sangat ringan.
    Memiskin kan para koruptor dan memenjarkan kurng lebih hanya 5 tahun penjara
    Sedangkan kita yang rakyat kecil. Maling hanya sedikit. Bisa2 di hukum seumur hidup.. Itu karna apa?. Krna kita tak bisa menyogok para instalsi yang mengadili kita
    Dngan hukuman yang sangat ringan ke para koruptor. Apa kah itu bisa membuat jerah para koruptor?
    Karna apa? Karna instalsi yang mengadili juga di sogok oleh para koruptor
    Anda harus tahu. Dengan tidak ada nya kurptor(penjajah) di indonesia ini. Hidup kita akan jadi mudah.. Ekonomi kita jadi maju.
    Anda lihat. Papua(irian jaya)
    Mereka hidup ketr belakangan
    Hampir kesuluruhan orng papua tidak mencicipi k nikmat hidup
    Pdahal mereka hidup di tanah Ɣªⁿğ paling kaya
    Mereka memiliki emas. Tp apa?
    Mereka di jajah pemerintah kita
    Semua hak nya d ambil oleh pemrintah kita
    Apakh mereka (orang papua)bukan manusia
    Dan kini mereka ingin memisahkan diri dari NKRI. itu adalah hal yang sangat wajar. Karna mereka sudah terpuruk jauh lebih dalam
    Banyak gerakan merdeka lain nya di bumi pertiwi kita. Itu semua karna ketertindasan mereka oleh pejabad negara
    Apa anda tega melihat saudara kita teraniyaya. Mereka di gempur habis habisan , layak nya seorang teroris.
    Mereka itu( pemberontak) bukan lah seorang teroris. Mereka hanya berjuang untuk mendapatkan hak nya.
    Sudah waktu nya kita bngkit dan bngun.
    Sadar lah saudara ku. Kita ini Di JAJAH

    Anda pasti ber anggapan ” akhhhhhhhh.. Politik. Urus saja diri sendiri. Politik itu hal yang tidak penting” tapi apakah anda sardar betapa sulit nya hidup kita. Anak yang anda sekolahkan tinggi2 toh akhir nya jdi pengagguran.. Krna apa?. Krna anda tidak bisa menyogok para penjahjah.. Anak anda ingin jadi polisi. Tp anda tidak bisa menyogok. Akhir nya anak anda jadi pengangguran.
    Ada yang lulus tes murni. Tpi itu hnya sebagian kecil.
    Banyak yang kerja di instalasi negara kita Ɣªⁿğ hasil dari sogokan. Akhir nya negara kita seperti ini.kacau.
    minim nya pendidikan yang kita alami, membuat kita semakin terlena dan terbuay oleh janji manis sang penjajah
    Anda ingat sejarah belanda dan jepang menjajah kita. Mereka melarang kita utuk mengenyam pendidikan. Krna mereka takut, seandai nya kita pintar, posisi mereka di negara kita akan terancam
    Begitu juga sekarang. Penjajah(pejabad) melarang kita untuk berpendidikan tinggi. Tapi mereka mengucapkan secara tak langsung. Dengan korupsi yang berjamaah, mereka telah menindas perekonomian kita. Dan menciptakan kemiskinan. Krna kita semakin miskin, mengakibatkan pendidikan semakin mahal.

    Dari sekian banyak pejabad kita , hanya 5%pejabad yang berpihak ke rakyat kecil.
    Akan kah pejabad yang 5 % dari 95% bisa memulihkan kehidupan kita.
    Akan kah dia bisa mengeluarkan hak hak kita
    Saudara ku. Mari kita bantu mereka yang berjuang untuk kita.

    Anda lihat negara lain. Mereka sudah maju.mereka sudah meproduksi barang untuk diri nya dan untuk negara lain.
    Mainan yang harga nya rp5000 itu Madein china. Sedangkan kita apa?
    Mereka bisa maju. Karena mereka ingin maju. Mereka memikirkan masa depan mereka. Mereka mendesak pemerintah nya untuk menuntun mereka agar lebih maju…
    Nah kalau kita apa?.. Kita hanya memikirkan diri sendiri. Tmpa kita sadri kita sudah di jajah..
    Kita bangga memakai produk lurnegri. Tnpa kita sadari. Kita sudah di bodohi. Kita hnya memikirkan cara membeli nya. Tak pernah memikirkan cara membuat nya..
    Apa beda nya kita dengan orng asing. Kita punya otak dy juga punya… Tp mereka punya smangat untuk maju dan pemerintah yang menyokong kemajuan nya.. Sedangkan kita apa?….
    Anda perhatikan. Malaysay merdeka tgl 31 agustus 1957. Sedangkan kita 14 agustus 1945. Berarti mlaysyah bru berusia 55 tahun.. Sedangkan indonesia, sudah 67 tahun.. Tapi mereka(malaisyah) lebih maju dari kita. Karna rakyat malaisyah punya keinginan untuk maju.dan memiliki pemimpin yang abdi masyarakat,
    Sedangkan kita apa?. Kita hanya sibuk urus diri sendiri. Dan membiarkan penjajah berada di indonesia kita. Penjajah itu, bukan orng asing. Tapi PEJABAD NEGARA.
    Terlalu banyak orng bodoh yang jadi pemimpin di negara kita. Hingga reputasi kita dimata dunia jatuh. Korupsi berjamah.

    Anda lihat, berapa uang yang mereka pakai untuk kampanye, berapa uang yang mereka keluarkan untuk membeli suara (dalam pemilu) yang mereka pakai. Bukan hanya sedikit yang mereka keluarkan. Bahkan smpai miliyaran rupiah.. Dari mana uang itu?… DarI NEGARA.
    Jika mereka terpilih menjadi pejabad di indonesia ini. Maka uang yang mereka keluarkan untuk kampanye, akan mereka kembalikan. Bukan hanya dari gaji mereka. Tapi dari uang RAKYAt.

    Kini lah saat nya. Kita memikirkan kemajuan kita. Kita memikrkan masadepan kita.
    Seandainya negara kita bebas dari korupsi, maka hidup kita akan makmur… Pupuk untuk tanaman anda di dpati dengan harga murah. Minyak untuk kendaraan anda di dapati dengan harga murah.
    PNS Ɣªⁿğ kerja di isntalasi negar kita adalah orang2 pintar. Pejabad Ɣªⁿğ memimpin negar kita adalh orng pintar. Dan akhirnya kita akan maju. Dari bimbingan mereka..
    Saya yakin ada orang Ɣªⁿğ menentang ini. Tapi sebelum anda menetang, anda harus melihat kebawah. Krna yang di bawah akan bisa memantulkan diri anda keatas. Mksud nya, coba anda perhatikan orng Ɣªⁿğ lebih pedih ekonominya dari anda..
    Percuma anda kuliah tinggi kalau hanya memikirkan diri sendiri.dan tidak punya rasa memilik dan kebersamaan serta rasa ingin maju
    Percuma anda mempunyai ekonomi kuat kalau hany mementingkan diri sednri
    Percuma kita berkoar2 melagukan indonesia raya. Tapi kita membiarkan para penjajah
    Percuma kita menghormati bendera kita, tapi kita membiarkan para penjajah
    Ayooo bangkit kan semangat juang mu, tumpas semua penjajah di indenesia ini Mari kita selamatkan indonesia kita dari penjajah(pejabad). Kita harus mengecam pemrintah kita untuk menegakan HUKUMAN MATI/ HUKUMAN YANG MEnCACATKAN DIRI UNTUK PARA KopRUPTOR.karna koruptor pantas untuk itu.
    Dia penjajah, dy lah teroris, dy lah pembunuh anak bangsa yag hidup dan akan lahir kelak
    Jika koruptor di hukum mati / di hukum potong tangan/ hukukman yang mencacatkan diri nya. Pasti tidak akan ada koruptor Ɣªⁿğ tumbuh.

    Minyak bumi adalah hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan.. Minyak murah, maka kebutuhan hidup juga akan semakin murah

    Banyak hal yang hrus kita sadari.saya harap kita bersatu ut MEREVOLUSI indonesia kita. Jangan biarkan penjajh hidup di indonesia kita.
    Kita harus meneruskan perjuangan pahlawan kita. Bngkit kan semangat anda…
    Jangan cuma bicara di belakang
    Jangan cuma mengupat dirumah anda krna berita yang isi nya koruPtor
    Keluarkan suara anda..
    Bangun lah rasa nasionalisme anda.. Jangan memikirkan diri sendiri.
    Kecam permerintah kita untuk menuruti kemauan kita.
    Lakukan lah revolusi bersama untuk indonesia kita..
    Bangkit lah, bangun lah dan sadar lah..
    Berani berkoar untuk itu…
    Kita punya kaki untuk berjalan… Kita punya mulut untuk bicara. Kita punya tangan untuk mengobarkan semangat kita…
    Hayo bnkit lah… Hayo pikirkan masa depan kita dan negara kita
    Naikan reputasi negara kita di mata dunia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: