Posted by: afriyanto | December 8, 2007

PERKOTAAN; Sofifi

SOFIFI, IBUKOTA DALAM KOTA

Sofifi merupakan ibukota resmi provinsi Maluku Utara. Namun aktifitas keseharian pemerintahan provinsi masih terpusat di ibukota lama Maluku Utara, Ternate. Secara administrasi pemerintahan, Sofifi sendiri merupakan ibukota Kecamatan Oba Utara, bagian dari Kota Tidore Kepulauan. Maluku Utara merupakan satu-satunya provinsi Indonesia yang ibukotanya terletak di sebuah Kota, tetapi tidak mengambil nama kota tersebut sebagai ibukota provinsinya.

Rencana penetapan dan pemindahan ibukota provinsi Maluku Utara ke Sofifi dianggap sebuah perencanaan wilayah yang wajar. Disamping untuk memperluas jangkauan pembangunan, memperpendek rentang pembangunan dan memeratakan program/hasil pembangunan, juga pemindahan pusat pemerintahan daerah ini bermaksud memfungsikan kembali pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesar dan kaya akan potensi alam dan mineral di provinsi ini sebagai sentral pembangunan dan pusat keramaian baru. Ketersediaan lahan yang masih luas, serta posisi Sofifi yang tepat berada di tengah pulau Halmahera merupakan daya tarik kuat sebagai tempat untuk menyebarkan dan melaksanakan program-program pembangunan ke seluruh kabupaten/kota di Maluku Utara.

Untuk membuat fungsi kota Sofifi sebagai ibukota provinsi berjalan, mungkin diperlukan waktu yang cukup lama. Sarana dan prasarana infrastruktur merupakan syarat mutlak agar ibukota yang baru ini berfungsi. Memindahkan aktivitas setingkat provinsi dari kota Ternate ke kota ini bukanlah hal yang mudah. Pola masyarakat kita yang terbiasa akan pusat keramaian dan lengkapnya fasilitas sebuah perkotaan merupakan parameter yang mesti diantisipasi oleh Pemda Maluku Utara agar fungsi ibukota baru ini dapat berjalan.

Karena ibukota lama, Ternate dengan Sofifi terpisahkan oleh laut, maka prioritas utama adalah membangun prasarana dermaga kapal di Sofifi serta ketersediaan transportasi laut yang memadai dari dan menuju ke dua kota itu. Juga hal yang terpenting adalah sarana pendidikan. Para komuter yang biasanya pulang pergi dari ibukota lama dengan berbagai alasan, maka dengan tersedianya sarana sekolah yang bagus dan berkualitas buat keluarga mereka, mungkin secara bertahap akan mengubah pola aktifitas hidup mereka dengan menetap di ibukota baru tersebut. Membuat sebuah universitas yang bagus serta lengkap merupakan langkah awal yang bagus untuk kemajuan kota ini kelak.

Disamping itu terlepas dari semuanya, ada hal yang paling penting untuk memajukan kota baru ini adalah kerelaan dari para aparat Pemda terutama di level tertinggi untuk berdiam dan beraktivitas di tempatnya bertugas minimal selama pada hari hari kerja. Dengan demikian, aktifitas roda pemerintahan daerah dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Tanpa kesadaran seperti ini, semua sarana dan prasarana yang telah dan akan dibangun tidak akan sia-sia atau mubazir. Selamat bertugas di Sofifi pak Gubernur baru……..

About these ads

Responses

  1. terima kasih pak atas info nya,karena suami saya sedang ada proyek disana,di gedung gubernur itu.untuk membangun instalasi hydran.Doakan kerjaannya cepat selesai dan kembali lagi ke yogyakarta.

  2. Terimakasih ibu novie atas responsnya. Saya juga blom tahu apa pusat pemerintahan baru, Sofifi sudah berjalan ato blom. Semoga semakin cepat berfungsi semakin cepat percepatan pembangunan di daratan Halmahera. Teriring salam buat Pak Haji Tayyib. Met bertugas, pak..Kampung-nya sudah dikunjungi, Guraichi..he he..

  3. Sebagai Informasi,
    Pemerintah Daerah sudah melakukan pemindahan aktivitas ke Sofifi (Sejak 4 Januari 2010), Saya sebagai Aparatur Pemda Malut, mau tidak mau harus taat kebijakan pemda. Meskipun masih banyak kendalanya. Tapi saya yakin dgn Firman Allah SWT FAINNA MA AL YUSRI YUSRAN, INNA MA AL YUSRI YUSARAN Bahwa Setiap Kesulitan Pasti ada Kemudahan, Dan sesungguhnya Setiap kesulitan pasti ada Kemudahan. Semoga Maluku Utara Maju. Mandiri dan Damai. Amin

  4. That good view, i love Ternate and all of North Maluku Province……

  5. Dengan hormat,

    Sehubungan sejalan dengan pesatnya teknologi informasi yang ada di dunia ini, pengguna internet pun terus berkembang sejalan dengan waktu dan teknologi, sehingga akses internet semakin mudah didapat meski di daerah yang belum terjangkau dengan fasilitas internet, serta kemudahan pemakaian, yaitu menggunakan Teknologi Satelit, atau lebih dikenal sebagai VSAT (Very Small Aperture Terminal) baik menggunakan frekuensi C-Band untuk akses internet. Kini akses internet melalui satelit telah menjadi salah satu solusi kepada setiap Pengguna berskala Kecil dan Menengah,

     ISP (Internet Service Provider)
     Lembaga Pendidikan
     Warung Internet
     Perusahaan
     Pemerintahan
     Institusi lainnya.

    Kami dari Mediadatasolution yang bergerak di bidang telekomunikasi dan teknologi ingin menawarkan koneksi Internet via VSAT satelit dengan menggunakan frekuensi C-Band untuk meningkatkan kemajuan dan kualitas dalam mencari ilmu pengetahuan dari seluruh penjuru dunia.
    Layanan Satelit
    Layanan Mediadata menggunakan satelit Apstar Hongkong yang dioperasikan oleh APT Satellite Corporation (Hong Kong). APT merupakan perusahaan satelit di Asia yang meng-operasi-kan Satelit Apstar, berada di posisi orbit 134O Bujur Timur RF Input Frequency [GHz] 3.816950, LNB Frequency [GHz] 5.150. Layanan yang diberikan oleh Mediadata menggunakan frekwensi standar c-band yang yang tahan terhadap gangguan cuaca apapun.
    Mediadata juga menggunakan satelite Asiasat Hongkong berada di posisi orbit 122.2O E , BUC LO Freq 4900 MHz , LNB Input Freq 3.4GHz ~ 4.2GHz Cakupan layanan kami seluruh wilayah Indonesia dan asia .

    Harga bandwidth asiasat Hongkong

    satelit asiasat Hongkong Cband

    Uplink downlink Harga
    128 kbps 512kbps Rp 6,500,000
    256 kbps 1024kbps Rp 10,500,000
    512 kbps 2048Kbps Rp 19,500,000
    512kbps 4096kbps US$ Call
    64kbps 256kbps Rp 4,500,000

    Rincian pembayaran sebagai berikut

    1,Pembayaran full payment untuk antena vsat dan biaya pengiriman perangkat kelokasi.
    2,Membayar deposit 1 x dari kapasitas bandwith yang di ambil
    3,Biaya aktivasi ( Rp 1,500,000,- )
    4,Biaya transportasi dan akomodasi Teknisi lokasi
    5,Biaya instalasi perangkat Vsat Rp: FREE
    6,Minimal kontrak 12 bulan

    Bila sudah ada perangkat antena dan sudah ter instlasi ke sateit asiasat hongkong dr sisi provider tinggal mengaktivasi macc address dr Hub

    Bukit barisan 34 Malang Jawa Timur
    Mobile Support :(+62 ) 819 3779 6226
    Email : info@mediadatasolution.net
    Website : http://www.mediadatasolution.net
    YM: suman_antena@rocketmail.com

  6. Saya mendukung pemindahan ibu kota maluku utara ke sofifi melihat peluang kedepan sebuah ibu kota provinsi menjadi maju selain posisi yg strategis juga wilayah yg cukup luas. sehingga perkembangan ekonomi akan cepat berkembang yg akhirnya mobiltas penduduk juga meningkat yg akhirnya kembali pada kesejahteraan masyarakat. memeng benar untuk mewujudkan itu semua tidak mudah, mungkin salah satu solusi bisa dengan menggait universitas khairun salah satu universitas negeri prov. malut. mungkin dengan membuka kampus baru di Sofifi, khususnya dengan memberi prioritas utama pada Fakultas Teknik untuk berkembang di Sofifi. kerjasama ataupun merjen (merger) dengan perusahaan swasta lokal atau asing. karena kalau di paksakan ibu kota prov. di Ternate peluang untuk berkembang dalam sarana dan perasana sangat sulut, meskipun Ternate sudah ramai dan pesat. Hal ini dikarenakan Ternate hanya sebuah pulau kecil dengan historis nya yg besar, sangat sayang sekali jika kearifan lokal itu hilang hanya untuk pengembangan kota.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: