Posted by: afriyanto | July 16, 2009

Langkat

Perjalanan menuju kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dari Banda Aceh merupakan pengalaman yang melelahkan tapi mengasikkan. Dengan menggunakan transportasi Bus, waktu yang ditempuh lebih kurang sepuluh jam dan biasanya perjalanan yang nyaman dilakukan pada saat malam hari dan tiba ditempat tujuan (Langkat) pada saat menjelang subuh. Jika diteruskan ke Medan, perjalanan ditambah 2 jam lagi dan ditempuh selama 11 sd 12 jam dari Banda. Setibanya di Medan pada saat subuh, ngaso dan ngafe sebentar di warung kopi Aceh (alamaak…), Jalan Gatot Subroto, sebelum persiapan menuju bandara Polonia, lalu take off ke Jakarta dan on air selama 2 jam. Pukul 9 atau 10 pagi sudah landing di Cengkareng dan pukul 13.00 sudah bisa menikmati makan siang di Cibubur. He he.. sekelumit agenda pejalanan dari Banda Aceh Jakarta via Medan in rush hour flight.

LANGKAT: Sejak maraknya aura pemekaran kabupaten/kota di Sumut, kabupaten Langkat merupakan kabupaten tersisa yang belum tersentuh dan menjadi salah satu kabupaten dengan luasan areal yang terbesar di Sumatera Utara. Langkat merupakan kabupaten yang potensi ekonomi-nya cukup tinggi dan posisinya strategis. Pada masa jaya-nya, Langkat merupakan daerah produksi dan penghasil migas terbesar di Sumut. Instalasi per-migas-an dapat disaksikan di wilayah ini yang juga mencakup sebagian wilayah NAD.

Kawasan Teluk Aru Langkat

Kawasan Teluk Aru Langkat

LANGKAT ARU: Wilayah Langkat yang berbatasan dengan NAD dikenal dengan kawasan Teluk Aru. Di kawasan ini terdapat 6 (enam) kecamatan dengan akses wilayah pantai yang cukup besar. Wilayah ini berbatasan dengan Aceh Tamiang di bagian Utara.

STRATEGI PENGEMBANGAN WILAYAH LANGKAT TELUK ARU: Menurut tipologi wilayah, kawasan Teluk Aru Langkat dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu; wilayah Hulu, Tengah, dan Kawasan Pantai dan orde kota secara fungsional adalah P. Berandan (orde 1) dan kota P. Susu, Besitang, Gebang (orde 2). Kawasan Hulu; Mayoritas merupakan bagian dari kawasan konservasi Gunung Leuser dan pertanian. Kawasan Tengah; merupakan kawasan tradisional wilayah ini sebagai tempat pusat segala aktivitas perekonomian wilayah, yang memanjang sepanjang jalan lintas Sumatera Medan Banda Aceh dari Gebang sd Besitang di perbatasan NAD. Kawasan Pantai; merupakan kawasan tepi laut dengan kondisi fungsi lahan mayoritas rawa-rawa dan sawah (pertanian darat) dan sentra pelabuhan laut (P. Susu) dan beberapa pelabuhan dalam (sungai).

POTENSI EKONOMI DAN WILAYAH: Meskipun sektor perminyakan mulai menurun di wilayah ini, potensi perkebunan/kehutanan dan hasil laut dapat dikembangkan di Langkat. Ketersedian lahan yang masih luas dan subur, serta sarana prasarana infrastruktur yang lumayan bagus bekas milik Pertamina merupakan faktor internal penunjang potensi pengembangan wilayah dan merupakan “nilai lebih” kawasan. Ditambah faktor eksternal yang dominan mempengaruhi wilayah ini adalah kedekatannya dengan kota Medan sebagai sentra ekonomi terbesar di Sumatera dan berbatasan dengan NAD serta sebagai wilayah transit yang dilalui oleh Jalan Raya Nasional dan rencana pengaktifan kembali old-wells.

SEANDAINYA (SEBUAH SAMPLE KECIL): Jika seandainya, pada langkah awal, para pebisnis di Medan ato lainnya meluangkan waktu dengan memindahkan aktivitas golf-nya ke wilayah Langkat Aru yang jarak tempuhnya cuman 1.5 jam, pada waktu weekend. Di kawasan Langkat Aru tersedia fasilitas lapangan golf yang track-field nya sangat bagus dan berbukit-bukit yang berpotensi dikembangkan sebagai resort wisata. Meskipun sekelumit dan scope kecil, namun terjadi akselerasi momentum perkembangan ekonomi kawasan/wilayah. Nah, untuk kearah ini diperlukan semacam penggerak serta partisipasi, terutama masyarakat setempat, baik dilevel birokrasi maupun pengusaha…apa cuman mimpi ya..? He he…daripada dijadikan tempat Pangkalan Militer Ala Subic Philiphines, yang berkembang bukan ekonomi masyarakat-nya malah prostitusi area-nya..becanda…

Lapangan Golf

Lap. Golf Tangkahan Lagan, Aru Langkat (Google)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: