Posted by: afriyanto | November 25, 2007

MELIHAT KONDISI CALANG TERKINI

MELIHAT KONDISI CALANG TERKINI
PASCA TSUNAMI 2004

Calang merupakan salah satu kota yang terparah dilanda Badai Gelombang Tsunami 2004, yang melanda kawasan Pantai Barat Utara Aceh dan Nias Sumut. Sebagai Ibukota kabupaten Aceh Jaya, yang merupakan pemekaran dari kabupaten Induk, Aceh Barat, kondisi kota Calang pasca Tsunami cukup memprihatinkan. Kantor-kantor pemerintahan daerah setempat dan Kantor Dewan Wakil Rakyat Aceh Jaya bertempat sementara di Rumah-rumah kayu di bekas kota Calang lama.

Akomodasi penginapan bagi pengunjung luar kota yang hendak berpergian ke sini, hanya ada satu hotel yang beroperasi di kota Calang yang letaknya berdekatan dengan kantor bupati dan Kantor DPRD setempat. Dan terbatasnya sarana listrik cukup dirasakan, dimana pada pagi hari sampai sore, aliran listrik dipadamkan. Listrik menyala hanya pada saat menjelang magrib sampai subuh. Kondisi ini cukup mempengaruhi kinerja dan aktifitas keseharian di Calang.

Untuk menuju kota Calang dari Banda Aceh dapat dilakukan dengan menempuh jalan darat dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum lintas kota. Dan tersedia mobil-mobil colt kecil yang menghubungkan Calang Banda Aceh dan Calang Meulaboh.

Sebagian besar warga kota Calang yang ada kini, merupakan pendatang dari luar kota dari seluruh Aceh. Penduduk asli Calang sebagian besar sudah “syahid” akibat Tsunami dan sebagian lagi mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

Geliat pembangunan kembali pasca Tsunami, sangat terasa di Calang. Bekas kota lama Calang yang direncanakan akan menjadi kawasan pelabuhan semarak dengan aktifitas rehabilitasi dan konstruksi. Tanggul penahan gelombang telah dibangun sepanjang pantai teluk Calang.

Tanggul Penahan Ombak Sepanjang Pantai Teluk Calang

Kanal Buatan

Gedung DPRD Kabupaten Aceh Jaya, Calang

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: