Posted by: afriyanto | November 27, 2007

Wamena, Mutiara di pedalaman pegunungan tengah Papua

Wamena merupakan satu-satunya kota terbesar yang terletak di pedalaman pegunungan tengah Papua. Anda jangan terkejut jika mengetahui arti kata Wamena. Wamena berasal dari bahasa Dani yang terdiri dari dua kata Wa dan Mena, yang berarti Babi Jinak. Yap, foto atau gambar seorang wanita yang lagi menyusui seekor babi merupakan cenderamata khas kota ini.

Berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Papua, seperti Timika, Jayapura, Sorong,  Manokwari, Merauke, dll. Wamena merupakan surga dan mutiara yang belum banyak tersentuh di pedalaman pegunungan tengah Papua. Kota yang terletak di lembah Baliem dan dialiri oleh sungai Baliem serta diapit oleh pegunungan Jayawijaya di selatannya memiliki ketinggian rata-rata sekitar 1600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, kota Wamena masih memiliki udara yang segar dan jauh dari polusi udara seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Sebagaimana hal nya kebanyakan kota-kota/distrik-distrik di pedalaman Papua, kota ini berkembang sesuai dengan pola perkembangan keramaian di sekitar bandara udara.

Kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara ini sangatlah indah dan masih asri alamnya. Terutama pada musim penyelenggaraan pesta budaya Papua, yang diselenggarakan di distrik Kurulu, kota ini dibanjiri oleh para wisatawan baik lokal dan mancanegara.

Puncak Sudirman, di Selatan Kota Wamena

Pieta (Virgin Mary) in The Peak

About these ads

Responses

  1. ya…wamena memang sangat indah, saya sudah 5 kali ke wamena. yang paling berkesan pada saat mengunjungi perkampungan wamena di bawah gunung susu…mereka hidup “sangat rukun” dengan para binatang dan sungai yang mengalir di sekitar perkampungan juga masih bersih..
    yang paling membuat ingin selalu kembali kesana ialah indahnya pemandangan dengan berbagai macam flora….

    • sory y pembuat blogger ini…kata wamena itu artix bukanwa dan mena…tetapi wam dan ena..artinya babi piara…kamu sdh brp lama sih di wmx smpe ksh salah arti bgt…seharusnya malu dong

      • tenang pace.. manusia itu tempatnya salah

      • bacot lo semua, biarin aja sih

  2. Saya tinggal 3 tahun di Wamena, sekarang saya menetap di Jakarta. Wamena is Beautiful Town. jangan bilang pernah ke Papua tapi ga nginjakin kaki ke WAMENA. jadi pengen pulang ni……

    • ajak2 dunk kalo pulang ke wamena….hehe…

    • mohon alamat fb dong.. saya mau tanya tanya tentang wamena

  3. wamena is the amazing town, daerh_na msh se9er. so pzt len bgt am d’surabaya. kota mutiara yang blon p’nh t’senth tgn2 jail

  4. Wamena merupakan planned city. Seperti kota-kota dan pemukiman lainnya di pedalaman Papua, Wamena berkembang dari zona sekitar bandara. Jalannya yang teratur dan udaranya yang masih terbebas dari polusi, membuat kota ini sangat tepat untuk dijadikan model kota yang masih fresh air.

  5. Aku lahir n dibesarkan di wamena sampai kelas 3 sd… sekarang lagi kuliah di bandung… ya… wamena is a wonderful small town… sejuk, nature n keren lahh…

    • Aku senang sekali kalau mendengar anak muda mencintai tanah tumpah darahnya…..
      Aku jadi kangen sama Bung Karno ( Presiden Pertama Indonesia)yang telah memprolamirkan Republik Indonesia.
      Beliau bercita-cita Indonesia yang bersatu dari kota Sabang di Sumatra Utara samapi ke Merauke di Irian. Dengan berbagai macam suku yang hidup rukun bergotong toyong menuju Indonesia Raya…..
      Aku ikut berdoa, semoga anda bisa menjadi bagian dari generasi muda yang bersemangat memperjuangkan Indonesia Raya yang BEBAS DARI KECULASAN PARA KORUPTOR.

  6. aku sudah 3 kali kewamena udara dan keramahan penduduknya membuat aku ingin sering kewamena, aku punya orang tua angkat asli orang wamena, mereka tinggal di perkampungan yang masih kumuh tepatnya di kurulu, aku senang berada di antara mereka, mereka menyayangi aku seperti anak sendiri, wow wamena aku selalu merindukanmu……..!!!!!!!

  7. saya terdampar di wamena karena harus ngejalanin tugas negara sampe sekarang. awalnya sich sempat shock coz beda banget sama keadan di tempat asal saya (jakarta). ternyata pas udah dijalanin, wamena selalu bikin kangen kalo kita ada di luar wamena.

  8. saya baru 3 bln ikut tugas suami di wamena,saya sangat takjub dengan keindahan alamnya,tapi sempat shock juga,karena tinggal di depan polres,masy yg mau nyelesaian masalah klu dtg satu kampung,sambil bawa alat perang dan dengan teriakan perang khas mereka,tapi lama2 biasa juga,tapi disini semuanya muahaaal……

  9. saya lahir n besar di wamena,sekalipun aq bukan asli sana tapi saya selalu menganggab wamena sebagai kampung halamanq.

  10. kotaku…. udah lama ngak ke sana…hehe
    dingiiiinnnn sejuk… yah… wamena adalah kota yang sangat indah…
    selama 16 tahun tinggal di sana, kota wamena seakan-akan telah menjadi kampung halaman…hhihi
    maju teruuuusss kota wamena….

  11. Saya baru saja dari Wamena, beberapa saat sebelum kenaikan BBM tetapi sudah ada ribut2nya. Dengan kalem temanku yang sudah lama dinas di Wamena bilang “orang Jawa ini ribut-ribut BBM mau naik, lha kita-kita di Wamena bensin seliter Rp 18.000,- biasa-biasa saja”. Emang benar, selain bensin, semen 1 zak harganya Rp 400.000 rupiah, serba mahal karena semuanya diangkut pakai pesawat.

  12. wahai…..wamena kota leluhur”q, aku bangga dan mencintaimu sekalipun dunia memendang kota yang penuh dgn budaya dan masih terisolasi,seandainya tuhan masih memberi hikmat suatu saat akan kuberi yang terbaik tuk’mu.

    • Aku yakin Tuhan akan mendengarkan suara hatimu, belajar lah pintar-pintar, bangunlah negerimu, majukan saudara-saudaramu…. mari kita bersatu dalam Indonesia Raya…Mari kita berperang melawan KORUPSI…orang-orang culas yang mau menjual negeri ini….
      Majulah anak muda harapan bangsa…

  13. Sy bru dngr crita2 aja kl Wamena TOP bngt deh alamnya….Pngn deh bs ksna coz InsyaAllah kl rncana lancar Sy mo nikah n ikut suami tugas ke Wamena Papua.

  14. wamenaku tercinta… t4 lahir, t4 bsar, t4q dptkan cinta sejati…
    kangn bnget deh,,, wlopun skrng v3 lg di makassar tpi wamena always in my heart, makasih uda buat profil wamena,,
    oh iya,,, bagi tmn2 yg pengen liat n bergabung ma tmn2 wmx lainx,, buka aza di situs baliem valley… ditunggu y,,, ^_^

  15. Oke, udah jelas semuanya ni. Q lahir di wamena, cz ortu pndhsekolah ke irian. memang cool and fresher nature of indonesia. N jgn lupa Qt2 slain suka juga ikut ngrawat jgn sampe tercemar alamny yang kaya peg alpen itu… smoga suatu saat kmbali nengok sna lg, amiin!

  16. diz place I grow up,
    miss that place

  17. Wamena…. “WonderfulLand”
    I love U
    cool,natural n’ green city..
    Wamena is AmazingGrace..
    Thankz GOD for Wamena

  18. aku dilahirkan di wamena oktober 1992, tempat tinggalku dulu di perumahan SD Inpres Sogokmo, sekarang aku tinggal di jawa, ingin rasanya aku melihat kembali keindahan lembah baliem wamena.

  19. pokonya…sa cinta wamena skali…trada yang dapat mengalahkan sa pu cinta sama kota wamena…sa lahir, sekolah SD, trus setengah dari sa pu SMP di sana juga. coba kalo wamena tra rusuh2 terus…
    AYO!torang sama2 jaga wamena…:)

  20. trima kasih….WAMENA telah memberikan kenangan terindah….maju terus PERSIWA….maju terus WAMENA dgn PAK JHON BANUA…….WAMENA dan PERSIWA adalah satu bagian yang tak bisa dipisahkan………………..BRAVO PERSIWA di SUPER LIGA……..

  21. woi…..
    wamena seh….
    pa kbr ka???
    mang ko sudah trada yang laen ya…
    walaupun dong bilang Wamena tu kampung, tapi, bagi sa tu Wamena seperti surga sudah….
    Io Wamena sa bilang ko tunggu saja sudah…
    Besok kalo sa su plang baru sa akan pegang ko erat2 supaya orang lain jang ambil ko….

  22. trima kasih….WAMENA telah memberikan kenangan terindah….maju terus PERSIWA….maju terus WAMENA dgn PAK JHON BANUA…….WAMENA dan PERSIWA adalah satu bagian yang tak bisa dipisahkan………………..BRAVO PERSIWA di SUPER LIGA……..ainx anak asli wamena,,,,,,,,,,,,yg slalu dkuung persiwaku…………………….maju trus,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,kami kan slalu dibelakangmu………hidup perwa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,elege wamena meke nen,,,,,,,,maikel oagay,,,,,,,,,,,pikhe meke,,,,,,,,,,,,,,,,,bandung welagi tiooo nayaklak – laukinyak iluk igioooooooooooooooooooo

  23. hai wamenaqu tersayang,,,,,,,, besok tanggal 17 maikel kan pulang,,,,,,,,,keprutmu,,,,,,saya berjanji untuk mau menghidupkan u lagi,,,,,,,,lebih hidup,,,,,,,,,,i misssssssssss to wamenaqu yg slslu…………..

  24. haiii kmBLike z Lg z Lhr di jeRman dan besar di wamEna……….
    U know whaT wnx iz a ParaDize/////(^_~)

  25. EH….WAMENA NAYAK, WAMENA LAUK KAMI DARI FAKFAK SELALU MONITOR PERKEMBANGAN KOTA WAMENA KARENA KOTA WAMENA BAGAIKAN PUJAAN YANG SELALU DI KENANG SELAKU ANAK ASLI WAMENA

    BUNGA PLASTIK, KEINDAHAN HONAI, LEBIH KHUSUS ADAT SELALU DIKENANG

    BUPATI TERPILIH SELAMAT BERKARYA DEMI WAMENA TERCINTA ( BAPAK JOHN WETIPO DAN BAPAK JOHN BANUA )

    SALAM KOMPAK PAUL MONENG & JEFRY YELIPELE FAKFAK KOTA PALA

  26. Ku dilahirkan di wamena 18 tahun yang lalu…..suka dan dukaku semuanya kurasakan di kota dingin wamena. Walau kini ku sedang menempuh study di ibu kota tanah air tercinta………….namun di lubuk hati yg terdalam, selalu terukir Wamena, kota ku dilahirkan dan di besarkan.
    Wamena…..tien pasti kembali untukmu…….!

    Salam Chayank…Tien Alomau….Jakarta.

  27. nama sy baktiar. sy jdi kgn sm wamena, sy lahir dsna di sinapuk. sy dlu sd di impresmulele smpai kls 5 sd. skrng sy dilampung, sy pindh krna rusuh thn 2000. sdh 9 thn sy tglkn wmena, umur sy skrng 19 thn. sy kangen bgt sm tman2 masa kecil sy dsna, paris,afrianto,ayu,sances,ika. bwt yg namana ika kenal g sm sy? klo knal brati km trmasuk teman masa kecil sy. bwt tman2 yg merasa punya tmn msa kecil di sinapuk brnma baktiar tlpn 085769970526 081977960056

  28. sy lahr di wamena tingl dsna smpi kls 5 sd di impres mulule, sy pind krna rusuh thn 2000. skrng umur sy 19thn, sy kgn bgt sm tmn2 masa kcil sy disna, ika,ayu,afrianto.paris,lasma,nova,sances dll, bwt tman2 yg merasa punya tmn msa kecil di wamena tptnya di sinapuk yg brnma bachtiar hub 081977960056 085769970526

  29. hai..wamena nayak, kami dari slaku anak asli wamena, slalu monitor para pemimpin masyarakat (dani), kabupaten jayawijaya dalam melaksanakan pembangunan kota wamena, agar ke depan ada perubahan dari ke 2 pemimpin baru ( BAPAK JOHN WETIPO, DAN BAPAK JOHN BANUA). smoga k 2 pemimpin kita yang baru ini bisa membangun kota wamena . ae…. wamena nayak, hat dapt slam dr anak2 baliem,,,, yogotak hubuluk motok hanorogon:

  30. WAMENA SE…
    sa rindu betul….
    kapan lagi biza kesana e,,,
    wamena saj,,, trada yang blok…

  31. wamena,,,,,,,,,,,,,,
    aduh jadi kangen banget nih……
    aku dulu lahir di wmn sekolah di tk dian aksari,sd inp kulitarek,smpn 2 wamena…..
    rindu banget balik k wmn tp takut kene kerusuhan lagi….
    bwt tetangga ku ayu,ika,k ronald, k leri,janter,k lasma,janter,toba,purba,devi,lani,dll
    miss u all my friends……….
    lisa arisoi,grace,novelinda saldi,ruth,dalfizar,rato wijaya,and all……………….

  32. Hidup PERSIWA

    Saya juga orang yang besar di WMX,
    ada tidak yang alumni SMP Negeri 2 Wamena tahun 1988, atau SMA Negeri Wamena tahun 1991 coba hubungi saya
    Rahman
    ammanguncen@yahoo.com

  33. Wam-enaq sayang, hanya kau yang selau ad di Netaiken. anak2 mu yg perna di rahimmu selalu merindukanmu, mohon wam-enaq jagan pergi. sy disini hanya untukmu.
    tunggu sy pulang.
    Jojon Nayaklak Tolong Jaga wam-ena hanorogo, jgn sampe org kasi rusak kita pu lemba agung. kami percaya kam dua bisa jg, skrg hit pu giliran utuk jaga, selamat bekerja nayaklak….
    Womsil Boy ( wouma silobigi )

  34. Z pengen skali ke wamena. Z pu teman2 blg wamena tu bagus tp z takut kanibal ya… ada kanibal Zeth yang makan orang. hehehe… ah Z tipu sj. wamena bagus kok! orangnya ramah-ramah, apalagi klo ada acara barapen (bakar batu) wah jd pengen nih…

  35. an edo nen ytuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  36. edyson oagay,,,,,,,ITOG putra

  37. yups…
    jujur aku pgn balik lagi kesana…
    bener-bener luar biasa,,,
    bayangin aja aku menempuh perjalanan yg sangat jauh sekali…dari aceh ke papua…tepatnya ke wamena…
    pengalaman yg luar biasa terutama waktu ke daerah kerulu
    dan yg paling berasa bgt waktu naik pesawat trigana,,,busyettt gila bgt goyangannya,,,

  38. wamena sala satu daerah di pegunugan tengah yang terletak di Balliem valley, sangat indah udara dan polusi maka bagi siapa yang belum pernah ke wamena brarti belum menikmati hidup, makanya selagi ada kesempatan aoyo jalan yo

  39. wa sipa bilang wamena tempax indah, rasah ku sudah lama di jakarta 17 thn namun tempat tgl lahirku di wamen yaitu di kec MAKKI di kelilingi oleh gunung2 dan hutang2 indah pemandangannya di makki tempatx kesukaan orang buleh, segar udara air orangnya baik2 semnua ko

  40. wa sipa bilang wamena tempax indah, rasah ku sudah lama di jakarta 17 thn namun tempat tgl lahirku di wamen yaitu di kec MAKKI di kelilingi oleh gunung2 dan hutang2 indah pemandangannya di makki tempatx kesukaan orang buleh, segar udara air orangnya baik2 semua ko……………..

  41. wamena… wamena kota kecil yang selalu dirindukan. siapapun yang pernah datang ke kota ini akan selalu ingin dan ingin lagi kembali kesana.

    alumni sma negeri 1 wamena angkatan 1996 kapan donk reunian???? katanya taun 2000 mau kumpul? sekarang sudah 2009 lo?????????

    • wamena trada yang blok, sa rindu sekali ingin kembali..semoga wmena tetap asri..jaya selalu “Cho-C” (choteka city), dulu saya tinggal di sinagma…
      maju terus untuk smp n 2 & sma negeri wmx tercinta, yogotak hubuluk motok hanorogo

      salam kangen tuk alumni smp n 2 lulusan 1993 n sma negeri lulusan 1996

  42. aku baru saja baca mengenai WAMENA…

    sebuah buku karangan pendatang..

    bukunya menarik..

    judulnya SULI..

    pasti semua orang tahu apa itu SULI….

    bagi yang pengen kenalan silakan kunjungi Email aku..

    makasih..

  43. aku baru saja baca mengenai WAMENA…

    sebuah buku karangan pendatang..

    bukunya menarik..

    judulnya SULI..

    pasti semua orang tahu apa itu SULI….

    bagi yang pengen kenalan silakan kunjungi Email aku..

    makasih..

  44. WAMENA an MEKE

  45. wamena memang tra kosong pace,makax
    walaupun skarang sa kuliah di malang tp sa
    tinggal ingat wamena pu hipere bakar trus.he.he.he.he^_^
    .
    i miss u wamena & i’ll be back for you…….

    salam knal buat tmn2 smua……..

    YOGOOOO WAH WAH WAH WAH…….^_^

    Oktofianus Kulalein

  46. haiiiiiiiii ,,,,,,,,,,,,wamenaqu tersayang,,,,,,,,,,maikel sangat merindukanmu,,,,,,,,,,,,,
    i miss u wamena & i’ll be back for you…….

    salam knal buat tmn2 smua…………..

    hub: 081334222227
    maikek_root@yahoo.co.id

  47. wamena…….memang t4 paling indah……
    jang blg su ke papua kalo blm ke Wamena…..

    Mizz u wamena…….

  48. Semoga suatu saat aku bisa k wamena:-)

  49. wamena dn gunung-gunungnya adalah alpen di tandusnya tanah asmat, yang walau kemrau tetap mengucurkan mata air, aromanya menarik tiap yang berhidung….
    Dan biru langit penuh awan cerah mendaki gunung , sampai terjuntai kakinya yang putih
    Sayang, tak banyak saudara kita yang mengerti betapa beningnya rumah salmon dan ladang ilalang, mungkin hanya itu di indonesia.
    sebagai anak papua, q ingin bilang, bahwa kita semua bersaudara, tak peduli kau d sumatra, tidur di bone, atau sekadar cari udang di yogya…
    dan saudara takkan rela sesamanya hidup lapar di atas tanah subur miliknya sendiri
    Kagumi, dan LINDUNGI

    • Stuju…! kita semua bersaudara. Aq ingin lihat Papua dari dekat.

  50. wamenaku q lahir di wamena n di besarkan mpe SD kelas 6 q hrus pindah ke jawa ke rumh kampung ornag tuaku tapi.. meski skarang q dah kuliah aku gak pernah melupakan wamena … kota tercinta kota kebanggaanku……… suatu saat nanti aku ingin kembali ke sana ………….. oh…….. WAMENAKU…… he he he tetap semngat…

    • Halo Tyas…..anda generasi muda yang betul-betul cinta pada tanah kelahiran anda…..Saya doakan anda bisa menerapkan ilmu anda nanti di Wamena . Ayo kita majukan Indonesia dengan penuh rasa cinta…

  51. Wamena adalah kota di lembah pengunungan tengah yang sangat indah, sejuk kotanya, indah pemandangannya dan ramah masyarakatnya…
    walaupun baru 4 bln aq tinggal di wamena…, memang indah..

  52. aku adalah putra wamena asli, lahir di kampung ibeleh. aku putuskan tuk keluar dari wamena nsejak lulus SD pada tahun 2002, slama ini aku rindu sapu kampung halaman dan wamena tentunya, stiap kali aku dengar tentang wamena saya menangis piluh. satu hal yang ku ingin persembahkan buat wamena sbagai ungkapan cintaku adalah membangunya dengan semua potensi yang wamena punya.
    saya sekarang kuliah di UNEJ di jember jawa timur, stelah slesai beta pulang untuk membangun wamena… salam buat putra/putri KOTEKA

    • Aku hormat kepada anda……Semoga cita-cita anda mendapat bimbingan Tuhan yang Maha Pengasih…..
      Wujudkan pengabdian anda untuk Nusa Dan Bangsa dalam karya nyata nanti…
      Amin…

  53. i love you full….
    thanks for wonderland,,, wamena is a beautifull city…

  54. ih……..,, asyix kale yaw bulan madu disana..

  55. kapan ya aku bisa ke papua…? khususnya ke Wamena. Dari dulu selalu ingin ke Papua, tp blm ada kesempatan dan ………….., ada yg mau bantu ga?

  56. wamena………
    t4 penuh kenangan…..
    t4 pertama mengenal persahabatan….
    teman2 ku di SD imprs kulitarek
    dian, grace, novel, sonya, sarce, wiji, dll…….
    kalian adalah sahabat sejati…..slm syng untk kam semua……
    wamena adalah kota yg penuh kenangan untk kt semua

  57. buat teman ku dian, skrg ko ada di mn?????
    sa skrg ada di bdg…..

  58. wamena……….
    1986 aku kesana,alam yang asri sejuk dan indah….
    1988 aku seleseikan smpku ( smpn 2 ) disana dengan guru yg super kejam menurutku,karena selama aku sekolah baru di wamena lah aku dipukul oleh yang namanya guru…..
    juga ketika aku melihat bagaiman guru itu menghukum teman-temanku……..
    sma ku di sma negeri wamena hanya kulalui 6 bulan saja ( waktu itu kepala sekolahnya pak Hattu ) selanjutnya ak pindah ke jawa……
    wamena……
    di sanalah cintaku tak sampai…..
    karena kekagumanku terhadap gadis itu tak pernah kuungkapkan….tapi tak mengapa…..
    amang……
    kaukah sinak cerdas itu…
    selamat ya… kau telah menjadi seorang dosen
    baktikan ilmumu tuk putera-puteri papua…….
    didik mereka tuk membangun negerinya…..
    salam tuk teman-temanku….( sulaiman siregar,ortiz,wiklif,fritz,wempi wetipo,nikolas,isye tambayong,agustina,dll aku lupa pokoknya ex smpn 2 88 )

  59. WAMENA……
    lUV….luvvv
    KANGEN
    INdahnya masa kecilku…

  60. wamena i miss u…

    baru 2 bulan di jogja,saya sudah kangen sekali dengan wamena.Tempat saya di besarkan walu lahir di abepura_jayapura tapi wamena penuh dengan kenangan..trada yang lain sudah hanya wamena…

    teman2kuh kalian dimana ??? kita reuni yuk (yang tamatan SD.YPPK.St.YUSUF,SMP.St.THOMAS, dan SMA YPPK.St.THOMAS )

    • iya dhin untk yang tamt dri smp sT tH0mAs kpn ReuniAn ya,,,,kaNgen sma smuanya……

    • IYO SA JUGA ANAK SMA ST.THOMAS…MARI SDH TORANG SEMUA REUNIAN….

  61. ditahun 97 – 2001 sering ke wamena sampe soba beberapa hari jalan kaki, cuman mo kasih resep makanan yg paling sederhana ke mama2, en kenalkan air bersih. Bila kita telusuri sampe masuk jantung pegunungan jayawijaya, kita harus bersyukur mempunyai negeri yang cantik, lembah baliem bagaikan grand canyonnya amerika, sedangkan danau habema menyimpan suasana mistik yg mengasyikan dg pemandangan peg. trikora. Wamena merupakan gerbang awal perjalanan,menuju daerah pedalaman yg akan menimbulkan rasa cinta akan tanah kita…dan disana kita punya saudara yg perlu diperhatikan…..

  62. wamena tempat lahirku, tempat aku di besarkan. walaupu sekarang sudah pindah ke sorong tapi wamena still in my mind forever…..

  63. Iya…aku lihat fotonya saja sudah kagum….Alangkah indahnya aslinya ya….
    Ternyata Indonesia benar-benar kaya raya….
    Alangkah sayangnya kalau kita selalu bertengkar…
    Yang wajib jadi musuh kita hanyalah para koruptor….
    Karena dialah …..nanti Indonesia bisa gulung tikar…atau dijajah oleh bangsa lain dalam bentuk yang baru….
    Bagaimana pendapat anda…???

  64. WAMENA adalah tmpt kelahiranku.
    tak akan kulupakan…………….!!!!
    WAMENA slalu di Hatiku…..!!!

    “I Lv U WAMENA……!!!”

    Wamena Is the Beautifull City

  65. Wamena Is the Beautifull City

    WAMENA adalah tmpt kelahiranku.
    tak akan kulupakan…………….!!!!
    WAMENA slalu di Hatiku…..!!!

    “I Lv U WAMENA……!!!”
    Mizzz U……….!!!

    Jika tmn2 pngen tau mengenai wamena bisa hub q d bwh sini.

    My Phone Nmbr: 081240283253/081240181498
    Email: uagaogia@yahoo.com

  66. Aku sering rindu juga melihat WEB kamu, foto-foto nya mempesona

  67. He he.. Thx pak De Guh, sering mampir yah..kalo bisa tolong informasikan saran2 yang membangun buat blog ini dan konten-nya.. He he.. Salam kenal Pak De.. Afriyanto.

  68. Andai aku masih muda…..aku ingin ke pulau indah ini

  69. wamena kota kelahiran aku, aku senag bisa lihat perkembangan kota aku tercinta…….

    ILOVE WAMENA
    JANGAN PERNAH MALU JADI ORANG WAMENA KARENA KITA PUNYA KEMAMPUAN DAN KELEBIHAN MELEBIHI ORANG LAIN.
    BAGI SEMUA ORANG WAMENA YANG MERANTAU AYO SEMANGAT!!! AGAR KELAK KITA BISA BANGUN DAERAH KITA DENGAN BAIK

  70. BUKTIKAN KITA BISA “-”

  71. hay teman q nak wamena yang sekarang d ponorogo ……………….. ku sekolah d sdmt ….pa kabar semua ……!!!!!!!!!!!!!

  72. Wamena yang pangaruh ka? tarada yang laen. Kalo tra sampe wamena belum sampae Papua TOOOO…..
    Wamena selau terbuka menerima siapa saja yang mau datang ke wamena…..

    Wamena tak akaaan ku lupakan mu….
    tima kasi wamena…tempat lahir besarqu…alias LABEWA…..wamena di hatiku…

  73. wamena boleh………!!!

  74. NAYUG EEEE…..
    wamena seh….
    pa kbr ka???
    mang ko sudah trada yang laen ya…
    walaupun dong bilang Wamena tu kampung, tapi, bagi sa tu Wamena seperti surga sudah….
    Io Wamena sa bilang ko tunggu saja sudah…
    Besok kalo sa su plang baru sa akan pegang ko erat2 supaya orang lain jang ambil ko…. br kmi dua ke yahukimo..

  75. yuuupp wamena like a paradise and beautiful land.salam hangat buat sahabat yang ada di jl yos sudarso terutama sekitar kodim 1702……buat pak’de ashari,ulum,arif,irianti,dian and ayu,fantrie and family,gufron,dani.dirgan and sister………..where are you now?????????natural’cold and nice place in baliem valley.makasieh tas kebaikannya.

  76. eeeehhh gak lupa buat hendra and gufron yang selalu ngikut2 walau sering dapet marah dari emaknya…..semoga ja kalian jadi orang berguna yang bisa bikin wamena tetep cool and cold.sa hanya ingat kitorang selalu tertawa and happynest.

  77. sejarah terindah pertama kali yang terdajadi di kurulu pada tahun 60 an mulai dari goa maria dll.

  78. Wamena tempat yang paling indah dan alami…..jadi ingin ke wamena lagi…. kapan yahh?

  79. Aqu rinduuu” lembah Agung” dan qu puja kau slalu di hatiqu_wamenaqu….
    karena lembah balim jg di kategorikan sbg tempat bersejarah, tentang peradaban sejarah dunia….namun intelektual pejabat org wamena TDK pernah menghargai adat dan budayanya,TENTU jati diri sbg masyarakat koteka mulai pudar di telan olh badai dan salju abadi ……..

  80. Sungguh indah, wamena…. Papua….

    imamsaifulbahri@blogspot.com

  81. Wamena my Heart…!!!

  82. inget wamena jadi ingat tempo 1982 lulus sdn dekat lapangan pendidikan, 1985 lulus dari smpn 2 n 1988 lulus dari sma n. rasa rindu pada second home town dan juga doa utk di pusara ayahndaku di sinakma semakin sulit dilupakan. wamena.. kuangen pool. bagi yg tahu info alumni sma n 1988 n juga anak-anak GAREP Agus Rudiyanto, Dede Hidayat Ciamis, Samsul Muhtadi Wamena spesial utk Taufik rahman di depan masjd jamik… selamat berjuang…. hubungi aku di facebook “kurniawan hs” …. naosa napse ipere abue… nitesekolah welakhosi ipere abue..

  83. wamena…………………….q cinta wamena…………..saya 11 thun d wamena,,,,,,,,skrng saya d lampung,,lg sma d lampung……….wamena kota yang sngat indah di lihat dari mna aja,,,,,,,,,jngan prnah bilang saya sudah k papua klo blum ngijak wamena………..krna sugra ada d wamena

    • maksudnya???????????

  84. ok,thanksssss

  85. mama eeeeeeeee..
    wamena seeh. sa rindu skali. sa lahir di sana, z pu TK di Effata situ.. jalan Sd. Percobaan. z pu guru tang sa ingat tu da nama ibu Dame,, ibu yos.. kalo Sd, z di St. Yusuf,,bisa di bilang, di jalan Jawa, Madura, ato Ahmad Yani…da juga terkenal denan nama Sd. MISI…truss, da pu guru tuh banyak.. waktu itu, ada P.Nilus,,ibu Ita, ibu Ndiken,p.Pone, p.Rance (Stef)……kalo SMP di SMP N 1…jln Sd percobaan. da guru” nama pak adolf, ibu tina, ibuanita, ibu sharon, ibu enny, pak aser, pak rumi….dooh. sa kengeen oo

    • ”meYheslI ”:,,,,,,Dd ru lpA asrama maria gOrEtty (AmG) n susTeran YmY kha sllu ksna brU……”slm syg drI Q” fOr U n’ Andung..

  86. hadoooohhhh jadi gk sabar iiccchhh pengen nginjekin kaki di wamena….InsyAllah jika tidak ada halangan aku akan kesana setelah nikah karena calonku masih tugas disana……….

  87. WAMENA..
    trada yang biza lawan koe..
    zya lahir diwamena 18 tahun yg lalu..
    pendidikanq pun q lalui di kota ini..
    n’ sampai saat ini q masih diwmena..
    kota yg penuh dngan kenangan n’ keindahan..
    meski di kota ini juga Ayahq pergi tuk slamax..
    itu terjadi ktika krusuhan taon 2000..

    tpi wmena kan tetap slalu dihati..
    q kan slalu mencindtaimu n kan brusaha melakukan yang terbaek untukmu..
    wamena i lupzz iuu pull..

  88. If i say “I L U” cos i know, who are u?
    if i say “I h U” cos i know, who are u?

    This is from my deeply Heart,
    This is from my Bottom Heart,

    Just want to say :

    WAM-3naQ : Your are My HERO, You are My HERO.
    Because of you,
    You Open mY Heart to Understand whAt its true & wrong. You OPen mY eyes to see others and help them with my Hands and in my mind for praying for them.
    WAM-3naQ : Your are My HERO,
    Because of You,
    I Enjoy with my life know, because i can do for someone. i Got that love from u.

    SO, wherever i go, wherever i lives, i’ll pray for you, for your beauty mountaIn, RIver, cool weather, green forest.

    You Are MY Everything.

    Who Ever Your are in BALIEM VALLEY Know. Please Keep wamena for our next generation. In Hope they can be feel what i felt know.

    SALAM KOMPAK-LABEWA-Jayapura papua

  89. Aku belum pernah ke wamena tapi suatu saat Kalau aku udah ada uang sendiri aku pasti main” ke sana sekalian cari pengalamaan …..
    hidup wamena maju trusss ……

  90. wmx sangat kukenang sampai hayatku,klu kupukesempatan pasti torang kesana ……trada t4 di bumi pertiwi yg paling kukenang kecuali WAMENA walaupun aku skrg sdh di jawa, Dia yg menggemblengku, dia yg membimbingku hingga aku jadi orang & mandiri selain itu ada seseorang yg pernah singgah dihati….. salam buat sobat2 yg masih kenal

  91. pokoknya wamena paling ok….

  92. Wam Ena, hewe netaiken meke.

    kebisingan dan keramaian kota ini membuat aku selalu merindukan-mu. kau yg selalu diam membisu di lembah ketinggian pedalam papua. terkenag di senja hari dimusim panas kami naik bukit Wasuwa untuk lihat puncak Hiriakup (puncak trikora). kau menyimpan misterimu dengan santun. mencintai semua yang datang di lembah baliem.
    lembah baliem, ijinkan kami menyebutmu mama yang mencintai setiap suku yang datang.

    salam
    Baliem boy

  93. WAMENA is always in my heart and mine…..
    tempat ku dibesarkan…skolah di TK Dian Aksari…(samping gedung pertemuan jln. Yos Sudarso), tamat tahun 1992, SD inpres Mulele (jln. Gatot Subroto) tamat tahun ’98, SMP N.1 Wamena (Jln. SD Percobaan)..suatu saat nanti..aku pasti akan datang ke sana …

  94. saya juga lahir dan di besarkan di wamena ……
    itu kota yang sangat indah alam sendiri yang memelihara keindahan itu…
    tapi sekarang saya kuliah di UKSW salatiga….
    maju trus ana” wamena dan kota wamena

    wa…

  95. Wamena Is The Best……….saya lahir dan besarkan di wamena tapi banyak hal yg belum tau tentang kota kecil di atas bukit bukit…….

  96. Wamena, tempat kelahiranq… saya banngga jadi anak wamena,,, kota dingin nan indah… love wamena sanggadd!!

  97. hmmmm.. an netaiken hat oba were deh :-)

  98. Wamena Is The Best

  99. wowww. . . wamena is the best, beta bangga daa, akan kemajuan yang sangat pesat di sagala lini .

  100. Wamena adalah surga dunia bagiku.Tanah kelahiranku,,alamnya sangat berbeda di dunia manapun,dan tidak terdapat didunia manapun……
    Thanks,,buat TUHAN YESUS..yang memberikan kota ini,,terpujilah Engkau…
    wawawawa…….

  101. kangen nih ke wamena tempat kelahiran ku..

  102. wamena tempatku dilahirkan dan dibesarkan…..
    setelah hampir 12 tahun meninggalkan wamena……
    kerinduan akan tanah lahirku membawa aku kembali …
    kini aku berkarya untuk program pemberdayaan masyarakat lokal dan konservasi……
    wamena slalu di hati :-)

  103. mantapzzz…. we will back to wamena.

  104. Kepada, Yth.
    Bapak/Ibu pimpinan daerah
    Di_tempat,

    Dengan hormat,
    Perkenalkan kami dari perusahaan PT. NAEING PUTRA adalah Advicer Financial Service Ayzed Indonesia Independent sebagai Lembaga Non Keuangan selalu siap membantu pendanaan proyek Pemerintah maupun Swasta di Seluruh Nusantara.
    Demikian informasi ini kami sampaikan, apabila Bapak/Ibu membutuhkan dana proyek untuk kemajuan daerah atau perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, kami berharap semoga berkenan untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan dengan kami, Terima kasih.

    Hormat kami,
    (A.M. IRHONG N)
    Hp. 081289000257
    Telp. 021-50477000.

    e-mail :
    naeing.putra@yahoo.com atau
    naeing-putra-financial-service@ayzed.asia
    http://ayzed.asia.com
    ptnaeingputraindonesia.wordpress.com

  105. yang penting jangan rusuh ya aku kangen sama sd yapis wamena it is wonderful place that i ever seen

  106. wamena memang kota yang sangat indah dan tidak ada satupun yang dapat menggantikan kota wamena,Karena Tuhan Yesus selalu menjaga kota wamena tercinta.

  107. wamena memang kota yang sangat indah dan tidak ada satupun yang dapat menggantikan kota wamena,Karena Tuhan Yesus slalu menjaga kota wamena tercinta.
    I loVe U full Wamena……..,n salam k0mpak slalu buat tiem ATIUBUM slmt melayani Tuhan di kota wamena ytc, dengan talenta2mu yang luar biasa n Ellohim Israel bersama kalian.
    Wamena my heart.

  108. bagus..

  109. Aii…norewi kinaonak…ooo…? Wah-wah,, wamenaqu,,,darahku,,,tmksh Wamena smpi kpnpun aku tdk akan mlphkanmu… smpi akhrt,krn aku anak asli wmn,,rantau negri org rimba benua etam,,namun seiring dengan wkt kita akan brtmu dan brjumpai lg sayang i,love you maidean people wamena.papua,

  110. Wamena pasti ΐϞϑǝђ..
    sudah lama sy di Papua (Merauke) tp belum ada kesempatan mengunjungi Wamena…:)
    Btw, sy baru tau arti dari “wamena”..
    Τђx infonya.

  111. z rindu wamena skali e…..

  112. adu z mati kebali kewamena e,,,
    macam z tra bisa skali lupakan wamena kc,,

  113. z mati balik ke wamenae…
    okika ooo wamena…,

  114. z trakan perna ,, lupakan wamena,,

  115. kangen banget nich ma kota wamena…kpn ya bsa ke sana lg..?? wlpun cm bbrp thn tggl di wamena,namun banyak bgt kenangan yg tak trlupakan.aq jg prnh nimba ilmu di “SD IMPRES MULELE n di SMPN 1 jl sd percobaan.” skrng aq brdomisili di kota TARAKAN {KAL-TIM}. Buat teman2 yg msh ingt ma aq.., ksih kbr donk..!!!

  116. saya pernha mengajar di wamena khusunya di sogoko di situ ada sekolah namay central mountain academy papua (CMAP) saya pribadi sangat senang mengajar disana, dan satu saat saya pasti kembali, doakanya.. yang paling indah waktu jalan ke pedalaman husagama cuma 12 belas jam naik dan turun gunung wow luar biasa, wamena is the best for me……. i like wamena.

  117. ADOOOOUH…WAMENA SEH…. sa rindu ko skali…
    walaupun cm 2 tahun dsna…tapi penuh kenangan,aq harap suatu saat nanti sa bs kersana lagi…
    Ke Aspol Wamena Blok C n0.8 dan ke SMu yppk St.thomas tercinta…..

  118. YOGOTAK HUBULUK MOTTOK HANOROGO, hehehe waktu mau tik di sana salah ngucapin, jadi malu tapi tetap I LOVE WAMENA Full

  119. tinggal setahun lagi aku balik ke wamena….

    rindu bangetz ama teman2 lama dan keramaian jalan irian dan jalan sulawesi (jalan merah karena pinang :D )

    misi ku adalah memajukan wamena dengan IT ….
    aku yakin pasti akan terwujud….
    :)
    SEMANGAT UNTUK WAMENA

  120. sa lulusan SD Inpres Mulele thn 98/99
    thn 2000 ada kerusuhan,pindah dari smp 2 waktu tuh kelas 2
    sekarang dijakarta
    12 thn dijawa tapi WAMENA tetep dihati
    Sa cari sa pu Sobat namanya Riel Zaman dulu tinggal di perumahan sinakma
    temen2 yang tau dia tolong hubungi saya
    facebook : prabufata
    email : prabufata@gmail.com

    Faizal

  121. bulan Mei 2012, saya sempat ke wamena dan main futsal di sana.

  122. saya lahir dan besar di papua sampai umur saya 18thn.. sekarang sudah 3thn sy tinggalkan wamena.. jadi kangen sama kota kelahiran… :) mudah2an thn dpn bisa plg ke sana… :) damai wamenaq..

  123. ooo wamena Netaiken o….thanks ya…
    buad teman yg su cinta z pux kota wamena…
    ke cintaan dan kebanggan kalian ialah sukacita kami…
    Tuhan yang punya Alam ini, Ucap syukurlah padanya…smoga wamena tetap maju dan tdk mniggalkan budaya nya…. :)

  124. z asli wamena, dari pugima….. :) salam kenal

  125. ini kota ku…
    disinilah hidupku…
    merasakan hidup yang sesungguhnya ketika ada di kota nan indah ini…
    tapi sayangnya,,, dewasa ini bnyak pengaruh buruk yang masuk kekotaku ini…
    yang mulai mengacaukan kedamaian,, ketentraman kota indah ini…

  126. maaf mau nanya apakah diwamena signal blackbery lancar ? thanks..gbu

  127. Sa lahir diwamena
    sekolah di SD negeri Wamena 93 n lanjut ke SMPN 2 WMX lulus 96.
    Lanjut sekolah di Jawa
    Wamena tetap dihatiku
    Majulah Wamena

    Salam buat teman2
    Eko, Jhon, Alsi, Amin, Dion, Yudi, Rachmat, Nugroho, Roki, Heny, Sensi, Lidya, Roby, Dominggus, Yuli, dll yang tidak bisa saya sebut satu persatu

  128. Ini mendeskripsikan bahwa penciptanya sangat luarbiasa kreatif nya… terpujila Tuhan/

  129. sa asli LAHIR DAN BESAR DI WAMENA (LABEWA), walaupun bukan orang asli, sa su anggap wamena sa pu kampung, mulai dari bayi hingga umur 17 tahun sa dsna. dan akirnya keluar meninggalkan wamena untuk menuntut ilmu… setiap ditanya orangorang di kmpusku sa dari mana? sa dengan bangganya jawab kalo sa dari WAMENA. ;-)

    I’ll be back,,, untuk setia dan membangun KABUPATEN JAYAWIJAYA.
    tapi tnggu sampe sa sarjana dulu. hehheee….

    • setuju for you……

      kembali untuk membangun…. :)

  130. Saya Zain Abdillah.
    Pernah tinggal di Wamena dari tahun 1994 – 2000.
    Waktu itu sekolah di TK Dian Aksari, sama SD Inpres Mulele sampai kelas 4 SD.
    Tinggalnya dulu di Kompleks Yapis, Masjid Agung Wamena Jln. Yos Sudarso, di rumah Islamic Centre (Bapak saya ta’mir masjid nya, namanya Romelan, sering khotbah dan ceramah di mana-mana di Wamena waktu itu).
    Sekarang sedang kuliah di UGM Yogyakarta.
    Bercita-cita kalau sudah jadi orang, bakal membuat rumah keluarga di Wamena, menikmati hari tua di lembah Baliem yang indah.

    Amin!

    • Amin…… sama2 yak…..

      #Pengen balik juga… :D

  131. saya niki 28 tahun, baru 3 bulan di wamena, sebelumnya saya di jakarta. sebelum ke wamena saya sudah baca blog ini, dan ternyata benar wamena itu indah dan nyaman, tidak terbesit sedikitpun pulang ke Jakarta sebelum tugas selesai, teman2 juga kerasan semua, itu bertanda kalo wamena memang kota yg unik, nyaman utk ditinggali..saya tinggal di Jl JB Wenas..rencana 2,5 tahun di sini, salam kenal untuk semua pecinta Wamena…

  132. Wamena ist uber ales,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    WAMENA SEGALANYA BUAT SAYA,,, TERUTAMA PYRAMID KOTA INJIL,, PYRAMID NINIQ,,!!! wamena tempat kelahiranQ,, tempat yang sangad indah yang penuh dengan kekayaan alam yang tak habis2.

  133. Aduuuh kmpng yg tak prnh ku lpkn. Wmn city yg sll ku kenang, wmn mmng tnh srg yg tlh dibrkt Tuhan krn stiap org yg prnh singga d Wmx tentu pny kngn tersndr. Ya Tuhan jaga Wmn city, masy d pmrnth bs mmbngn Wmn dgn baik. aku akn kmbl.

  134. aduh wamena seee kangen lagi ini wamena adalah kota yang paling sejuk di negeri ini, siapa belom tau wamena coba kesana dan merasakan kedinginan kota wamena dan keindahan kota wamena,
    saya saya selalu cinta wamena terutama sekolah ku SMK YAPESLI dibelakang gedung donggonan, aku sekarang berada di jakarta karena hanya YAPESLI dan saya bisa menempu pendidikan atas/perkuliahan ini karena, YAPESLI, sekolah ku tdk baik dan berada dibelakang gedung donggonan kemudian dibawah pohonan,di tempat hutan, bahkan sekolah ini yang tau hanya anak2 wamena asli yalitu, suku hubula dani yali, dan lani dan sekolah ini dikuasai hanya anak2 gunung asli, dan teman2 pendatang sampai saat ini blum tau karena sekolahnya berada dibawah pohonan dan jauh dari jalan kendaraan, keramean maka itu teman2 pendatang blum tau, kepala sekolahku MS, EMY GANSARENG, S.pd ,MM. asal makasar dan pak guru bahasa Inggrisku Mr DESMAN WALIANGGEN.dan pak guru kesiswahanku Mr, JEMPOL dan pak guru yang lain yaitu, pak Alex, pak jemi,ms julhima, ibu juli, ibu,chris, dan lain yang saya cintai terima kasih bapak ibu yang telah mendidik saya selama 3 tahun dan study maka sekarg saya sudah semester II menyelang III, by THOMIST YOHAME.

    OUR FATHER,which are in the heaven this afternoon I,m come to father, and I want to explane about my school, but the first I come in the front of you, bless me and my techers in the school SMK YAPESLI wamena, and give us your know lengge couse we are a of the people and have week ness halleluya Amen.

    bersama: thomis.yohame email dthomisyohame@yahoo.com. 081344653192

  135. aduh wamena seee kangen lagi ini wamena adalah kota yang paling sejuk di negeri ini, siapa belom tau wamena coba kesana dan merasakan kedinginan kota wamena dan keindahan kota wamena,
    saya saya selalu cinta wamena terutama sekolah ku SMK YAPESLI dibelakang gedung donggonan, aku sekarang berada di jakarta karena hanya YAPESLI dan saya bisa menempu pendidikan atas/perkuliahan ini karena, YAPESLI, sekolah ku tdk baik dan berada dibelakang gedung donggonan kemudian dibawah pohonan,di tempat hutan, bahkan sekolah ini yang tau hanya anak2 wamena asli yalitu, suku hubula dani yali, dan lani dan sekolah ini dikuasai hanya anak2 gunung asli, dan teman2 pendatang sampai saat ini blum tau karena sekolahnya berada dibawah pohonan dan jauh dari jalan kendaraan, keramean maka itu teman2 pendatang blum tau, kepala sekolahku MS, EMY GANSARENG, S.pd ,MM. asal makasar dan pak guru bahasa Inggrisku Mr DESMAN WALIANGGEN.dan pak guru kesiswahanku Mr, JEMPOL dan pak guru yang lain yaitu, pak Alex, pak jemi,ms julhima, ibu juli, ibu,chris, dan lain yang saya cintai terima kasih bapak ibu yang telah mendidik saya selama 3 tahun dan study maka sekarg saya sudah semester II menyelang III, by THOMIST YOHAME.

    OUR FATHER,which are in the heaven this afternoon I,m come to father, and I want to explane about my school, but the first I come in the front of you, bless me and my techers in the school SMK YAPESLI wamena, and give us your know lengge couse we are a of the people and have week ness halleluya Amen.

    bersama: thomis.yohame email dthomisyohame@yahoo.com. 081344653192

  136. siapa ingin melihat kota wamena datang aja disana ……………………………! kota yang paling bersih dan sejuk, apalagi sekarang ada pa jhojhon lebih harum dan wiasta lebih indah dan maju…….. bobooooooooooooooooooooo wamena always I miss u, TUHAN yesus memberkati pa jhojhon. berdua. semoga melanjutkan trusssss pemimpin yang provesional, netral, dan indah senyum terhadap masyarakat, papua terutama masyarakat jayawijaya,

  137. Ayo Pak Gub, gunakan kelincahan suku Dani berburu dihutan untuk produksi pemain muda dan handal Persiwa menyusul saudara-saudaranya Persipura. Spesialis pemain iklim sejuk.

    • blog ini saya tidak setuju,,karena backrownnya tempat lain

  138. untuk kalian semua.. untuk tanah kelahiran kita.. lagu kita.. tiom bokondini negeri yang kucinta.. tiom bokondini negeri yang kucinta.. ditengahnya ada gunung raksasa.. dari tiom sampai ke kurima.. semuanya asal dari wamena..

    • wamena papua is verry-very good,, and Wamena is the best.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: